Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!!

Kira-kira seperti apa kalau Haoshoku Haki bisa di-awakening juga?

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!!

Kembali lagi dalam teori One Piece berikutnya! Kali ini duniaku.net ingin membahas kemungkinan tentang keberadaan Haki level dua. Meski belum dikonfirmasi, tapi cukup banyak petunjuk yang tersebar di komik One Piece soal tingkat Haki yang melebihi Haki pada umumnya. Salah satunya mungkin bahkan sudah diperlihatkan oleh Oda meski tak disebut sebagai level dua. Jadi seperti apa Haki level dua? Berikut petunjuknya berdasar masing-masing Haki!

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!! sumber: anime one piece episode 856[/caption]

Kenbunshoku Haki atau biasa dikenal juga sebagai Haki Color of Observation adalah jenis Haki yang digunakan untuk merasakan hawa keberadaan makhluk lain. Kenbunshoku Haki bisa dianggap serupa dengan indera keenam karena dia bisa melihat hawa keberadaan makhluk yang normalnya tidak terjangkau oleh mata, bahkan apabila makhluk itu tertutupi sesuatu atau berada terlalu jauh.

Kalau membahas Haki level dua untuk Kenbunshoku Haki, tentu para pembaca akan teringat akan Katakuri. Charlotte Katakuri dikenal sebagai pengguna Kenbunshoku Haki tingkat lanjutan yang diasah sedemikian kuatnya sampai Katakuri bisa melihat sedikit ke masa depan. Menurut penulis, ini adalah ciri paling jelas dari Kenbunshoku Haki level dua.

Normalnya, Kenbunshoku Haki hanya bisa digunakan untuk memprediksi pergerakan lawan dengan membaca hawa keberadaannya saat itu juga. Tapi Katakuri membuktikan bahwa apabila Kenbunshoku Haki dilatih lebih dalam, dia bisa memprediksi pergerakan lawan hingga lebih terperinci sampai bisa melihat sedikit ke masa depan. Kelamahan dari teknik Haki tingkat lanjut ini adalah penggunanya tidak bisa mengendalikan kekuatan ini ketika dia dalam kondisi tidak tenang.

Kita telah melihat ketika pikiran Charlotte Katakuri sedang kacau, dia tidak bisa mengaktifkan Kenbunshoku Haki miliknya yang bisa membaca sedikit ke masa depan. Akibatnya, serangan Luffy sempat berhasil mengenainya. Ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkatan Haki yang digunakan, kondisi mental penggunanya semakin mempengaruhi Haki yang dikeluarkan.

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!! sumber: manga one piece 923[/caption]

Sebenarnya untuk Busosoku Haki ini sudah sempat dibahas di teori rahasia kekuatan Kaido sebelumnya, tapi kali ini akan penulis coba kuak lebih dalam. Kalau Kenbunshoku Haki sudah terbukti bahwa ada tingkatan lanjutnya dengan kemunculan Charlotte Katakuri, Busoshoku Haki sampai sekarang belum dikonfirmasi kalau bisa diasah lebih lanjut. Meski begitu, ada beberapa poin yang menurut penulis cukup membuktikan keberadaan level dua dari Busoshoku Haki.

Di atas sudah sempat dibahas kalau untuk mengendalikan Haki yang lebih tinggi tingkatannya, kondisi mental pengguna Haki tersebut harus dalam kondisi tenang. Katakuri diperlihatkan tidak mampu mempertahankan Kenbunshoku Haki miliknya ketika dia dalam kondisi panik atau tidak tenang, dengan kata lain besar kemungkinan Busoshoku Haki yang telah diasah ke level selanjutnya pun memerlukan ketenangan penggunanya.

Capone "Gang" Bege sempat menjelaskan bahwa Big Mom memiliki ketangguhan luar biasa sampai-sampai meriam pun tidak mampu melukainya. Satu-satunya saat Big Mom terluka hanyalah ketika dia sangat sedih akibat foto Ibunda Carmel dirusak. Artinya, saat itu terjadi kondisi mental Big Mom sedang kacau. Di sini penulis yakin bahwa kemungkinan besar ketangguhan Big Mom disebabkan oleh Busoshoku Haki level dua.

Jadi apa yang terjadi ketika Busoshoku Haki level dua aktif?

Menurut penulis, teknik Koka yang selama ini kita lihat sebagai aplikasi dari kemampuan Busoshoku Haki itu sebenarnya hanyalah tubuh yang dilapisi oleh Haki dari luar. Busoshoku Haki level dua ini sedikit berbeda. Menurut penulis Busoshoku Haki level dua ini "menyatu" dengan setiap sel dalam tubuh penggunanya, memberikan efek Busoshoku Haki ke seluruh badan. Penulis membayangkan kemampuan ini menjadikan tubuh penggunanya lebih tangguh dari manusia normal.

Ini salah satu alasan ketangguhan Big Mom melunak ketika kondisi mentalnya dikacaukan oleh Luffy dan kawan-kawan, karena Big Mom sedang tidak mampu mengendalikan Busoshoku Haki level dua miliknya. Sayangnya, ada kemungkinan kemampuan Haki ini juga memiliki kelemahan bagi pengguna Buah Iblis.

Penulis curiga Kaido adalah salah satu pengguna Busoshoku Haki tingkat lanjut ini jika melihat ketangguhan tubuhnya yang seperti sukar mati. Bahkan, ketangguhan tubuh Kaido tampaknya melebihi Big Mom karena dia sanggup menerima serangan berlapis Koka dari Luffy dengan hanya tubuh manusianya. Tapi apakah memang seperti itu? Bagaimana kalau kunci kekuatan Kaido adalah tubuh manusianya?

Di artikel sebelumnya penulis menyebutkan kalau Kaido harus kembali ke tubuh manusianya karena Haki Busoshoku yang diaplikasikan ke seluruh tubuh di level dua ini mengharuskan penggunanya melenyapkan kekuatan Buah Iblis untuk sementara. Bagaimanapun, Busoshoku Haki adalah teknik yang mampu menetralkan efek Buah Iblis. Memberikan efek Busoshoku Haki ke seluruh sel tubuh tentu akan berdampak pada jenis Buah Iblis yang mampu mengubah struktur tubuh seperti jenis Buah Iblis Zoan.

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!! Sumber: Anime One Piece[/caption]

Haoshoku Haki adalah jenis Haki yang hanya dimiliki segelintir orang. Haoshoku Haki dikatakan sebagai Haki yang hanya dimiliki oleh mereka yang layak menjadi Raja, termasuk Luffy. Haoshoku Haki mampu menyerang lawan hanya dengan kekuatan tekad, membuat mereka yang terkena efek Haoshoku Haki ini pingsan jika tidak memiliki tekad yang cukup kuat untuk bertahan dari serangan Haki ini.

Lalu seperti apa wujud level dua dari Haoshoku Haki?

Sebelum ini kita sudah melihat anggota Bajak Laut Big Mom sebagai pengguna Kenbunshoku Haki tingkat tinggi dan Kaido yang kemungkinan adalah pengguna Busoshoku Haki tingkat tinggi. Rasanya bukan hal yang aneh kalau penulis berpendapat Haki level dua ini sudah dikuasai oleh para petarung setingkat Yonko dan para komandan atau petingginya.

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!! Sumber: manga One Piece 434[/caption]

Sebagai contoh untuk Haoshoku Haki level dua, penulis akan memperlihatkan kembali adegan kemunculan Shanks di kapal Bajak Laut Shirohige pada One Piece 434. Saat itu Shanks masuk ke dalam kapal dengan mengaktifkan Haoshoku Haki miliknya, membuat banyak anggota Bajak Laut Shirohige pingsan di tempat. Tak hanya itu, Haoshoku Haki milik Shanks bahkan mampu meretakkan kayu kapal Shirohige, sesuatu yang belum pernah tampak mampu dilakukan oleh Luffy.

Artinya ada kemungkinan kalau Haoshoku Haki dalam bentuk level dua memiliki kemampuan tak cuma untuk menyerang manusia atau makhluk hidup lainnya dengan tekad, tapi juga bisa digunakan untuk menyerang benda mati. Adegan ini juga bukan satu-satunya yang memperlihatkan bahwa Haoshoku Haki bisa digunakan untuk menyerang benda mati.

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!! Sumber: One Piece 504[/caption]

Rayleigh pernah melakukannya juga ketika di Shabaody Archipelago, yaitu ketika ia melepaskan borgol di leher Camie yang dilengkapi bom. Di sana ia tidak tampak membukanya dengan paksa menggunakan Busoshoku Haki tapi juga tidak ada tanda-tanda Rayleigh menjebol kunci borgol tersebut dengan alat apapun. Rayleigh hanya tampak memperhatikan borgol tersebut dan "gusha", borgolnya terbuka!

Penulis merasa ada kemungkinan Rayleigh menggunakan Haoshoku Haki level dua miliknya dengan "menyampaikan" kekuatan tekad yang dimiliki Rayleigh untuk membuka borgol tersebut, mengingat sejauh ini Haoshoku Haki satu-satunya Haki yang bisa memilih targetnya secara spesifik. Ini salah satu bukti yang menurut penulis mengatakan bahwa Haoshoku Haki juga bisa digunakan untuk "menyerang" benda mati.

Lalu bagaimana dengan Luffy yang Haoshoku Haki miliknya tetap aktif biarpun sedang pingsan?

Menurut penulis, Haoshoku Haki yang tetap aktif ketika penggunanya tak sadarkan diri ini hanya menandakan bahwa Luffy memiliki tekad yang sangat kuat. Kunci dari kekuatan Haoshoku Haki adalah tekad yang dimiliki penggunanya, jadi kalau penggunanya pingsan tapi Haoshoku Haki masih aktif artinya tekad sang pemilik Haoshoku Haki memang sekuat itu.


Bagaimana menurut kalian? Setuju atau tidak dengan teori di atas? Jangan lupa berikan jawaban kalian di kolom komentar, ya!

Artikel terkait

Latest