Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!

Si Pahlawan Angkatan Laut nih!

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!

Saat ini, yang dikenal dunia One Piece sebagai sosok terkuat di Angkatan Laut adalah tiga laksamana: Kizaru, Fujitora, dan Ryokugyu. Laksamana Armada Sakazuki pun mantap, terbukti dari mampu mengalahkan Kuzan dalam duel berhari-hari.

Namun sebelum era mereka, ada Monkey D. Garp. Garp sudah menua sekarang. Meski begitu, terungkap sejauh ini kalau semua bajak laut tenar di era Roger pernah mencicipi melawan Garp. Penasaran soal kakek Luffy ini? Inilah kumpulan fakta Monkey D. Garp paling menarik!

1. Menghancurkan delapan gunung untuk latihan melawan Chinjao

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!quora.com

Don Chinjao adalah legenda hidup di era Luffy. Bahkan di usia tua pun dia bukan lawan yang mudah untuk ditundukkan. Terus gimana dengan dirinya di masa muda, di mana kepalanya pun masih prima? Sudah jelas kekuatannya pun lebih dahsyat lagi. Garp pun tidak menganggap remeh Chinjao. Sebelum duel dengan Chinjao, dia mengaku sudah menghancurkan delapan gunung. Mengingat Garp kemudian benar-benar mengalahkan Chinjao sampai kepalanya rusak, tampaknya jelas kalau Garp tidak bercanda.

2. Belum diperlihatkan bertarung serius di usia tua

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!comicbook.com

Kita sudah melihat aksi dan kekuatan Garp muda dari kilas balik Chinjao. Sebelumnya juga ada kejadian pertarungan Shiki dengan Sengoku dan Garp, yang membuat tempat bertempur mereka berantakan. Sampai-sampai ada kapal yang secara ajaib terdampar di daratan segala.

Garp sendiri mengakui kalau dirinya sudah tidak sekuat dulu. Namun tetap saja kekuatannya di usia tua ini masih membuat penasaran. Dia masih mampu melempar bola meriam dengan kekuatan yang lebih horor daripada bila ditembakkan dengan meriam sungguhan. Saat Marco ingin terbang menyelamatkan Ace, Garp menonjoknya hingga Marco jatuh.

Namun sejauh ini Garp belum diberi kesempatan unjuk gigi serius di usia tuanya. Luffy sukses lolos dari dirinya setelah alur Enies Lobby, ia membiarkan Luffy menghajarnya di Marineford, dan Sengoku menahannya agar dia tidak menyerang Akainu. Akankah Garp mendapat bertarung serius?

Baca Juga: [Teori One Piece] Kenapa Shanks Menangis Setelah Bicara dengan Roger?

3. Disebut Pahlawan Angkatan Laut karena mengalahkan Rocks

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Terungkap kalau gelar Pahlawan Angkatan Laut yang dimiliki Garp bukan diperolehnya karena jasanya menangani kelompok Roger, melainkan karena Rocks. 

Apakah Rocks itu? Rocks adalah bajak laut penguasa dunia sebelum era kejayaan Roger. Anggota kelompoknya saja kemudian sebagian menjadi Yonko, seperti Whitebeard, Big Mom, dan Kaido. 

Bisa mengendalikan mereka, sudah tentu Rocks D. Xebec sang kapten juga kuatnya minta ampun. Tak heran Garp disebut pahlawan karena mengalahkan mereka!

Uniknya, meski tak dicatat sejarah, untuk menjatuhkan Rocks ini Garp muda harus bekerja sama dengan Roger muda. 

4. Pria yang melatih Ace, Luffy, dan Sabo

Sabo dan Ace sudah tangguh sejak kecil. Duo ini bisa saja mengalahkan orang dewasa dalam pertarungan, kalau situasinya tidak terlalu sulit. Namun Sabo, Ace, dan Luffy pernah mencicipi gimana rasanya "latihan" bareng Garp.

Versi anime One Piece menunjukkan seperti apa seramnya latihan ini. Tanah berguncang, pohon tumbang, dan begitu Garp pulang trio ini sudah ambruk semua. 

5. Ingin Luffy dan Ace jadi Angkatan Laut, tapi tidak pernah membawa mereka ke markas Angkatan Laut

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!funimation.com/One Piece

Garp selalu ngomong kalau dia ingin menjadikan Luffy dan Ace sebagai Angkatan Laut. Namun anehnya, kalau dipikir-pikir dia justru jarang menunjukkan sisi Angkatan Laut ke mereka.

Bukannya dititipi ke pangkalan, Garp malah menitipkan Luffy dan Ace ke Dadan... seorang bandit gunung.

Untuk saat ini, dicurigai kalau Garp sebenarnya masih ingin melindungi bocah-bocah ini saat mereka belum cukup kuat. Anak dari Monkey D. Dragon dan anak dari Gol D. Roger pastinya bisa diincar oleh pihak-pihak oportunis. Sudah begitu, Angkatan Laut pun memiliki banyak anggota bermasalah seperti Morgan dan Nezumi.

6. Sejak pensiun seperti sengaja jauh-jauh dari Markas Besar Angkatan Laut

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!onepiece.fandom.com

Bisa dibilang, setelah Perang Marineford baik Sengoku maupun Garp sama-sama sudah setengah pensiun. Meski begitu, sementara Sengoku masih ngantor ke markas besar Angkatan Laut (di mana dia kadang bisa mengejek Sakazuki), Garp sejauh ini terlihat mencoba jauh-jauh dari Sakazuki sang pembunuh Ace. D

ia pertama menempati Desa Foosha, melindungi desa damai itu dari aktivitas bajak laut yang menggila setelah Marineford. Dia meninggalkan desa itu di timeskip untuk mengawal kontingen Kerajaan Ryugu ke Reverie. 

7. Secara teknis, bukan dia yang menangkap Gol D. Roger

Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!funimation.com/One Piece

Monkey D. Garp adalah salah satu Angkatan Laut terkuat di eranya. Pria yang kekuatannya direspek oleh Roger pula, dan katanya pernah beberapa kali menyudutkan kelompok Roger. Meski begitu, Roger akhirnya menyerahkan diri di ambang kematiannya, bukan ditangkap oleh Garp.

Itulah tujuh fakta Monkey D. Garp paling menarik dari yang sudah terungkap sejauh ini. Gimana pendapatmu? 

Kalau kamu tertarik One Piece, jangan lupa cek episode 9 Geek Podcast dari redaksi duniaku.com. Pekan ini kami membahas makna kata One Piece yang akhirnya terungkap!

Baca Juga: 5 Petunjuk Harta Kelompok Roger di One Piece Sebenarnya Tidak Banyak 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU