Comscore Tracker

Wow! Mungkinkah Tokoh Fiksi Ini yang Menjadi Inspirasi Denjiro?

Wah, apa mungkin Denjiro wujudnya nanti seperti ini?!

Tema budaya Jepang sangat kental terlihat di cerita Negeri Wano di One Piece. Sebagai salah satu karakter yang belum muncul juga, mungkinkah Oda menggunakan karakter fiksi berikut ini sebagai inspirasi Denjiro? Simak spekulasinya oleh duniaku.net berikut ini!

Denjiro adalah salah satu dari pengikut terkuat Kozuki Oden dua puluh tahun yang lalu. Kin'emon mengatakan bahwa kekuatan Denjiro ini setara dengan kekuatan seratus orang, sama seperti dua anggota Akazaya Nine lainnya: Ashura Douji dan Kawamatsu.

Meski kini kita sudah melihat sosok Ashura Douji, sosok Denjiro dan Kawamatsu belum diperlihatkan secara penuh. Satu-satunya yang bisa kita dapat dari Denjiro hanya siluet yang ditunjukkan ketika Kin'emon sedang menceritakan masa lalu mereka. Di situ sosok Denjiro digambarkan sebagai pria yang mengikat rambutnya di belakang kepala.

Setelah sekian lama tak bertemu dengan Kin'emon, penulis merasa Denjiro yang sekarang kehilangan satu mata dan tangannya. Satu tangan dan mata milik Denjiro itu kemungkinan hilang ketika pertarungan dengan Kaido dan Orochi 20 tahun lalu.

Tapi kenapa bisa begitu?

Penulis beranggapan bahwa Oda menggunakan karakter Tange Sazen sebagai inspirasi Denjiro. Tange Samanosuke yang merupakan seorang karakter fiksi dalam kisah literatur Jepang ini kerap muncul di film dan TV Jepang pada masa itu.

Wow! Mungkinkah Tokoh Fiksi Ini yang Menjadi Inspirasi Denjiro? Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Tange adalah seorang samurai loyal dari klan Soma. Ia kemudian kehilangan mata dan tangan setelah terjadi pengkhianatan di dalam klannya. Usai kejadian tersebut Tange berkeliaran sebagai Ronin (samurai tanpa tuan) dengan nama baru, Sazen.

Satu hal yang membuat penulis yakin bahwa inspirasi Denjiro adalah karakter Tange Sazen ini adalah filmnya. Salah satu film paling pertama dan terkenal soal Tange Sazen adalah film komedi hitam-putih berjudul The Million Ryo Pot (1935). Dalam film tersebut, karakter Tange Sazen diperankan oleh aktor yang bernama Denjiro Okochi!

Melihat Oda sering membuat karakter-karakter yang terinspirasi dari karya-karya lawas di Jepang, hal ini bisa jadi bukan sebuah kebetulan. Kalau diperhatikan, kisah Denjiro dengan Tange Sazen juga tak berbeda jauh.

Dalam cerita Negeri Wano, kita sudah diperkenalkan pada karakter bernama Kamazo. Ia memiliki gaya rambut yang mirip dengan Denjiro. Jika benar inspirasi Denjiro adalah Tange Sazen, penulis hampir yakin bahwa Kamazo ini adalah nama samaran dari Denjiro.

Usai pemberontakan dan pembunuhan Oden dua puluh tahun lalu, tak ada yang mengetahui nasib Denjiro. Denjiro bisa saja mengalami luka yang parah. Setelah itu ia berkelana sebagai seorang ronin alias samurai tanpa tuan usai Oden mati. Denjiro kemudian mengubah namanya menjadi Kamazo dan berkenala di seluruh negeri Wano.

Mirip bukan dengan cerita Tange Sazen? Tange Sazen juga menjadi Ronin selepas kekalahan akibat pengkhianatan di dalam klan Soma. Bisa jadi kisah Denjiro ini juga terinspirasi dari Tange Sazen, menjadi Ronin setelah pengkhianatan Orochi terhadap klan Kozuki.

Mengingat Tange Sazen juga kehilangan satu mata dan tangannya, bukan tak mungkin Denjiro ini nantinya juga akan diperlihatkan memiliki satu mata dan satu tangan jika benar inspirasi Denjiro adalah karakter Tange Sazen tersebut.

Tapi Bukankah kita sudah melihat Kamazo memburu Komurasaki yang sebenarnya adalah Kozuki Hiyori, anak dari Oden? Jika Kamazo adalah Denjiro, kenapa dia memburu Hiyori?

Menurut penulis, Kamazo yang saat ini memburu Hiyori adalah Kamazo palsu yang menggunakan nama Kamazo karena alasan tertentu.

Wow! Mungkinkah Tokoh Fiksi Ini yang Menjadi Inspirasi Denjiro? Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Penulis merasa Kamazo yang diperkenalkan pada kita baru-baru ini hanyalah pembunuh suruhan Orochi yang menggunakan nama Kamazo asli. Hal ini dilakukan Orochi agar perintah-perintah buruk dan pembunuhan yang dilakukan Orochi semuanya bisa disalahkan kepada Kamazo yang asli.

Selain itu, hal ini mungkin juga dilakukannya supaya Kamazo asli tetap menjadi buron dan Orochi akan bisa menangkap dan mengetahui informasi terbaru tentang Denjiro dari laporan-laporan yang masuk.

Coba kita bandingkan, poster buruan Kamazo yang diperlihatkan di koran Negeri Wano dengan penampilan Kamazo yang mengejar Hiyori bisa dibilang tak mirip. Bahkan di poster buruan Kamazo, Kamazo tak terlihat menggunakan perban.

Kamazo palsu menggunakan perban di seluruh mukanya ini juga mungkin agar perbedaan muka dengan sosok di poster tak terlihat oleh masyarakat Wano. Soal siapa identitas sebenarnya Kamazo palsu, penulis pernah berteori bahwa ia sebenarnya adalah Killer dari bajak laut Kid. Kalian bisa membaca teorinya di sini.

Jadi menurut kalian, apakah mungkin sosok asli Denjiro memang terinspirasi oleh Tange Sazen? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar dan jangan lupa cek laman duniaku.net untuk artikel One Piece menarik lainnya!

Article Terkait

Latest Story

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga

Anime & Manga