Khawatir Ditiru oleh Remaja, Rusia Mulai Melarang Anime Death Note 

Tidak hanya Death Note, ada 2 anime lain yang juga dilarang

Khawatir Ditiru oleh Remaja, Rusia Mulai Melarang Anime Death Note 

Hari Rabu kemarin (20/1), pengadilan St. Petersburg di Rusia mulai melarang penayangan anime Death Note. Tidak hanya Death Note, ada juga anime lainnya yang mulai dilarang karena kekhawatiran bahwa remaja akan meniru kekerasan yang ditayangkan anime itu. Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

1. Berbahaya untuk anak-anak modern

Selama persidangan yang diadakan di St. Petersburg, penuntut menayangkan episode Death Note untuk menegaskan argumennya. Dilansir The Moscow Times, pengadilan distrik menyatakan, "Setiap episode berisi kekejaman, pembunuhan, kekerasan." Keputusan pun menyatakan untuk melarang penayangan anime Death Note.

Menurut situs Meduza, Oleg Erlikh, seorang ahli dari Akademi Pendidikan Pedagogi Pascasarjana St. Petersburg juga mengatakan bahwa anime Death Note "berpotensi berbahaya bagi anak modern".

Baca Juga: Bukan Niat Cosplay, 8 Gaya Artis Ini Malah Mirip Karakter Anime!

2. Tidak hanya Death Note saja

Tidak hanya Death Note, putusan dari pengadilan juga melarang dua situs untuk mendistribusikan anime Inuyashiki dan satu situs untuk menampilkan Tokyo Ghoul. Kantor berita RIA Novosti yang dikelola pemerintah mengatakan larangan tersebut hanya berdampak pada situs-situs tertentu. Namun, Meduza menjelaskan bahwa badan sensor Rusia, Roskomnadzor, dapat menafsirkan larangan tersebut lebih mencakup untuk anime ini.

Pada pertengahan Desember 2020, lima tuntutan hukum juga diajukan terhadap 49 situs Rusia yang mendistribusikan anime. Jaksa penuntut juga meminta pengadilan untuk melarang acara anime lainnya termasuk Elfen Lied dan Naruto dalam gugatan yang belum diputuskan.

3. Sudah ada laporan sejak tahun 2013

Khawatir Ditiru oleh Remaja, Rusia Mulai Melarang Anime Death Note Penerbit m&c!

Menurut pemberitaan dari Kotaku, seruan untuk melarang Death Note ini sudah terjadi sejak tahun 2013. Pada saat itu, seorang gadis berusia lima belas tahun meninggal karena bunuh diri, dengan empat salinan manga Death Note ditemukan di kamarnya. Beberapa menyalahkan manga Death Note atas kematian gadis itu, dan sekelompok orang tua bahkan mengajukan banding langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melarang manga dengan alasan berbahaya bagi kaum muda negara.

Itu dia informasi tentang larangan penayangan anime Death Note di Rusia. Seram juga ya, coba tulis pendapatmu yuk di kolom komentar tentang pelarangan ini.

Baca Juga: Nanatsu no Taizai Akan Dapatkan Film Anime Orisinal!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU