Bukan Cuma Nonton Anime, Ini 7 Ciri Wibu Sejati!

Kalau kamu memenuhi tujuh ciri ini, ya kamu wibu

Bukan Cuma Nonton Anime, Ini 7 Ciri Wibu Sejati!

Kata wibu cukup mengalami pergeseran makna di Indonesia, terutama karena banyak orang salah pakai. Kadang, orang yang suka nonton anime saja langsung disebut wibu.

Padahal seharusnya yang disebut wibu itu ciri-cirinya lebih akut dibanding sesekali baca manga atau nonton anime. 

Cek dirimu di antara 7 ciri-ciri ini. Kalau semuanya tepat sasaran, berarti kamu sudah menjadi wibu komplit!

1. Berlangganan dan membicarakan anime favoritnya!

Kamu langganan baca manga Shonen Jump terbaru di Manga Plus, lalu kamu berlangganan di Netflix cuma buat menonton anime-nya saja, yang notabene secuil dari isi keseluruhan platform film tersebut. Kemudian, kamu kalau diajak ngobrol pasti anime doang bahannya!

2. Doyan lagu Jepang sampai segitunya!

Tanda-tanda wibu yang kuat wibu adalah kalau kamu benar-benar cuma suka lagu Jepang. Kamu mungkin beneran tidak mau mendengar lagu barat, Korea, atau Indonesia. 

Minimal, kamu ikut menyahut "Goodbye" saat mendengar lagu di atas!

3. Kalo ngomong pasti nyelipin bahasa Jepang

Bukan Cuma Nonton Anime, Ini 7 Ciri Wibu Sejati!Istimewa

Pernahkah kamu tahu-tahu menyelipkan gomenasai ketika minta maaf kepada temanmu? Atau arigatou ketika temanmu menyukai pos koleksi katana kamu di media sosial? Nah, itu juga termasuk ciri-cirinya!

4. Harus Kecanduan Game Jepang!

Bukan Cuma Nonton Anime, Ini 7 Ciri Wibu Sejati!Yostar/Azur Lane

Bukan hanya musik, selera game-nya pun Jepang sekali. Atau minimal game-nya punya musik dan gaya ala anime. Walaupun Azur Lane adalah game Tiongkok produksi Manju dan Yostar, kamu pun kecanduan gara-gara gambarnya anime banget!

Terus, kalau game-nya punya pilihan audio Jepang atau Inggris, seorang wibu pasti akan memilih yang Jepang. 

Baca Juga: Iklan Anime McDonald's Jepang Viral Karena Caption Ambigu di Twitter!

5. Doyan menyawer idolanya!

Kamu doyan menonton YouTube, tapi tontonan kamu YouTuber Jepang doang, apalagi kalau virtual YouTuber. Coba cek lagi tagihan kartu kredit kamu, kali aja habis untuk membayar Super Chat saat YouTuber seperti Usada Pekora atau Otogibara Era sedang siaran langsung!  

6. Merchandise anime segudang!

Kamu punya barang kolektor macam-macam dari anime, lagu, sampai franchise Jepang favoritmu, meskipun diproduksi dari Tiongkok. Barang itu kamu tenteng ke mana-mana, bahkan sampai ke kantor NASA sekalipun!

7. Makanan Jepang mulu!

Menurut kamu, makanan Jepang adalah makanan paling superior di dunia, meskipun mi instan Jepang bisa kamu dapatkan di mini market Indonesia di bawah harga 10 ribu per bungkus. Pokoknya makanan yang ada identitas ke-Jepang-an-nya!

Ada lagi ciri lainnya yang menurut kamu merupakan ciri wibu sejati? Bagikan opinimu tentang fenomena ini melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Tokoh Anime Haikyuu, Toru Oikawa Masuk Tim Voli Argentina Dunia Nyata!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU