Review Evil Dead Rise, Pembangkit Rasa Takut Terbaik

Rasa takut penonton dibuat bangkit sepenuhnya

Ellie meraung keras - Evil Dead Rise

Setelah diputar di South by Southwest (SXSW) pada 15 Maret 2023, lalu menyusul pada 21 April 2023 di Amerika, akhirnya film terbaru waralaba Evil Dead yang berjudul Evil Dead Rise resmi tayang di Indonesia pada Jumat (5/5/2023).

Bagaimana kesan kami pada film satu ini? Berikut pembahasannya!

Baca Juga: Sinopsis Evil Dead Rise, Seri Kelima Waralaba Evil Dead

1. Sinopsis ringkas

evil dead risedok. New Line Cinema/Evil Dead Rise

Seri kelima waralaba Evil Dead ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Beth yang berkunjung ke kediaman kakaknya, Ellie di sebuah apartemen. Saudarinya sendiri diketahui telah memiliki tiga orang anak, yaitu, Bridget, Danny dan Kassie.

Awalnya tak ada masalah pada mereka sampai pada suatu ketika sebuah insiden membuat Danny berhasil menemukan sebuah buku dan beberapa benda aneh di sebuah ruangan yang lama terkunci.

Gara-gara itu, Ellie pun sampai kena imbasnya di mana ia kini kerasukan iblis dan berakhir menjadi penebar teror.

Bisakah Beth dan para keponakannya lolos dari situasi tanpa harapan tersebut?

2. Permainan tensi horor yang sistematis

Evil Dead Risedok. Warner Bros. Pictures/ Evil Dead Rise

Dalam beberapa ulasan film horor sebelumnya, kami sering menekankan betapa pentingnya building tensi horor. Beruntungnya, film ini berhasil mengeksekusi hal itu dengan baik.

Dibuka dengan semacam adegan preview menu utama ketakutan dalam film ini, cerita Evil Dead Rise kemudian mundur ke waktu untuk menjelaskan ke penonton bagaimana semua kekacauan itu bisa terjadi.

Cara memulainya juga terbilang sangat perlahan namun sistematis. Mulai dari beberapa momen creepy level ringan seperti mata mayat yang berkedip sampai kekacauan berdarah pada saat Ellie membabibuta.

Bisa dibilang, Evil Dead Rise berhasil membuat penontonnya membiasakan diri secara alami akan peningkatan porsi ketakutan yang disajikan hingga berakhirnya cerita.

3. Penggunaan properti yang tak tanggung-tanggung

Ellie memakai peralatan kerjanya untuk menyerang anaknya - Evil Dead RiseEllie memakai peralatan kerjanya untuk menyerang anaknya ( Dok. Warner Bros / Evil Dead Rise )

Poin satu ini bisa dibilang merupakan salah satu kesukaan penulis.

Biasanya, suatu properti yang diperlihatkan pada suatu cerita pembukaan film biasa hanya akan dipakai sebagai hiasan dan tak akan memiliki nilai guna pada perkembangan cerita.

Namun ada beberapa kasus di mana properti yang dianggap remeh ternyata memiliki sorotan tersendiri pada setiap momen genting. Taktik itu benar-benar memberi kejutan tersendiri karena kita tak menyangka bahwa benda yang sekilas tak berguna ternyata bisa membantu pada saat yang tepat.

Selain itu, cara penggunaan properti yang ada juga benar-benar kreatif dan membuat penulis sama sekali tak menduga bahwa benda tersebut bisa dipakai untuk momen horor yang bisa dibilang cukup ngilu untuk dilihat.

4. Permainan fokus kamera yang berani

Mata Bridget hampir terkena senjata Ellie -  Evil Dead RiseMata Bridget hampir terkena senjata Ellie ( Dok. Warner Bros / Evil Dead Rise )

Trik satu ini bisa dibilang merupakan salah satu kunci bagaimana Evil Dead Rise benar-benar membangunkan ketakutan para penonton.

Pada film ini, sorot kamera selalu dibuat benar-benar close up ke tokoh penderita setiap terjadi adegan yang dianggap paling mengerikan.

Hal ini sukses membuat tidak hanya rasa takut yang terbangkitkan tapi juga rasa ngilu bagi para penonton yang menyaksikannya. Kita seperti seolah-olah dibawa sang sutradara untuk ikut merasakan bagaimana rasa sakit dan penderitaan yang dialami setiap tokohnya.

5. Sesuai judulnya, film ini benar-benar berhasil membangkitkan ketakutan penonton sampai ke titik maksimal!

Jasad Ellie saat disemayamkan - Evil Dead RiseJasad Ellie saat disemayamkan ( Dok. Warner Bros / Evil Dead Rise )

Jadi bagaimana kesan penulis pada seri kelima waralaba Evil Dead?

Sesuai judulnya, Evil Dead Rise benar-benar membangkitkan ekspetasi dan juga ketakutan yang selama ini ingin dirasakan penggemar film horor.

Pembangunan tensi horor yang sistematis membuat kita bisa menikmati rasa ketakutan itu secara bertahap hingga benar-benar terpuaskan di akhir.

Penggunaan properti yang kreatif dan permainan fokus kamera yang berani close up pada setiap momen berdarah juga sukses membuat penonton merasakan rasa sakit dan penderitaan para tokohnya di situasi tanpa harapan tersebut.

Oleh karena itu, penulis akan memberikan nilai 4,5 dari 5 untuk Evil Dead Rise.

Akan lebih menarik jika seandainya lore dunia Evil Dead bisa dieksplor lebih jauh lagi dalam skala yang lebih luas.

Itulah review Evil Dead Rise versi Duniaku.com.

Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut: 

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku

Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Review Sewu Dino, Survival Orang Biasa dalam Konflik Mistis  

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU