Apakah Rayleigh Lebih Kuat dari Shanks di One Piece? 

Rayleigh dan Shanks sama-sama terasa sangat berbahaya

Apakah Rayleigh Lebih Kuat dari Shanks di One Piece? 

Silvers Rayleigh adalah tangan kanan Gol D. Roger dulu. Bahkan di usia tua, Angkatan Laut One Piece pun segan cari masalah dengan dia.

Shanks tadinya hanya apprentice di kapal Roger. Meski begitu sekarang dia menjelma menjadi salah satu Yonko. Shanks begitu disegani hingga Angkatan Laut harus mikir-mikir untuk menghadapi dia. Angkatan Laut setuju mengakhiri Perang Marineford karena Shanks, dan kemudian kita melihat admiral seperti Ryokugyu bisa diintimidasi oleh Shanks hingga mundur di Wano.

Nah, apakah Rayleigh lebih kuat dari Shanks di One Piece? Mari kita analisis. 

1. Mereka sama-sama petarung yang gak makan Buah Iblis, dan memiliki Haki luar biasa

Apakah Rayleigh Lebih Kuat dari Shanks di One Piece? onepiece-treasurecruise.com

Rayleigh dan Shanks itu terasa sebagai petarung yang mirip.

Keduanya sama-sama menggunakan pedang. 

Keduanya sama-sama tidak makan Buah Iblis.

Keduanya juga memiliki penguasaan Haki luar biasa. 

Baca Juga: Siapa Admiral Terlemah di One Piece? Ini Analisisnya!

2. Haoshoku Haki mereka bisa jadi setara

Apakah Rayleigh Lebih Kuat dari Shanks di One Piece? Kemunculan Shanks di One Piece 1055. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Saya akan kembali menyorot jawaban Oda di SBS volume 65.

Oda mengatakan kalau ditempatkan di tempat dan situasi yang sama persis dengan Luffy (di Fishman Island, menghadapi kelompok Hody Jones), Shanks atau Rayleigh mungkin bisa menjatuhkan semua 100.000 musuh dengan Haoshoku Haki mereka. Sementara itu Luffy saat itu bisa menjatuhkan 50.000 dengan Haoshoku Haki-nya. 

Haoshoku Haki Shanks dan Rayleigh pun terasa sama-sama dahsyatnya. 

Meski begitu... Shanks pernah beberapa kali menunjukkan level Haoshoku Haki-nya benar-benar gila. Seperti dia bisa membuat Ryokugyu merasakan pancarannya, meski Shanks saat itu jauh dari lokasi Ryokugyu.

Apakah Rayleigh bisa begitu juga? Mungkin saja, tapi kita belum diperlihatkan momen  begitu. 

3. Kelemahan Shanks yang tidak dimiliki Rayleigh

Shanks kehilangan satu tangannya karena menolong Luffy.

Kedua tangan Rayleigh masih utuh.

Meski dengan satu tangan saja, Shanks bisa mengintimidasi banyak petarung kuat sekarang. Termasuk admiral seperti Ryokugyu.

Hanya saja, jika Shanks harus menghadapi musuh yang bisa mengimbanginya, masalah kehilangan satu tangan ini mungkin akan menghambatnya.

Dracule Mihawk di bab 96 pun mengatakan tidak minat melawan Shanks yang tangannya tinggal satu. 

4. Kelemahan Rayleigh yang tidak dimiliki Shanks

Kelemahan Rayleigh yang tidak dimiliki Shanks adalah usia.

Rayleigh sudah 78 tahun sekarang. Shanks masih 39. 

Yang menarik adalah kalau kamu baca bab 513 versi manga, ada efek "huff... huff..." ketika Rayleigh menghadapi Kizaru, yang menandakan dia terengah menghadapi sang admiral. Rayleigh juga mengomentari dia ingin membantu Topi Jerami, yang saat itu sedang menghadapi aksi misterius Kuma, tapi usia telah melambatkannya. 

Kizaru, yang ditahan oleh Rayleigh, pun meminta Rayleigh tidak mengatakan hal seperti itu, karena itu membuat dia terlihat buruk. 

Kalau kamu penasaran, yap, efek terengah itu juga ada di versi terjemahan resmi bab 513. Kamu bisa mengeceknya di Manga Plus. 

Rayleigh masih sangat kuat, bahkan dalam usia tua, tapi dalam pertarungan panjang menghadapi musuh yang lebih muda, tubuh tuanya ini bisa jadi masalah. 

5. Angkatan Laut sama-sama segan menghadapi mereka

Garp tidak mau sembarangan menghadapi Rayleigh.

Kizaru di bab 512 juga mengatakan kalau dia ingin menangkap Rayleigh di Sabaody, maka dia harus membuat persiapan tertentu.

Sementara itu Shanks bisa membuat Perang Marineford berakhir, dan mengintimidasi Admiral Ryokugyu.

Kedua orang ini sama-sama disegani oleh Angkatan Laut. 

6. Apakah Rayleigh lebih kuat dari Shanks?

Shanks dan Rayleigh terasa memiliki beberapa kemiripan. Mereka sama-sama gak makan Buah Iblis, sama-sama pengguna pedang, sama-sama disegani Angkatan Laut, kekuatan Haoshoku Haki mereka sama-sama besar.

Rayleigh yang masih prima mungkin lebih kuat dari Shanks.

Meski begitu untuk sekarang, saya merasa Shanks (bahkan dengan satu tangan) mungkin sudah lebih kuat dari Rayleigh. Ini bisa jadi sudah bukan lagi era Rayleigh, karena usianya.

Jika dua petarung kuat ini memang harus berduel, saya rasa usia Rayleigh akan menjadi penentu. Shanks bisa jadi akan mampu mengungguli Rayleigh.

Selain itu, saya curiga Haoshoku Haki Shanks lebih kuat dari Rayleigh sekarang.

Hal-hal yang bisa dilakukan Shanks dengan Haoshoku Haki-nya menakjubkan. Termasuk membuat sebagian kapal Shirohige retak, dan mampu mengintimidasi Ryokugyu dari jarak sangat jauh. 

Saya jadi curiga kalau Shanks ditempatkan di gedung lelang di Sabaody, Haoshoku Haki-nya mungkin akan membuat pingsan lebih banyak orang ketimbang Rayleigh. 

Nah itu analisis saya soal apakah Rayleigh lebih kuat dari Shanks di One Piece.

Setuju gak? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 10 Fakta Zephyr Alias Z, Mantan Admiral di One Piece Film: Z!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU