Review Football Manager 2024: Hadir Dengan Fitur Lengkap!

Memiliki berbagai fitur baru yang sangat mengesankan

fm 24

Football Manager 2024 adalah salah satu game simulasi sepak bola yang memungkinkan pemain untuk menjadi manajer tim sepak bola. Game ini menawarkan berbagai fitur dan mode permainan yang membuat pengalaman bermain sangat realistis dan mendalam.

Football Manager 2024 juga memiliki database pemain dan klub yang cukup lengkap. Game ini memiliki lebih dari 800.000 pemain dan 700 klub dari seluruh dunia. Sebagai manajer, kalian dapat memilih tim untuk mengelolanya dari liga top dunia.

Kami mendapat kesempatan memainkan Football Manager 2024 sejak versi early access. Berdasarkan itu, kali ini Duniaku akan membahas beberapa hal menarik serta fitur-fitur dalam game Football Manager 2024.

Yuk, langsung saja kita simak review Football Manager 2024 berikut ini!

1. Gameplay yang lebih mendalam dengan berbagai fitur baru

fm 24dok. Screenshot FM 2024 oleh Zaki Narayan Satria

Football Manager 2024 ini memiliki gameplay yang lebih mendalam dari seri sebelumnya. Ada beberapa hal yang membuat game ini terasa lebih mendalam seperti fitur-fitur baru yang membuat game ini semakin terasa realistis.

Beberapa diantaranya juga menjadi poin penting yang perlu kalian perhatikan saat bermain game ini, seperti fitur Dynamics yang membuat kalian sebagai manajer harus mampu mengatur hubungan antar manajer dengan pemain, staf pelatih, hingga para fans.

Fitur baru FM 24 lainnya yang membuat game ini sangat mengesankan adalah Smarter Transfers, Squad Building, and Finance, Financial Fair Play (FFP), Set Piece Coach, Individual Player Targets and Interaction Logic, Truer Football Motion, dan Intermediaries and Offloading Players.

Fitur-fitur diatas membuat Football Manager 2024 semakin terasa realistis layaknya kalian menjadi manajer di dunia nyata.

2. Grafis yang terlihat lebih realistis

fm 24dok. Screenshot FM 2024 oleh Zaki Narayan Satria

Jika membicarakan soal grafis, Football Manager 2024 memiliki peningkatan grafis yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Grafis 3D saat pertandingan juga terasa lebih realistis dari seri sebelumnya. Hal tersebut tentunya meliputi banyak aspek, seperti grafis penonton, suasana pertandingan, detail stadion, detail pemain, hingga pergerakan pemain.

Untuk pergerakan pemain, Football Manager 2024 memiliki perkembangan yang cukup berbeda dari seri sebelumnya. Melalui fitur Truer Football Motion, pergerakan pemain menjadi terasa lebih fleksibel dan realistis seperti mereka bergerak di dunia nyata.

Selain itu, familiarity taktik dari pemain juga dapat kalian lihat disaat pemain bergerak, karena pergerakan pemain-pemain ini terasa lebih natural dan benar-benar sesuai dengan taktik yang digunakan.

Oleh karena itu, untuk mendukung pengalaman bermain yang maksimal, kalian harus memperhatikan spesifikasi FM 2024 sebelum memainkannya.

3. Prosedur transfer pemain yang lebih detail

fm 24dok. Screenshot FM 2024 oleh Zaki Narayan Satria

Salah satu hal yang membuat game ini dapat disebut sebagai seri Football Manager yang cukup mengesankan adalah karena prosedur transfer pemain yang cukup detail.

Di Football Manager 2024, kalian dapat menawarkan pemain kalian yang ingin kalian jual kepada agen mereka. Kalian dapat memberikan pendapat kepada agen pemain bahwa kalian ingin menjual pemain tersebut.

Di dalam obrolan bersama agen, kalian juga dapat mengatur nada bicara, yang akan menentukan urgensi kalian untuk menjual sang pemain melalui agen nya secara personal memang mendesak atau tidak mendesak.

Setelah memberi tahu agen pemain secara personal untuk menjual maupun membeli pemain, kalian akan mendapatkan feedback dari agen sang pemain terkait informasi seputar ketertarikan dan pertimbangan dari sang pemain.

Dengan fitur terbaru ini, kalian akan lebih mudah untuk menjual pemain yang memang mungkin tidak masuk kedalam strategi atau rencana kalian. Hal ini dapat memudahkan kalian untuk merekrut pemain berkelas, hingga wonderkid di FM 2024.

Baca Juga: Spesifikasi Football Manager 2024, Cukup Ringan untuk PC!

4. Manajemen pemain yang lebih kompleks

fm 24dok. Screenshot FM 2024 oleh Zaki Narayan Satria

Football Manager memang terkenal dengan manajemen pemain yang cukup kompleks. Kalian harus mampu mengelola pemain dengan personality yang berbeda-beda agar moral mereka tetap terjaga agar dapat memberikan performa yang terbaik di lapangan.

Selain memberi saran dan kritik, kalian saat ini juga dapat membuat target untuk sang pemain agar mampu memberikan gol, assist, atau konsistensi rating dalam pertandingan, khususnya saat mereka pergi untuk masa peminjaman.

Hal ini tentunya dapat mendorong moral pemain dengan catatan cara kalian berkomunikasi dengan mereka harus tetap netral dengan cara bicara yang tidak negatif.

5. Dapat membuat set piece sesuai keinginan

fm 24dok. Screenshot FM 2024 oleh Zaki Narayan Satria

Dengan fitur Set Piece Coach yang menjadi salah satu fitur terbaru FM 24, kalian jadi bisa membuat beberapa template taktik set piece yang sesuai dengan kebutuhan strategi kalian. Cara ini dapat membuat pemain kalian terbiasa dengan taktik set piece yang kalian gunakan dalam pertandingan.

Berbagai strategi set piece tendangan bebas, corner, dan throw in dapat kalian aplikasikan kedalam pertandingan dan akan bekerja sesuai dengan rutinitas dan familiarity yang sudah dijalani pemain kalian.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan fitur ini, kalian memerlukan pelatih terbaik di FM 2024.

6. Inverted Full-Back menjadi posisi terbaru di FM 24

fm 24dok. Screenshot FM 2024 oleh Zaki Narayan Satria

Sebagai salah satu role terbaru bagi para full-back, role ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang ingin mengamankan lini belakang dari ancaman counter attack yang dapat musuh lakukan kapan saja.

Inverted Full-Back adalah role yang membuat full-back kalian akan lebih berperan dalam build-up serangan dan akan turut membantu dalam bertahan, khususnya dalam mencegah serangan balik lawan, karena inverted full-back bukan role yang akan membuat pemain kalian overlap kedepan membantu serangan.

Cukup impresif bukan? Nah, itu dia review Football Manager 2024 dari tim Duniaku.com terkait beberapa hal yang cukup mengesankan di seri terbaru game Football Manager ini.

Untuk nilai, kami akan memberikan Football Manager 2024 4 dari 5 bintang. 

Gimana menurut kalian? Apa kalian sudah mencoba Football Manager 2024? Kira-kira, apa hal mengesankan yang kalian dapatkan saat memainkan game ini?

Penulis: Zaki Narayan Satria

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku 

Baca Juga: 4 Fakta Football Manager 2024, Banyak Fitur Baru!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU