Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!

Masa lalu Wano juga terungkap!

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!

Pertarungan Aramaki alias Ryokugyu melawan para Samurai Wano akhirnya diakhiri oleh kemunculan Shanks! Selain itu, wujud Wano di masa lalu juga akhirnya terungkap!

Apa rahasia Wano di masa lalu dan apa hubungannya tabir Wano dengan senjata kuno Pluton? Yuk simak ulasan lengkapnya dalam pembahasan One Piece 1055 berikut ini!

1. Kelanjutan Aramaki VS Samurai!

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Adegan Aramaki VS Momonosuke di One Piece 1055. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Oda mengawali One Piece 1055 dengan adegan Nami, Tama, dan Zeus menikmati festival di Ibu Kota Wano, menunjukkan kalau penduduk Wano masih aman dan tidak terpengaruh oleh kedatangan Aramaki.

Sayangnya Akazaya tampak kesulitan melawan Aramaki, apalagi Momonosuke melarang Yamato untuk ikut serta.

Adegan pertarungan ini juga menegaskan bahwa api biasa tak akan bisa menjatuhkan Aramaki, meskipun tubuhnya terbuat dari pohon.

Jadi, apa kelemahan Aramaki alias Ryokugyu sebenarnya?

2. Terungkap adanya Wano di bawah laut!

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Penampakan Wano bawah laut. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Ada pengungkapan menarik di One Piece 1055 bahwa ternyata di bawah lautan Wano terdapat reruntuhan Wano di masa lalu!

Menurut Kozuki Sukiyaki, reruntuhan Wano tersebut adalah Wano di masa 800 tahun yang lalu. Melihat angka tahun tersebut, hampir bisa dipastikan bahwa Wano di masa lalu ini berkaitan erat dengan Ancient Kingdom!

Dijelaskan oleh Sukiyaki, kemunculan dinding yang mengitari Wano di masa lalu itu membuat Wano tenggelam oleh air hujan yang tertampung sehingga Wano harus "naik" dan membentuk kerajaan mereka di atas sana.

Menariknya, fakta bahwa lautan ini berasal dari air hujan (dan bukan air laut) sebenarnya sudah dibahas jauh di bab 910 saat Luffy dan yang lain hendak mendaratkan kapal mereka di Wano.

Selain itu, besar kemungkinan ikan koi raksasa di sekitar Wano berenang mendaki air terjun adalah untuk kembali ke air tawar, habitat alami mereka.

Baca Juga: 10 Gambar Momen Epik di One Piece Episode 1027

3. Wano modern terbentuk dari berbagai pulau lain?

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Peta Kepulauan Wano di One Piece. (Dok. Toei Animation)

Kalau kalian perhatikan pada peta Pulau Wano dan fakta bahwa Pulau Wano modern ternyata terbentuk belakangan, ada beberapa hal yang tampak aneh.

Bagaimana bisa tiba-tiba muncul pulau yang mengelilingi Gunung Fuji setelah bertahun-tahun pulau itu terisolasi dan tenggelam oleh air hujan?

Beberapa ahli teori One Piece sempat meyakini bahwa Pulau Wano modern dibangun oleh Oars, mengingat julukan Oars yang terkenal adalah "Penarik Benua" dan tengkorak Onigashima yang bentuknya mirip kepala Oars.

Jika ini benar, maka kondisi cuaca dan iklim yang berbeda antarwilayah di Wano menjadi masuk akal mengingat setiap pulau di Grand Line memiliki kondisi cuaca dan iklim yang unik di daerahnya masing-masing.

Hal ini juga dapat menjelaskan kekacauan laut di sekitar Wano yang membuat Wano sulit dijangkau, mengingat perbedaan iklim yang begitu ekstrem dapat mengacaukan pergerakan udara.

Apakah ini berarti Oars di masa lalu sempat tinggal di Wano?

4. Lokasi Road Poneglyph ketiga akhirnya terungkap!

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Road Poneglyph ketiga di Wano. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Setelah sekian lama, akhirnya kita diperlihatkan Road Poneglyph ketiga!

Road Poneglyph ketiga ini terletak jauh di bawah Wano dan hanya bisa diakses melalui jalur bawah tanah atau melalui jalur air.

Jack kemungkinan menemukan Road Poneglyph ini melalui jalur air mengingat dia adalah Manusia Ikan. Tapi, bukankah Jack adalah pengguna Buah Iblis?

Seperti yang kalian lihat pada Luffy dan Kid saat mereka mengenakan batu laut di Penjara Udon, pengguna Buah Iblis yang cukup kuat masih dapat bergerak biarpun melemah.

Apalagi Jack adalah Manusia Ikan yang memang habitat alaminya adalah laut, tentu tak sulit baginya untuk bertahan cukup lama di bawah air.

Lalu seperti kata Robin, tinggal satu lagi Road Poneglyph yang belum ditemukan. Sebagai pengingat, di era Roger Road Poneglyph terakhir itu berada di Pulau Manusia Ikan. Tapi entah kenapa, di era Luffy Road Poneglyph keempat ini belum terlihat lagi.

Kira-kira di mana ya lokasi Road Poneglyph terakhir ini? Apakah disimpan oleh Shanks atau Blackbeard?

Selain itu, kira-kira apa yang akan dilakukan Law setelah akhirnya menumbangkan Kaido? Apakah Law akan mengikuti Luffy hingga ke Laugh Tale, atau mereka akan membubarkan aliansinya di sini?

Baca Juga: Zoro Berhasil Lukai Kaido di One Piece Episode 1027!

5. Rahasia Pluton berkaitan dengan dibukanya tabir Wano

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Kemunculan Zunesha di One Piece 1037. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Menurut Sukiyaki, Pluton disimpan lebih jauh lagi di bawah Wano dan untuk mendapatkannya, tabir Wano harus dibuka!

Kalau kalian ingat, Momonosuke sempat berkata bahwa ia paham kenapa ayahnya ingin membuka tabir Wano dan Yamato juga meyakini bahwa peran Momonosuke sangat penting dalam perang akhir nanti.

Jadi, apa yang membuat Momonosuke memutuskan untuk menunda pembukaan tabir Wano dan apa sebenarnya peran Zunesha dalam hal ini?

Mengingat Zunesha tampaknya memiliki tugas untuk membuka tabir Wano jika saatnya tiba, apakah Zunesha ini nantinya akan menjadi pihak yang menghancurkan dinding tebal Wano tersebut?

6. Alasan Yamato tak boleh bertarung akhirnya terungkap

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Bolo Breath versi Momonosuke di One Piece 1055. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Sebelumnya, Momonosuke entah kenapa melarang Yamato untuk bertarung. Akhirnya alasannya terungkap, Momonosuke ingin penduduk Wano sendiri yang berusaha bertahan menghadapi musuh.

Momonosuke ingin Samurai Wano dipandang cukup kuat untuk menahan siapapun yang ingin menghadapi mereka!

Menariknya, Momonosuke akhirnya bisa menyeburkan api seperti Kaido! Hal ini semakin mengindikasikan kalau Buah Iblis tiruan yang diciptakan Vegapunk sebenarnya bukan produk gagal!

Apakah Aramaki nantinya akan menyampaikan ini pada Akainu dan yang lain?

Lalu kita juga bisa melihat bagaimana Logia Aramaki dapat bertahan jika tubuhnya dihancurkan. Agak berbeda dengan Logia lain yang membentuk tubuh dari pecahan elemen, Aramaki tampak menumbuhkan tubuh baru dari benih!

Baca Juga: 3 Karakter One Piece yang Nekat Bikin Masalah Sama Kelompok Shanks

7. Haki Shanks mengusir Aramaki!

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Kemunculan Shanks di One Piece 1055. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Perseteruan Shanks dengan Aramaki sedikit mengungkap kemampuan Haki Shanks yang tampaknya berada di tingkat yang lebih tinggi lagi dibandikan dengan Luffy.

Kalau kalian perhatikan, Shanks masih berada di luar Wano! Tampak dari efek petir hitam yang menjalar ke arah Aramaki, ini berarti Shanks dapat mengirimkan dampak Haoshoku Haki dari jarak yang cukup jauh.

Selain itu melihat bagaimana Shanks dapat berkomunikasi dengan Aramaki, tampaknya Shanks dan juga Aramaki sama-sama menggunakan Kenbunshoku Haki agar dapat saling mendengar perkataan masing-masing.

Namun jika melihat Aramaki menyadari bahwa pemilik Haki tersebut adalah Shanks, ditambah dengan efek suara yang unik, apakah ini berarti Shanks sebenarnya sedang menyuarakan kehendaknya tanpa bersuara seperti saat Luffy memanggil anggota kelompok Hati di bawah laut?

Apakah mungkin ini salah satu teknik Haki tingkat tinggi yang berhubungan dengan Voice of All Things?

8. Karakter Uta dijadikan karakter canon?

Saat Shanks membicarakan "Zaman Baru", tampak kenangan Shanks soal Luffy, Momonosuke, dan Hiyori. Ketiga anak tersebut adalah anak-anak yang sempat ditemui oleh Shanks.

Menariknya, di panel kecil urutan keempat dan kelima di halaman yang sama kita bisa melihat siluet Uta, putri Shanks, sedang mengangkat tangannya seakan hendak dipeluk oleh siluet tangan yang lebih besar!

Apakah ini berarti karakter Uta adalah karakter yang betulan ada di dunia One Piece sehingga bisa dibilang, Uta adalah karakter canon?

Jika iya, maka status karakter Uta ini kemungkinan sama seperti Shiki. Meski merupakan karakter canon, Shiki tak pernah muncul di jalan cerita utama.

Bukan tak mungkin, Uta juga sama seperti Shiki. Meski di masa kecil Uta mungkin benar-benar teman Luffy dan putri Shanks, tapi Uta dewasa di jalan cerita utama sepertinya tak akan bertemu Luffy!

9. Luffy, Zoro, Sanji, dan Jinbe memperhatikan dari kejauhan

Pembahasan One Piece 1055: Shanks Mengusir Aramaki!Luffy, Zoro, Sanji, dan Jinbe di One Piece 1055. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Setelah Aramaki terusir oleh Haki Shanks, kita diperlihatkan adegan yang bisa dibilang paling keren di bab ini, yaitu adegan Luffy dan ketiga orang terkuat lainnya di Topi Jerami sedang memperhatikan pertarungan Momonosuke dari kejauhan.

Hal ini seakan mengindikasikan kalau level Luffy dan kru Topi Jerami yang sekarang sudah cukup kuat sampai-sampai mereka tidak perlu merasa panik saat seorang Admiral datang.

Kontras sekali dengan reaksi Luffy saat bertemu dengan Kizaru di Sabaody Archipelago, Luffy saat itu sampai menyuruh rekan-rekannya untuk kabur.

Di sini Luffy dan anggotanya yang memiliki Kenbunshoku Haki dan mampu merasakan kedatangan Ryokugyu malah duduk bersantai dan memperhatikan Samurai Wano bertarung melawan Ryokugyu.

Beruntung, pada akhirnya Aramaki terusir dan Luffy tak perlu turun tangan!

Di akhir kita juga diperlihatkan kalau Luffy tampaknya menyadari bahwa Haki yang meluap itu adalah Haki milik Shanks. Apa yang membuat Haki Shanks bisa disadari oleh Luffy?

Apakah setiap Haki memiliki aura yang terasa beda? Ataukah Luffy juga "mendengar" suara Shanks saat berbincang dengan Aramaki?

Itu dia pembahasan One Piece 1055 yang begitu panjang! Kira-kira kapan Shanks akan muncul lagi di jalan cerita utama ya? Kalau kalian punya tanggapan, coba sampaikan di kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: 12 Meme One Piece Ryokugyu Takut Shanks Terkocak

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU