Rekor Form Terbanyak? Ini Dia 10 Fakta Kamen Rider Build!

Form terbanyak di antara Heisei Rider!

Rekor Form Terbanyak? Ini Dia 10 Fakta Kamen Rider Build!

Mungkin masih ada bagian-bagian tertentu yang terlewat dari Kamen Rider Build. Apa saja? Ini dia daftar fakta Kamen Rider Build yang mungkin kamu belum menyadarinya!

1. Heisei Rider paling jenius, pertama di seri Kamen Rider yang menciptakan alat perubahannya sendiri!

Ini mungkin bukan hal baru bagi beberapa penggemar setia Kamen Rider, tapi tahukah kalian? Sejauh ini Sento Kiryu adalah satu-satunya Heisei Rider yang menjadi pencipta sistem Kamen Rider sekaligus menjadi tokoh utama serial yang sama.

Selama ini tokoh utama di serial Kamen Rider biasanya mendapatkan kekuatannya dari sumber lain dan bukan dibuat sendiri. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh fakta bahwa Sento Kiryu adalah Kamen Rider era Heisei yang paling jenius.

Protagonis Kamen Rider lain yang mampu menyaingi kejeniusannya mungkin cuma Takeshi Hongo alias Kamen Rider Ichigo karena beliau  memiliki IQ sebesar 600!

2. Tema form yang sangat unik!

Kalau diperhatikan, Kamen Rider Build memiliki begitu banyak form yang diperkenalkan di serialnya. Dari form yang begitu banyak ternyata sebagian di antara itu tidak dimiliki oleh Kamen Rider di era lainnya!

Meski konsep Kamen Rider yang mengombinasikan kekuatan yang berbeda pernah digunakan sebelumnya, tapi desain yang menjadi inspirasi kekuatan form Kamen Rider Build ini sebagian di antaranya tidak pernah digunakan di serial lain sebelumnya.

Sebut saja tema kelinci, tank, jerapah, gurita, mawar, komik, TV, kipas angin, penghapus, bajak laut, dan masih banyak tema yang lainnya.

Semua tema yang digunakan untuk desain form Kamen Rider Build ini banyak yang tak pernah digunakan sebelumnya di serial lain, menjadikan form yang dimiliki Kamen Rider Build ini memiliki keunikan tersendiri!

3. Satu-satunya Kamen Rider era Heisei dengan warna mata berbeda!

Sebenarnya ini tidak terlalu penting, tapi sadarkah kalian kalau Kamen Rider Build adalah satu-satunya Kamen Rider Heisei yang kebanyakan form miliknya memiliki warna mata berbeda kiri dan kanan?

Dalam setiap form yang digunakan Sento Kiryu, warna matanya mengikuti warna dari fullbottle yang digunakan.

Keunikan ini juga tidak ditemukan pada Kamen Rider lainnya di era Heisei!

4. Banyak aktor dan aktris yang pernah bermain di serial Kamen Rider sebelumnya!

Mungkin bagi penggemar setia Kamen Rider, sudah bukan hal yang baru jika kalian melihat aktor atau aktris lama kembali ke serial yang baru.

Salah satunya seperti Kamen Rider Build ini, beberapa pemerannya ternyata sudah pernah muncul di serial Kamen Rider sebelumnya!

Sebut saja yang sudah jelas seperti Kouhei Takeda yang sempat memerankan Otoya Kurenai di Kamen Rider Kiva dan Kamen Rider Decade. Ada juga Akaso Eiji yang sempat bermain di serial Kamen Rider Amazons yang dirilis sebelum Kamen Rider Build.

Ada yang lain? Tentu saja ada! Pemeran Nanba Juzaburo yang bernama Akira Hamada malah dulunya bermain di era Showa, tepatnya di serial Kamen Rider Stronger sebagai penjahat bernama Titan!

Ada pula Yukari Taki, pemeran Sawa Takigawa yang pernah bermain di Kamen Rider W Returns: Kamen Rider Accel sebagai Aoi Katsuragi.

Pemeran Yoshiko Tajimi, Perdana Menteri Hokuto yang bernama Ryoko Gi juga dulu pernah ikut serta di serial Kamen Rider W sebagai Zone Dopant!

5. Ryuga jadi satu-satunya Kamen Rider yang berubah dengan mengorbankan alat perubahannya yang lama!

Faktanya, Kamen Rider Cross-Z adalah satu-satunya Kamen Rider yang harus mengorbankan alat berubah sebelumnya untuk mendapatkan alat berubah yang baru!

Tak percaya? Lihat saja, sekarang Ryuga Banjo hanya bisa berubah menjadi Kamen Rider Great Cross-Z atau Kamen Rider Cross-Z Magma! Kok bisa?

Coba ingat, Dragon Magma Fullbottle dibuat dari Dragon Sclash Jelly yang meleleh. Jadi wajar saja jika Ryuga tak bisa lagi berubah menjadi Kamen Rider Cross-Z Charge!

Sementara Great Cross-Z Dragon juga sebenarnya berasal dari Cross-Z Dragon yang berubah wujud, membuat Ryuga kini hanya bisa mengakses wujud Kamen Rider Great Cross-Z!

6. Venosnaker dari Kamen Rider Ryuki muncul juga di Kamen Rider Build!

Jika kalian perhatikan dengan baik, sebenarnya efek CGI kobra yang biasa dipanggil oleh Blood Stalk (identitas awal Evolto) aslinya adalah hasil daur ulang dari CGI Venosnaker, monster kontrak milik Kamen Rider Ouja dari era Kamen Rider Ryuki!

Tak heran, biasanya mereka melakukan hal semacam ini untuk menghemat biaya supaya waktu dan tenaga mereka bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya!

Baca Juga: Begini Sejarah Perubahan Form dan Berbagai Bentuk di Kamen Rider!

7. Ada tanda "fragile" di helm Kamen Rider Rogue!

Sesuai dengan tema botol retak yang diusung pada desain Kamen Rider Rogue, di balik helmnya pun kita bisa melihat logo bertuliskan fragile alias mudah retak

Ironisnya, sebelum kematian Himuro Gentoku saat bertarung sebagai Kamen Rider Rogue, helm yang digunakan Kamen Rider Rogue pada akhirnya benar-benar retak! Kebetulan? Sepertinya tidak.

8. Memegang rekor Kamen Rider Heisei dengan form terbanyak!

Kamen Rider Build ternyata malah punya tiga macam rekor terkait perubahan form yang dimilikinya, setidaknya di kalangan Heisei Rider!

Pertama, ia memiliki form basis terbesar dengan jumlah 34 + 1 (kalau menghitung DoctorGame) Best Match.

Lalu, Kamen Rider Build juga punya jumlah Super Form terbanyak yang mungkin terjadi dengan anggapan setiap Trial Form dan Best Match bisa diberi kekuatan oleh Hazard Trigger!

Hitungannya adalah 42 (botol biotik) x 38 (botol abiotik) - 10 (botol legend rider) + 1 (DoctorGame) dengan hasil 1587 Super Form!

Form yang dimiliki secara keseluruhan bahkan mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Kamen Rider OOO, dengan 334 Combo termasuk Random Combo.

Hitungannya adalah 42 (botol biotik) x 38 (botol abiotik) + 1 DoctorGame + 1587 Hazard Form + 5 Rider Mix Form + 4 Power-up Form. Totalnya adalah sebesar 3193 Form yang bisa diakses oleh Kamen Rider Build!

Bagaimana? Kamen Rider Build ternyata memiliki jumlah form terbanyak bukan?

9. HawkGatling, Best Match favorit kedua setelah RabbitTank!

Selain wujud Kamen Rider Build RabbitTank Form, ternyata Sento Kiryu juga suka menggunakan bentuk HawkGatling.

Apa ada yang sempat menghitung? Wujud Kamen Rider Build yang satu itu digunakan sampai 11 kali di serial, hampir tersaingi oleh NinninComic yang dipakai sebanyak 10 kali!

Mungkin hal ini dikarenakan wujud HawkGatling memiliki kemampuan untuk terbang sekaligus kemampuan untuk menyerang dari jarak jauh sehingga efektif digunakan untuk bertarung melawan musuh yang kuat.

10. Memakai kembali tema monster pertama yang dilawan Kamen Rider Ichigo!

Bagi yang benar-benar mengikuti serial Kamen Rider dan mitos-mitosnya tentu tidak asing dengan kebiasaan TOEI untuk memasukkan trio tema kelelawar/kobra/laba-laba.

Ketiga tema monster ini sering digunakan berulang-ulang karena tema kelelawar dan laba-laba adalah tema monster pertama dan kedua yang dilawan oleh Kamen Rider Ichigo dan tema kobra adalah tema monster pertama yang mendapatkan upgrade.

Bisa kita lihat, tema kelelawar muncul kembali dalam desain Night Rogue sementara tema kobra diwujudkan dalam desain Blood Stalk, identitas awal Evolto.

Bahkan, pose berubah Evolto menjadi Kamen Rider Evol juga memiliki kemiripan dengan Cobra Man dari serial Kamen Rider pertama!

Selain itu tema monster laba-laba juga pada akhirnya digunakan dalam desain Kamen Rider Killbas di film Kamen Rider Build NEW WORLD: Kamen Rider Cross-Z.

Jadi, ketiga tema monster penting di serial Kamen Rider pertama telah digunakan di Kamen Rider Build!

Itu dia fakta Kamen Rider Build yang mungkin di antara kalian ada yang masih belum menyadarinya. Mana yang paling menarik menurut kalian? Coba berikan tanggapanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Kamen Rider Kuuga, Sosok yang Dianggap Rider Heisei Pertama

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU