Summer 2011 Anime Preview

Musim sekolah telah dimulai. Musim panas juga telah dimulai di Jepang. Itu sekali lagi berarti waktunya untuk gelombang anime baru. Sekali lagi saya akan membahas mana yang patut anda perhatikan.

Summer 2011 Anime Preview

Filosofi saya mengenai peran seorang reviewer adalah sebagai penyortir. Idealnya, seseorang menilai sendiri sesuatu dengan mencobanya sendiri, namun tidak semua orang mempunyai waktu dan sumber daya untuk itu. Di sinilah reviewer masuk, menilai berbagai karya yang ada dan memberikan penilaian apakah sesuatu itu layak beli atau layak perhatian. Review yang bagus akan membuat pembacanya mengerti apakah karya tersebut menarik baginya bahkan bila sang reviewer tak menganggapnya bagus.

Namun apa yang saya tulis di sini tidak saya sebut sebagai review, namun preview yang mendasarkan penilaian hanya berdasarkan episode pertama. Meski memiliki tujuan yang sama, preview saya bilang kurang bernilai. Tidak jarang, sesuatu yang menarik di episode pertama menjadi semakin tidak jelas, begitu pun sebaliknya. Ending yang mengecewakan juga merupakan sesuatu yang secara khusus sering pada anime.

Meski begitu, sesuatu yang baru selalu menarik lebih banyak perhatian. Karena itulah saya mengambil tugas untuk menunjuk seri mana dari musim baru anime yang berpotensi untuk diikuti.

Usagi Drop

Summer 2011 Anime Preview Daikichi adalah seorang bujang umur 30 tahun (bukan penggangguran). Saat mengikuti pemakaman kakeknya, dia menemukan bahwa pada umur 79 tahun, kakeknya memiliki anak siri bernama Rin yang masih berumur 6 tahun. Ibunya pun kabur meninggalkannya sehingga Rin sendirian. Di tengah keengganan semua anggota keluarganya mengurus Rin, Daikichi memutuskan untuk membesarkan Rin.

Setelah melihat banyak karakter anak kecil yang terlalu dibuat-buat, mudah untuk melupakan betapa imutnya anak kecil yang normal tanpa elemen moe.  Daikichi juga merupakan karakter yang menarik dengan ketegasannya dalam keputusan membesarkan Rin.  Yang luar biasa di sini adalah tempo, di mana Rin secara perlahan-lahan mengambil hati Daikichi. Perilaku Rin juga begitu meyakinkan sebagai seorang anak kecil di tengah situasi tersebut (sebagai catatan, Rin disuarakan oleh anak umur 9 tahun).

Segi teknis pun sangat solid sesuai harapan dari anime yang berada di bawah slot noitaminA dan garapan Production I.G. dengan visual yang dengan warna pastel sederhana tetapi menarik dan musik yang  indah. Ke depannya, harapkanlah cerita realistis yang menarik tentang membesarkan seorang anak kecil

Rating:Summer 2011 Anime Preview

 

Ikoku Meiro no Croisée

Summer 2011 Anime Preview

Mengambil setting di Prancis abad ke-19, anime ini langsung memukau dengan keindahan  kota Paris yang digambarkan dengan begitu detil dan realistis.

Ceritanya sendiri menceritakan Yune, seorang gadis muda dari Jepang yang dibawa oleh Oscar, seorang pedagang, untuk membantu di tokonya. Toko tersebut ditangani oleh cucunya Claude yang masih muda. Episode pertama menunjukkan awal perasahabatan antara Claude dan Yune setelah sebelumnya mengalami masalah perbedaan komunikasi dan budaya. Dengan tidak lupa menunjukkan keindahan Paris karena toko Claude sendiri merupakan toko palang toko yang menjadi seni tersendiri di Paris.

Desain karakter yang menarik (Yune terlihat begitu imut), latar belakang yang digambar dengan indah, musik yang tepat, semuanya membuat atmosfer yang begitu terasa. Anime ini bisa dibandingkan secara keindahan dan atmosfer dengan Aria, yang bukan kebetulan karena Junichi Sato sang sutradara Aria memiliki peran juga di Ikoku Meiro no Croisée sebagai penulis naskah

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Mawaru Penguindrum

Summer 2011 Anime Preview

Hal terpenting dari anime ini adalah menandakan kembalinya nama Kunihiko Ikuhara sebagai sutradara. Kunihiko Ikuhara merupakan sutradara dari salah satu anime paling revolusioner di tahun 1990-an, Revolutionary Girl Utena, dan karyanya dijunjung tinggi dengan visual yang unik dan cerita yang penuh dengan simbolisme dan metafor . Karyanya bisa dibilang merupakan inspirasi utama bagi sutradara Akiyuki Shinbo yang mengerjakan Bakemonogatari dan Puella Magi Madoka Magica. Itu berarti anime ini datang dengan penuh ekspektasi.

Dan ekspektasi itu dipenuhi. Mawaru Penguindrum mengambil cerita tentang tiga bersaudara Shou, Kan, dan Himari. Awalnya dimulai dengan kehidupan idealistik antara tiga bersaudara ini, sampai Himari yang memang sudah divonis hidup singkat tiba-tiba mati. Kemudian tiba-tiba dia hidup lagi, setelah ada sesuatu yang misterius mengatakan akan semacam perjanjian. Kemudian ketiga bersaudara ini mendapatkan tiga penguin yang hanya dapat mereka lihat yang mampu mengerti bahasa manusia.

Jika itu terdengar aneh, memang demikianlah Ikuhara. Itulah simbolisme dan metafor yang menjadi trademark-nya. Visualnya pun tak kalah eksperimental, dengan desain interior yang aneh dan transisi adegan yang unik. Mawaru Penguindrum berhasil menjadi anime paling aneh sekaligus menghibur musim ini.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

No. 6

Summer 2011 Anime Preview

Episode pertama No. 6 terlihat hanyalah merupakan prolog dari sesuatu yang lebih besar. Umur para karakternya terlihat lebih muda dari di adegan opening dan ending menunjukkan hal ini.

No. 6 mengambil setting di dunia futuristis. Karakter utamanya Shion sepertinya merupakan semacam anggota masyarakat elit yang mengikuti semacam kelas spesial. Hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan Nezumi, seorang pemuda yang sepertinya. Dari tadi saya menggunakan kata sepertinya, karena belum jelas bagaimana aturan di dunia futuristis tersebut. Tanda-tanda menunjukkan bahwa dunia tersebut merupakan sesuatu yang terlihat sebagai utopia namun sebetulnya dystopia, seperti gabungan antara karya George Orwell dan Aldous Huxley.

Segi teknis pun sangat solid, yang seperti Usagi Drop juga merupakan anime yang berada di bawah slot noitaminA, bedanya yang ini digarap studio Bones.  Setting dunia futuristis betul-betul terasa.  Belum terlihat akan ke mana arah ceritanya, namun anime sci-fi seperti ini merupakan sesuatu yang jarang dan potensinya sangat besar.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

 

The Idolm@ster

Summer 2011 Anime Preview

Merupakan adaptasi dari game dengan 13 karakter yang berbeda, biasanya hal seperti itu sudah merupakan cukup informasi bahwa prospeknya kurang bagus. Anime yang merupakan hasil adaptasi dari game dengan cerita yang bercabang dan banyak pilihan cenderung untuk kehilangan fokus akibat terlalu banyak karakter, sebagai akibatnya menjadi kurang bagus. Naratif game dan anime pada dasarnya berbeda.

Tapi di luar dugaan, hasil adaptasi yang ini berhasil di episode pertamanya.  Bagaimana ini bisa berhasil adalah episode pertama dibuat dengan naratif ala dokumenter, dengan melakukan perkenalan satu per satu kepada para karakternya. Mungkin bisa dikatakan mereka karakter yang datar, dengan hanya bisa didekripsikan dalam satu kata seperti si tomboy, si pemalu, si misterius, si serius, dan lain sebagainya. Namun dalam kasus ini, hal ini bisa masuk akal karena mereka menunjukkan sebuah persona sebagai nilai jual sebagai idola. Momen seperti ketika salah satu karakter ditanya apa yang menjadi nilai jualnya sebagai sebuah idola menunjukkan hal tersebut.

Anime ini juga memiliki animasi karakter yang luar biasa bagus. Studio A-1 di bawah Atsushi Nishigori yang sebelumnya merupakan animator karakter untuk Gurren-Lagann berhasil membuat para karakter tampak hidup dengan ekspresi dan gerak tubuh yang ekspresif. Anime ini bisa saja kembali ke masalah yang telah disebutkan di awal yaitu fokus yang tersebar, namun episode pertama menunjukkan potensi.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Kamisama Dolls

Summer 2011 Anime Preview

Kamisama Dolls dimulai dengan adegan kehancuran yang jelas merupakan sesuatu yang baru akan jelas di pertengahan cerita. Cerita kemudian mulai dengan Kyouhei, seorang anak kuliah, ikut dalam pesta angkatan dan mencoba mendekati Hibino, cewek yang berasal dari desa yang sama.  Mood cerita berganti ketika secara tidak terduga mereka menemukan mayat, dan kemudian Kyouhei bertemu dengan dua orang dari desanya, Utao, adiknya, dan teman lamanya Aki yang kabur dari desa. Keduanya merupakan ‘seki’, istilah untuk manusia yang memiliki kemampuan mengendalikan ‘kukuri’, semacam robot yang dianggap dewa.

Desa dengan kekuatan misterius merupakan salah satu pola yang sering dipakai dalam anime. Kamisama Dolls mencoba mencampur romansa, misteri, aksi, dan humor dalam satu paket. Hasilnya cukup berhasil.  Beberapa poin yang menarik adalah Kyouhei sebagai karakter utama terlihat menyembunyikan sisi yang lebih gelap dari kelihatannya, dan kemunculan ‘kukuri’ diikuti dengan suara nyanyian anak-anak  yang terkesan  angker. Satu-satunya masalah mungkin hanya proporsi badan Hibino yang terlalu mengalihkan perhatian.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Kamisama no Memo-cho

Summer 2011 Anime Preview

Narumi, seorang remaja cowok yang menganggap dirinya biasa saja, bertemu dengan sekumpulan grup NEET (Istilah di Jepang untuk Not in Employment, Education, or Training, atau dengan kata lain pengangguran) yang dia temukan ternyata bekerja di bawah Alice, seorang jenius yang menyebut dirinya sebagai detektif NEET (sebuah frase yang bisa dibilang paradoks). Dia kemudian membantu mereka menyelesaikan sebuah misteri mengenai enjo kousai (sebuah fenomena di Jepang di mana intinya cewek pelajar melacurkan dirinya demi uang saku).

Dalam hal awal cerita, anime yang bisa dibandingkan dengan Kamisama no Memo-cho adalah Durarara!, di mana seorang tokoh utama yang biasa saja terjebak dalam sekumpulan orang eksentrik. Pasukan Alice terdiri atas seorang otaku militer, maniak judi, dan seorang gigolo. Mereka cukup menarik, tapi titik lemahnya justru ada di Alice sendiri. Alice di sini tidak simpatik seperti Lisbeth Salander, hacker jenius antisosial di The Girl with the Dragon Tattoo. Alice meskipun seorang hacker jenius antisosial, juga merupakan ‘umpan otaku’, dengan penampilannya yang sangat muda dan perilakunya yang cenderung kekanak-kanakan untuk seorang jenius dengan kecenderungannya untuk sok filosofis atau menangis jika ada sesuatu yang salah.

Segi teknis di sini kompeten sesuai dengan harapan dari seri papan atas JC Staff, namun kekurangan Kamisama no Memo-cho adalah mencoba menggabungkan realisme yang gelap dengan umpan otaku dalam bentuk Alice, dalam hal ini seperti Gosick namun lebih timpang dalam pencampurannya.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Blood-C

Summer 2011 Anime Preview

Seri Blood tidak pernah sangat populer, namun sepertinya cukup populer bagi Production I.G. untuk kembali membuat seri baru, kali ini dengan cerita dan desain karakter dari CLAMP.

Kali ini Saya digambarkan tidak sebagai pembunuh berdarah dingin atau gadis dengan emosi yang labil, tapi sebagai gadis kuil berkacamata yang baik. Namun episode pertama di sini tidak memberikan petunjuk apa-apa ke mana arah cerita. Apa yang terjadi hanyalah Saya pergi ke sekolah, kemudian Saya disuruh oleh ayahnya untuk membasmi iblis. Setelah pertarungan, semuanya kembali baik-baik saja.

Desain karakter di sini benar-benar sesuai dengan CLAMP seperti di XXXHoliC, dengan anggota gerak yang panjang dan badan yang kurus. Poin menarik lainnya adalah animasi pertarungan yang solid sesuai harapan dari Production I.G. Selain itu, sulit menilai bagaimana prospek anime ini selanjutnya, namun yang jelas episode pertama ini belum begitu menarik.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Sacred Seven

Summer 2011 Anime Preview

Langkah pertama untuk membuat adegan laga yang menarik bukanlah di seberapa kompeten adegan laga itu dibuat, tapi membuat penonton peduli terhadap karakternya sehingga ada investasi emosi terhadap adegan tersebut.

Itulah yang tidak begitu berhasil dicapai oleh seri anime aksi terbaru dari Sunrise, Sacred Seven.  Pahlawan di sini, Arma memiliki semacam kekuatan misterius, merasa tersiksa akan kekuatannya, dan dia juga dikucilkan oleh teman sekolahnya akibat efek dari kekuatannya dulu. Barulah dia tergerak untuk beraksi setelah satu-satunya teman sekolah yang peduli padanya berada dalam bahaya oleh semacam patung batu misterius yang digerakkan kekuatan semacam batu magis. Dia kemudian mendapatkan kekuatan lebih lagi dari Ruri, seorang konglomerat misterius yang sepertinya bertujuan melawan kekuatan batu magis yang jahat.  Oh, dan peleton tentara milik Ruri terdiri dari seorang butler dan sekumpulan maid.

Singkatnya, permasalahannya ada di Arma yang terlihat sebagai tipikal karakter utama remaja cowok baik yang merasa tersiksa akan kekuatannya dan salah dimengerti orang sekitar. Adegan aksi di sini solid sesuai harapan dari Sunrise, namun konsepnya yang tidak begitu unik dan terkesan campur aduk tidak memberikan prospek yang baik.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Uta no Prince-sama Maji Love 1000%

Summer 2011 Anime Preview

Dengan subjudul seperti "Love 1000%", anime satu ini tidak kedengaran sebagai sesuatu yang spesial.

Memang tidak, Uta no Prince-sama merupakan cerita reverse harem standar dengan karakter utama hime yang meski tidak memiliki kelebihan yang spesial mampu menari perhatian banyak cowok ganteng. Mengambil setting di sekolah musik, pribadi para cowok itu pun sesuai dengan ekspektasi, si kaya, si 'cool', si ceria, dan sejenisnya.

Meski begitu, anime ini tidak ada aspek tertentu yang bisa dibilang buruk, dan keeksentrikan sang kepala sekolah yang disuarai Norio Wakamoto cukup menarik. Anime ini hanya merupakan anime reverse harem penuh bishonen. Tidak kurang, tidak lebih.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

R-15

Summer 2011 Anime Preview

Saya tidak pernah mengerti dari tujuan anime separuh porno. Kenapa tidak menonton yang benar-benar porno sekalian, pikir saya. Namun terbukti anime demikian terus diproduksi. Saya bicara soal anime di mana seorang remaja cewek memiliki tujuan hidup tidur dengan 100 cowok,  atau dua cewek yang ingin tidur dengan saudara cowoknya, atau seorang  cewek bawah umur yang menjadi pengisi suara game porno[/url].

Premis aneh kali ini adalah seorang remaja bernama Sato  yang bercita-cita menjadi penulis novel porno. Bagaimana dia bisa mencapai ini adalah dia bersekolah di sekolah yang memandu aspirasi para jenius, seberapa eksentriknya jenius itu sekalipun. Jadi Sato , dan tentu dia tidak segan menggunakan teman sekelasnya sebagai bahan inspirasi.

Permasalahan dengan anime ini bukanlah karena kecabulannya, justru di situlah poin jualnya. Permasalahannya adalah kecabulannya terlalu setengah-setengah. Tidak jelas seberapa besar kecabulan Sato sebenarnya, kadang imajinasinya terlihat sebagai sesuatu yang dia lakukan seacra sadar, tapi kemudian dia melakukannya secara tidak sadar. Kemudian menjadi poin cerita di mana dia menulis sesuatu yang tidak porno terhadap seorang karakter cewek jenius klarinet. Romansa tidak punya tempat di anime sepeti ini. Satu karakter cewek fotografer jenius di anime ini menghina Sato sebagai tidak cukup cabul. Itu juga tepat untuk menggambarkan anime ini.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Itsuko Tenma Kuro Usagi

Summer 2011 Anime Preview

Memberikan misteri yang banyak di awal cerita dapat memiliki dua efek, membuat penonton penasaran, atau membuat penonton bingung. Hal ini tergantung pada kemampuan pencerita dalam menyuguhkan idenya. Anime ini lebih cenderung ke yang kedua daripada yang pertama.

Mungkin alasan utama kenapa demikian adalah karakter-karakternya yang tidak menarik. Di sini ada seorang remaja bernama Taito yang saat kecil melakukan janji dengan semacam vampir cewek bernama Himea. Saat ini dia mengalami kehidupan sekolah secara biasa saja bersama teman masa kecilnya Haruka, sampai dia mengalami kecelakaan yang seharusnya membunuhnya, namun dia tidak mati dan teringat janjinya dengan Himea. Taito tidak memiliki keunikan dan seperti mayoritas tokoh utama remaja cowok, Haruka di sini sebagai teman masa kecil yang baik, dan Himea pun belum terlihat kepribadiannya. Juga ada karakter bernama Gekkou sebagai sang ketua OSIS yang menganggap rendah orang lain.

Mayoritas dari apakah sebuah cerita menarik atau tidak bukan hanya dari ide utamanya, namun juga dari eksekusinya. Dan anime satu ini gagal dalam aspek itu.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Ro-Kyu-Bu!

Summer 2011 Anime Preview

Beberapa anime begitu terbatas dalam kemenarikannya sehingga hanya satu kalimat cukup untuk menggambarkan apakah seseorang akan tertarik dengannya atau tidak. Dalam kasus anime ini, kalimat itu adalah: Loli bermain basket.

Ya, hal pertama dan terakhir yang bakal anda dapat dari anime ini ini adalah desain karakternya, dengan penekanan luar biasa untuk mencapai kadar 'moe' yang sangat tinggi. Saya rasa ada cerita mengenai seorang siswa SMA yang menjadi pelatih klub basket SD tapi itu cuma alasan untuk menampilkan kelakuan para cewek imut ini.

Atas dasar itulah, saya hanya bisa memikirkan satu alasan untuk menonton ini, yaitu jika anda lolicon. Yang lain demi kebaikan diri sebaiknya menghindar. Jika Ikoku Meiro no Croisée seperti teh dengan satu sendok gula murni, ini seperti teh dengan satu sendok makan sakarin. Mereka yang tidak kecanduan dengan rasa manis akan mual.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Yuruyuri

Summer 2011 Anime Preview

Sepertinya sekarang satu musim anime tak akan lengkap tanpa anime slice-of-life tentang kehidupan sehari-hari sekelompok cewek imut.

Kelompok cewek itu kali ini adalah kelompok 'klub santai' yang menghabiskan waktunya tidak melakukan apa-apa. Seperti bisa ditebak dari judulnya, anime ini menonjolkan yuri. Kyoko, yang merupakan penggemar anime mahou shoujo, terus melakukan pendekatan ke Chinatsu yang memiliki kemiripan dengan tokoh anime favoritnya, sementara Chinatsu sendiri tertarik kepada Yui yang bersikap netral. Sementara Akari sang tokoh utama tidak begitu diperhatikan sampai sebagian episode membahas bagaimana membuat Akari lebih diperhatikan.

Jika dibandingkan dengan anime sejenis, Yuruyuri tidaklah buruk, namun juga bukan termasuk kelas atas dalam jenisnya. Kecuali anda benar-benar haus akan genre ini, lebih baik tontonlah contoh kelas atas genre ini seperti Azumanga Daioh dan K-on.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Mayo Chiki!

Summer 2011 Anime Preview

Musim anime juga tidak akan lengkap tanpa anime komedi romantis dengan kecenderungan harem.

Musim ini memberikan anime berjudul Mayo Chiki, di mana seorang remaja cowok biasa (lagi)bernama Sakamachi Kinjiro yang memiliki fobia terhadap cewek (kreatif sekali) secara tidak sengaja menemukan (dengan cara seluruh pakaiannya tidak sengaja terbuka ketika dia melompat untuk menyelamatkannya, luar biasa sekali) bahwa Konoe, butler sang putri sekolah Suzutsuki ternyata cewek (sejak awal juga terlihat dia bukan cowok tapi tidak ada karakter dalam anime ini yang sadar) yang menyembunyikan kelaminnya karena syarat baginya untuk bekerja sebagai butler sesuai tradisi keluarga. Kemudian dia diancam oleh sang putri yang memiliki kecenderungan sadis untuk diam dengan ancaman (kenapa dia tidak mendiamkannya dengan uang berada di luar logika komedi romantis sepertinya). Puncaknya XXX hidup bersama dengan Kinjiro untuk mengawasinya (*menepukkan tangan ke kepala*).

Bukan tidak mungkin membuat anime komedi romantis yang bagus, lihat saja Ai Yori Aoshi, namun contoh yang kurang bagus begitu banyaknya sehingga bisa disimpulkan bahwa sulit sekali untuk demikian. Dan anime ini bukanlah salah satu yang berhasil demikian.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Blade

Summer 2011 Anime Preview

Merupakan salah satu dari proyek kerja sama Marvel dengan Madhouse, sekali lagi karakter Marvel pergi ke Jepang. Karakter kali ini adalah Blade, seorang pemburu vampire yang dirinya sendiri setengah vampire.

Blade sendiri telah diadaptasi menjadi 3 film. Film-film tersebut digolongkan sebagai film kelas B, yaitu film yang memiliki aspek yang bagus dengan ganti aspek lain tidak begitu bagus. Dalam kasus Blade, aspek yang bagus adalah adegan laganya.

Itulah yang menjadi masalah di adaptasi anime satu ini. Adegan laga di anime ini mungkin akibat kekurangan budget, namun tidak menegangkan akibat banyaknya freeze-frame. Tanpa adegan laganya, Blade tidak merupakan sesuatu yang spesial. Jalan ceritanya sendiri pun bisa ditebak, Blade pergi ke Jepang untuk memburu sekelompok vampire. Ada karakter pemburu vampire Jepang di sini bernama Makoto, namun karakter ini tidak begitu menarik dengan motivasi yang itdak begitu jelas.

Rating:

Summer 2011 Anime Preview

Kaitō Tenshi Twin Angel

Summer 2011 Anime Preview

Menit-menit pertama saya melihat anime ini, saya separuh berpikir ini adalah sebuah parodi. Anime mahou shoujo yang ditujukan untuk otaku sering diparodikan sebagai 'anime dalam anime' seperti di Genshiken, OreImo, Azazel-san, dan lain-lain. Saya pikir para pembuat anime tidak begitu bodohnya dan otaku tidak sebegitu tidak sadar diri sampai anime parodi semacam itu benar-benar ada. Rupanya saya salah.

Ada dua gadis SMP Haruka, si ceria berambut merah dan Aoi, si pintar berambut biru yang bertarung melawan kejahatan. Masih belum menggelengkan kepala? Lawan mereka menggunakan senjata seperti gas yang mampu membuat orang menjadi manusia kucing, ya, model manusia dengan kuping dan ekor kucing yang imut. Dan jika terdesak mereka dibantu oleh seorang pahlawan bertopeng bernama Misty Knight yang muncul dan hilang seperti angin.

Mungkin hal ini bisa dimaafkan jika anime ini untuk anak-anak. Tapi tidak. Antara manusia kucing yang disebut di atas dan penekanan yang berlebih pada bagian atas badan Aoi, ini terlalu 'mesum' untuk anak-anak. Ini juga terlalu mengikuti klise sehingga tidak bisa dibilang sebuah parodi. Apakah otaku sebegitu rendahnya untuk menyukai hal seperti ini? Jika jawabannya tidak, saya ingin tahu anime ini untuk siapa.

Rating:Summer 2011 Anime Preview

Artikel terkait

Latest