Ini Dia Urutan Anime Fate Series! Ada yang Gak Nyambung!

Dari Fate utama sampai Fate spin off dibahas di sini!

Ini Dia Urutan Anime Fate Series! Ada yang Gak Nyambung!

Apakah kamu penasaran sama anime Fate series tapi terintimidasi duluan sama jumlah animenya yang banyak sekali?

Ini dia urutan anime Fate series! 

Yang perlu kamu pahami, tidak semua anime Fate itu saling terhubung. Jadi ada yang ceritanya merupakan adaptasi dari Fate/Stay Night, ada yang adaptasi dari game Fate/Grand Order, dan ada yang terpisah. 

Begini pembagiannya. 

1. Timeline Fate!

Secara kronologis, Fate/Zero itu ceritanya sebelum Fate/Stay Night. Tapi secara kanon kisah Fate/Zero itu ditulis oleh Gen Urobuchi, bukan Kinoko Nasu. Jadinya, seri Fate/Stay Night dan Zero sendiri wajar kalau dianggap sebagai waktu terpisah!

Bicara soal adaptasi animenya, masih ada lagi Fate/Stay Night, Unlimited Blade Works dan Heaven's Feel. Adaptasi yang pertama oleh studio Deen menggabungkan ketiga rute novel visualnya dalam satu seri, sementara Unlimited Blade Works yang mendapatkan dua jenis adaptasi, dan trilogi Heaven's Feel dari Ufotable berfokus pada rute Tohsaka Rin dan Matou Sakura masing-masing dengan judul serupa!

Terus sebaiknya mulai dari mana? Meski kualitasnya jelek, kamu bisa mencoba memulai dari Fate/Stay Night versi Studio DEEN. Kualitas anime ini memang di bawah garapan Ufotable, tapi FSN DEEN ini lumayan komplet untuk memberi gambaran soal apa yang terjadi pada pemula. 

Setelah itu kamu bisa bebas antara menonton Fate/Zero yang merupakan kisah prekuel spin-off, atau UBW dan Heaven's Feel yang bisa dianggap sebagai rute lain dari kisah Shirou. 

Alternatifnya sih kamu bisa sekalian memainkan dulu visual novelnya, terus kamu bisa bebas mau nonton adaptasi yang mana. 

2. Timeline FGO!

Adaptasi Fate/Grand Order pun dimulai tentunya dari Fate/Grand Order: First Order, yang mencakupi prolog dari game mobile RPG yang luar biasa populer dengan mode gacha-nya tersebut!

Meski begitu, film dan animenya memang bisa dibilang lompat-lompat. Seri Babylonia yang secara kronologis terjadi setelah Camelot malah rilis sebelum Camelot

Kalau secara kronologi cerita setelah Fate/Grand Order: First Order, kamu lalu bisa lanjut ke Fate/Grand Order THE MOVIE Divine Realm of the Round Table: Camelot baru dilanjutkan ke seri Fate/Grand Order - Absolute Demonic Front: Babylonia! Lalu setelah itu kamu bisa lanjut ke Fate Grand Order: The Grand Temple of Time. 

Apakah kamu perlu nonton Fate/Stay Night sebelum nonton film-film FGO ini? Sebenarnya sih, yang perlu kamu pahami itu cerita game FGO ketimbang cerita FSN. 

Baca Juga: Keuntungan Pengembang Fate Grand Order, Delight Works Turun 81 Persen

3. Timeline di luar Fate utama!

Nah, ada juga serial anime Fate/Extra: Last Encore yang berdiri sendiri sebagai adaptasi Fate/Extra. Fate/Extra: Last Encore ini mungkin baru bisa kamu pahami ceritanya kalau kamu main Fate/Extra. Karena kalau tidak ceritanya membingungkan. 

Seri yang tidak kanon dalam multiverse Fate, Fate/kaleid liner Prisma Illya juga menjadi tontonan yang relatif populer sebagai adaptasi yang berdiri sendiri! Ini bisa dianggap sebagai cerita di realita alternatif. 

Kemudian, ada pula seri-seri yang berangkat dari konsep seperti Fate/Apocrypha, Fate/Prototype dari beragam macam eksplorasi dunia Fate/Stay Night, sampai komedi Carnival Phantasm sebagai seri crossover ragam produk Type-Moon!

Sebagian besar kisah ini bisa kamu tonton terpisah. Mungkin ada nilai plus kalau kamu paham konsep Fate/Stay Night duluan, tapi judul seperti Fate/Apocrypha itu saya rasa bisa langsung kamu nikmati meski kamu belum pernah nonton seri Fate lain. 

Apa pendapatmu tentang urutan anime Fate yang wajib dan tidak wajib kamu ikuti ini? Sampaikan opinimu terhadap masing-masing serial tersebut melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Sakura Matou, Heroine Paling Tragis di Fate/Stay Night!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU