16 Rekomendasi Anime Adaptasi Light Novel Terbaik, Wajib Tonton!

Beragam genre favorit para penggemar!

Violet Evergarden

Tak hanya manga, banyak pula light novel atau novel ringan yang diadaptasi menjadi anime. Anime-anime tersebut digarap oleh studio berkualitas, sehingga mampu menciptakan adaptasi yang memuaskan ekspektasi pembaca novelnya.

Nah, berikut ini ada sejumlah rekomendasi anime adaptasi light novel terbaik yang wajib kamu tonton. Simak daftarnya, yuk!

16. Kokoro Connect

Kokoro ConnectKokoro Connect (Silver Link/ Kokoro Connect)

Kokoro Connect berawal dari novel karya Sadanatsu Anda yang diilustrasikan oleh Shiromizakana.

Dalam serial ini, kamu diajak mengikuti fenomena aneh yang terjadi pada 5 orang bersahabat yang tergabung dalam sebuah klub sekolah. Kelimanya saling bertukar tubuh dan secara tak langsung menguji persahabatan mereka.

15. Kyoukai no Kanata

Kyoukai no Kanatadok. Kyoto Animation/ Kyoukai no Kanata

Dikenal pula dengan judul Beyond the Boundary, Kyoukai no Kanata merupakan novel ringan karangan Tomoyo Komoi.

Novel yang diadaptasi menjadi serial anime ini bercerita tentang pembunuh youmu bernama Mirai yang bertemu dengan Akihito, si manusia setengah youmu. Meski diawali dengan tak baik, Mirai dan Akihito selanjutnya menjalin hubungan yang tak biasa.

14. The Devil is a Part-Timer

captiondok. White Fox/ Hataraku Maou-sama

Apa jadinya jika sosok Raja Iblis memutuskan tinggal di dunia manusia dan bekerja paruh waktu?

Inilah yang dilakukan Sadao Maou setelah dirinya terlempar ke Bumi ketika pertempuran perebutan Ente Isla melawan pahlawan bernama Emilia.

The Devil is Part-Timer merupakan novel ringan yang ditulis oleh Satoshi Wagahara dan diilustrasikan oleh Oniku.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime Dungeon Terbaik, Penjelajahan Penuh Aksi!

13. Sword Art Online

Sword Art Online: Progressive-Scherzo of Deep Nightdok. A-1 Pictures/ Sword Art Online: Progressive-Scherzo of Deep Night

Ditulis oleh Reki Kawahara, Sword Art Online rasanya menjadi judul yang tak asing lagi bagi kalangan penikmat anime bertema video game.

Di sini, penggemar disuguhkan petualangan Kirito dan Asuna dalam menaklukkan game kematian Sword Art Online.

12. Overlord

Overlorddok. Madhouse/ Overlord

Overlord juga masuk dalam daftar anime dengan total popularitas yang tinggi. Serial anime ini diadaptasi dari light novel karya Satoshi Oshio serta Hugin Miyama sebagai ilustratornya.

Overlord menceritakan Momonga alias Ainz Ooal Gown, seorang player game Yggdrasil yang terjebak di dalamnya. Kini dikenal sebagai New World, Ainz si Undead terkuat berupaya menguasai dunia tersebut.

11. Ascendance of Bookworm

Ascendance of a Bookwormdok. Ajia-do/ Ascendance of Bookworm

Selanjutnya merupakan novel karya Miya Kazuki yang diilustrasikan oleh You Shiina. Ascendance of Bookworm mengikuti seorang kutu buku bernama Urano Motosu yang meregang nyawa karena sebuah kecelakaan.

Di saat-saat terakhir hidupnya, Urano memohon agar diberi kesempatan membaca lebih banyak buku pada kehidupan selanjutnya. Doa tersebut terkabul!

Urano bereinkarnasi dalam tubuh bocah 5 tahun bernama Myne pada abad pertengahan. Untuk itu, Myne harus berjuang keras memenuhi hasrat membacanya di masa-masa pembuatan buku yang masih rumit!

10. No Game No Life

No Game No Lifedok. Madhouse/ No Game No Life

Beberapa di antara kamu pasti tak asing dengan anime yang satu ini. Diadaptasi dari novel ringan karangan Yu Kamiya, No Game No Life bercerita tentang kakak beradik, Sora dan Shiro, atau yang lebih dikenal sebagai 'Kuhaku' atau 'Blank'.

Keduanya sangat tak terkalahkan di setiap game yang ada di dunia manusia. Namun, apa jadinya jika Kuhaku harus hidup di dunia di mana segala sesuatunya ditentukan oleh permainan?

9. Toradora

Toradora(Dok. J.C.Staff/ Toradora)

Ini merupakan series romance karya Yuyuko Takemiya. Ceritanya mengikuti Ryuuji Takasu dan Taiga Aisaka, dua siswa yang punya penampilan berkebalikan dengan sifat aslinya.

Sementara Ryuuji tampil bak berandalan, tetapi aslinya baik hati. Taiga yang bertubuh mungil justru punya kepribadian berapi-api. Sebuah hubungan tak terduga mulai terjadi antara keduanya, membawa penggemar pada plot penuh humor!

Baca Juga: 14 Rekomendasi Anime Reverse Isekai Terbaik, Konsep Terbalik!

8. Durarara!!

Durarara!!dok. Brain's Base/ Durarara!!

Rekomendasi anime berikutnya datang dari light novel karya Ryohgo Narita dengan Suzuhito Yasuda sebagai ilustratornya.

Durarara!! menceritakan keberadaan sosok pengendara tanpa kepala "Pengendara Hitam" yang telah dikenal sebagai urban legend di Ikebukuro. Berpusat pada seorang pendatang bernama Mikado Ryuugamine, pertemuannya dengan sang legenda kota memulai berbagai peristiwa supernatural yang mengubah hidupnya.

7. Spice and Wolf

Spice and Wolfdok. Imagin/ Spice and Wolf

Spice and Wolf merupakan novel ringan karya Isuna Hasekura yang diilustrasikan oleh Juu Ayakura.

Ini merupakan serial fantasi tentang Dewa Serigala bernama Holo yang mulai dilupakan masyarakat. Suatu ketika, Holo bertemu pedagang bernama Lawrence dan menawarkan diri menjadi mitra bisnisnya.

Siapa sangka, Holo punya kemampuan negosiasi yang keren! Ini membawa Lawrence pada mimpinya untuk membuka toko.

6. Kino's Journey

Kino's Journeydok. A.C.G.T/ Kino's Journey

Kino's Journey merupakan serial anime adaptasi novel karya Keiizhi Sigsawa dan Kouhaku Kuroboshi sebagai ilustratornya.

Lewat series ini, kamu diajak bertualang bersama pengelana berusia 15 tahun bernama Kino yang ditemani sepeda motor yang dapat berbicara, yaitu Hermes!

5. Fate/Zero

Fate/Zerodok. Ufotable/ Fate/Zero

Ditulis oleh Gen Urobuchi, novel ringan Fate/Zero yang juga diadaptasi menjadi anime populer ini bercerita tentang Holy Grail War alias Perang Cawan Suci antara para penyihir yang menjalin kontrak dengan roh pahlawan atau Servant masing-masing.

4. Monogatari Series

Anime Monogatari series. (Dok. Shaft/Monogatari)Anime Monogatari series. (Dok. Shaft/Monogatari)

Monogatari merupakan novel ringan karya Nisio Isin. Kisahnya berpusat pada siswa SMA bernama Koyomi Araragi yang terlibat berbagai fenomena aneh terkait keberadaan vampir dan beragam hal supranatural lainnya.

3. Baccano!

Baccano!dok. Brain's Base/ Baccano!

Bertema misteri kriminal, Baccano! merupakan light novel karya Ryohgo Narita yang diilustrasikan oleh Katsumi Enami.

Berlatar tahun 1930-an, Baccano! bercerita tentang keberadaan para mafia dan ilmuwan yang abadi. Ceritanya berpusat pada dua pencuri berbakat bernama Isaac Dian dan Miria Harvent yang berselisih dengan mafia.

2. Mushoko Tensei: Jobless Reincarnation

Mushoku Tensei: Jobless Reincarnationdok. Studio Bind/ Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation

Ditulis oleh Rifujin Na Magonote, Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation bercerita tentang seorang NEET yang tertabrak truk dan bereinkarnasi ke dunia sihir sebagai bayi bernama Rudeus Greyrat.

Belajar dari pengalaman pada kehidupan sebelumnya, Rudeus bertekad untuk memanfaatkan kesempatan keduanya ini dengan baik.

1. Violet Evergarden

Violet Evergardendok. Netflix/Violet Evergarden

Violet Evergarden adalah light novel yang ditulis oleh Kana Akatsuki serta diilustrasikan oleh Akiko Takase.

Ini merupakan series fantasi tentang seorang perempuan bernama Violet Evergarden yang diciptakan sebagai senjata hidup.

Suatu peristiwa membuat Violet meninggalkan takdirnya dan memilih melanjutkan hidup sebagai Auto Memory Doll, yakni orang-orang yang bekerja sebagai penulis surat bagi mereka yang kesulitan menuangkan perasaannya ke dalam kata-kata.

Itulah sejumlah rekomendasi anime adaptasi light novel terbaik yang wajib kamu tonton. Punya rekomendasi lainnya? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime dengan Visual Terbaik, Memanjakan Mata!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU