Comscore Tracker

Sisipkan Bahasa Indonesia di Googel Doodle, Begini Kerennya Google yang Rayakan Ultah ke-20

Google Doodle hari ini spesial banget!

Ada yang spesial pada Google Doodle hari ini,  Kamis (27/9/2018). Jika kamu membuka halaman depan mesin pencari Google, kamu akan menemukan sebuah doodle bertajuk Google's 20th Birthday. Ya, tepat hari ini, perusahaan teknologi raksasa itu merayakan hari jadinya yang ke-20.

Doodle spesial tersebut berbentuk balon yang menyerupai kata-kata Google. Tak ketinggalan, terdapat angka 20 di tengahnya yang berarti usia Google sekarang.

Jika kamu klik, Google Doodle hari ini akan memunculkan video animasi seputar Google selama 20 tahun serta daftar pencarian apa saja yang sangat populer di Google selama dua dasawarsa tersebut.

Video Google Doodle hari ini dibuka dengan kata pencarian "What is Google?" melalui laman website Google versi lawas. Uniknya, di pencarian populer Google tiap tahun ini, disampaikan lewat berbagai macam bahasa. Tak terkecuali dengan bahasa Indonesia.

Kata kunci yang diucapkan menggunakan bahasa Indonesia adalah "Apa itu Selfie?" yang diucapkan oleh seorang perempuan.

Dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin, mensin pencari ini semakin populer setelah mendapatkan suntikan dana sebesar 100.000 dollar AS oleh Pendiri Sun Microsystem, Andy Bechtolsheim dan merupakan cikal bakal Google jadi perusahaan terkemuka pada tanggal 4 September 1998.

Hari jadi Google pada tanggal 27 September ini awalnya sedikit menimbulkan kebingungan. Pasalnya, Google baru secara resmi menjadi korporasi pada 7 September 1998.

Kebingungan kapan sebenarnya Google pertama kali berdiri membuat perayaan ulang tahunnya berbeda-beda. Pada tahun 2003, Google merayakan ulang tahunnya yang ke-5 pada tanggal 8 September. Kemudian tanggal perayaan diubah dan dirayakan pada 7 September 2004.

Pada tahun 2005, Google kembali mengubah hari ulang tahunnya menjadi 26 September. Nah, baru sejak tahun 2006, Google menetapkan tanggal 27 September sebagai hari jadinya.

Pemilihan tanggal 27 September sendiri bukan tanpa alasan. Google memilih tanggal ini untuk merayakan rekor jumlah halaman web yang sukses terangkum dalam indeks mesin pencari mereka.

Ya, selamat ulang tahun Google!

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek