12 Urutan Nonton Gintama, Seru dan Penuh Humor

Yuk, ikuti kisah Gintoki Sakata!

Sadaharu gintama 6

Sedang mencari tontonan yang lucu dan penuh humor? Kamu bisa coba untuk menonton Gintama.

Anime yang ditulis oleh Hideaki Sorachi ini menceritakan tentang wilayah Edo, Jepang yang ditaklukan oleh alien bernama Amanto. Anime ini mengambil sudut pandang Gintoki Sakata, seorang freelancer.

Gintoki bersama Shinpachi Shimura dan Kagura bekerja membayar sewa bulanan. Mereka bertiga memiliki keunikan yang mengundang tawa. Berikut ini urutan nonton Gintama yang bisa kamu saksikan.

1. Gintama (season 1 hingga season 4) (2006)

captiondok. Viz Media

Anime Gintama tayang mulai dari 4 April 2006 dan terdiri dari 4 season dengan 201 episode. Serial anime ini tamat pada 25 Maret 2010 lalu.

Sebelum lanjut ke Gintama', kamu bisa menonton Gintama: The Movie terlebih dahulu.

2. Gintama: The Movie (2010)

Gintama: The Movie (2010)dok. Viz Media

Film ini menceritakan tentang Kotaro Katsura, teman Gintoki yang diserang oleh sekelompok ronin. Elizabeth, rekan dari Kotaro kemudian meminta agensi untuk menemukan pria tersebut. 

3. Gintama’ (2011)

3. Gintama’ (2011)dok. Viz Media

Serial Gintama’ ini memiliki 50 episode yang melanjutkan episode sebelumnya, yaitu mulai dari episode 202 hingga 252. Dalam serial ini mengandung permasalahan transgender dan invasi dari makhluk alien parasit.

Baca Juga: Urutan Menonton Anime Sword Art Online

4. Gintama: Yorinuki Gintama-san on Theater 2 (2012)

captiondok. Viz Media

Dalam Gintama: Yorinuki Gintama-san on Theater 2, dikisahkan Hijikata, seroang polisi yang mendapatkan pedang terkutuk. Pedang tersebut mengubahnya menjadi seorang otaku. Ia kemudian berjuang untuk memecahkan permasalahan pedang terkutuk.

Momen tersebut dimanfaatkan oleh Itou Kamotarou untuk menggulingkan Toushirou.

5. Gintama: Enchōsen (2012)

captiondok. Viz Media

Setelah Gintama’ berakhir dalam 50 episode, pada 26 Maret 2012, serial lanjutan ini hadir dengan 13 episode saja. Anime ini menceritakan tentang kepergian Gintoki dari seri sbeelumnya.

Dengan ketiadaan Gintoki, Yorozuya, agensi yang melayani jasa apapun membutuhkan seorang pemimpin. Karena kejadian tersebut, Sinpachi dan Kagura merajuk karena ditinggalkan Gintoki.

6. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare (2013)

Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare (2013)dok. Viz Media

Film ini memiliki judul bahasa Inggris Gintama: The Movie: The Final Chapter: Be Forever Yorozuya. Uniknya, film ini dibuat seolah-olah menjadi akhir dari petualangan Gintoki.

Film Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare ini menceritakan tentang Gintoki yang bekerja di sebuah bioskop dan berhasil menangkap pembajak film yang disimbolkan dengan karakter dengan kepala kamera.

Baca Juga: Urutan 15 Film One Piece yang Pernah Tayang di Bioskop!

7. Gintama◦ (2015)

captiondok. Viz Media

Petualangan Gintoki Sakata, Shinpaci Simura dan Kagura kembali berlanjut. Seri lanjutan ini diawali dengan permintaan maaf Gintoki yang berpikir bahwa Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare adalah akhir dari serial Gintoki.

Petualangan ini diawali dari orang-orang di kota mereka yang diam tak bergerak. Gintoki dan teman-temannya kemudian mengetahui bahwa penyebabnya adalah sebuah perangkat milik alien yang rusak.

8. Gintama. (2017)

captiondok. Viz Media

Gintama. merupakan live action dari kisah Gintama. Film ini menceritakan kisah Amanto yang menyerang bumi. Dalam seri live action dan filmnya ini, keduanya mengadopsi cerita yang sama tentang perlawanan manusia terhadap Amanto selama 10 tahun terakhir.

9. Porori-Hen (2017)

Porori-Hen (2017)dok. Viz Media

Porori-Hen adalah seri filler dari Gintama yang sengaja dibuat oleh kreator yang berisikan konten yang sebenarnya tidak ada dalam karya asli sang penulis cerita.

Jadi, episode-episode ini sengaja dibuat agar sang kreator mampu membuat lebih banyak konten dengan penuh humor dan menghibur.

10. Shirogane no Tamashii-Hen (2018)

captiondok. Viz Media

Shirogane no Tamashii-Hen merupakan seri dari Gintama yang tayang pada 7 Januari 2018. Serial ini menceritakan Utsuro yang berusaha untuk menghancurkan Bumi.

Dalam serial ini, trio Gintoki, Shinpaci, dan Kagura menghadapinya ditambah bantuan kawan-kawan mereka, mulai dari 4 Devas of the Kabuki District, hingga penduduk biasa, semuanya berusaha menyelamatkan Edo, Jepang dari kehancuran.

11. Gintama: The Semi-Final (2021)

captiondok. Viz Media

Setelah perang sudah mereda dan Edo sudah mulai bangkit, Gintoki melihat Shinpachi di sebuah jembatan.

Dalam kondisi lainnya, terdapat perkelahian singkat antara Yorozuya dan Tenshouin Naraku menjadi kecurigaan. Hal ini membuat Gintoki terpaksa untuk menggunakan loincloth demi menyembunyikan identitasnya.

12. Gintama: The Final (2021)

captiondok. Viz Media

Menjadi penutup dari cerita Gintama, Gintama: The Final sangat lucu dan kocak karena menyentil tentang pandemi Covid-19. Dalam trailer film ini, terdapat adegan Gintoki yang tidak bisa bekerja karena Covid-19.

Itu dia Gintama yang seru dan penuh humor. Jangan lupa nonton sesuai urutannya, ya!

Baca Juga: Urutan 15 Film One Piece yang Pernah Tayang di Bioskop!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU