8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019

Mereka ini MVP untuk anime dan manga Boruto sejauh ini

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019

Di manga, 2019 adalah tahunnya Jigen dari organisasi Kara mulai mengincar Kawaki di Konoha. Di anime 2019 adalah tahun yang penuh dengan filler, tapi juga alur menarik seperti Boruto kembali ke masa lalu. 

Siapa saja karakter Boruto paling berkesan di tahun 2019? Ada delapan yang menarik!

8. Urashiki Otsutsuki

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Urashiki cukup sibuk di tahun 2019. Mulai dari mengincar Shukaku, sampai pergi ke masa lalu untuk mengincar Naruto kecil, dia berkali-kali membuat masalah untuk para pahlawan kita. Di alur Boruto ke masa lalu, Urashiki bahkan menunjukkan dia juga punya wujud transformasi. 

7. Shinki

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019fanpop.com

Di alur kemunculan Urashiki di Negara Angin, Shinki menunjukkan dirinya benar-benar salah satu genin paling berbahaya di dunia. Dari segi skill, ia sudah mengungguli seluruh genin lain di Ujian Chunin. Ia menegaskan itu saat menghadapi Urashiki.

Bukan hanya ahli mengendalikan pasir besi, Shinki ternyata juga bisa jutsu segel dan pengendalian boneka. Bila ia tidak di-nerf, Shinki bisa semakin kuat saat dia sudah besar nanti.

Baca Juga: Inilah 3 Episode Anime Boruto dengan Animasi Terbaik Sejauh Ini!

6. Jiraiya

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Dari yang saya perhatikan, meski di-nerf saat melawan Urashiki, Jiraiya adalah karakter yang paling mencuri perhatian di alur Boruto ke masa lalu. Tidak heran, Jiraiya sudah lama mati di era Boruto. Penonton Naruto yang kangen melihat aksi si Petapa Genit pun akhirnya dapat bernostalgia. 

Jiraiya sendiri masih menunjukkan kecerdasannya. Mulai dari mencurigai Sasuke, hingga menemukan kelemahan dari jutsu lintas waktu Urashiki. 

5. Boruto Uzumaki

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Sebagai tokoh utama, jelas Boruto harus masuk ke daftar ini. Di manga, terutama, Boruto sudah mulai mempelajari menggunakan segel Karma dan berpotensi menjadi semakin kuat. Sementara itu di anime, alur Negara Angin memberi petunjuk sedikit soal kekuatan Jougan milik Boruto. 

4. Sasuke Uchiha

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019crunchyroll.com

2019 sebenarnya bukan tahun yang baik untuk Sasuke. Di manga, ia dihajar oleh Jigen meski sudah mengerahkan kekuatan penuh. Di anime, ia sempat kena nerf parah saat berurusan dengan Urashiki di Negara Angin dan kemudian di masa lalu. Tapi tetap saja, baik di manga maupun anime, Sasuke masih terasa sebagai sekutu terkuat Naruto. 

Mau menghadapi Urashiki maupun Isshiki Otsutsuki, Sasuke biasanya mampu memberi perlawanan menarik meski dirinya kekurangan chakra atau terluka. 

3. Naruto Uzumaki

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Di anime, Naruto kecil mendominasi Boruto di penghujung tahun. Di manga, Naruto dewasa sempat menang dengan brilian melawan Delta di perempat awal tahun, lalu kalah dari Jigen setelah pertempuran menarik. 

Secara keseluruhan, ayah Boruto ini masih bisa mencuri perhatian baik di anime maupun di manga.

2. Kawaki

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019mangaplus.shueisha.co.jp/boruto

Saya sebenarnya tertarik dengan perkembangan karakter Kawaki. Dari bocah edgy yang berpotensi jadi Sasuke kecil kedua, hidup bersama Naruto membuat Kawaki perlahan tumbuh menjadi saudara angkat yang bagus untuk Boruto. 

Dari tadinya bocah penyendiri yang selalu curiga, selama tahun 2019 Kawaki terus berkembang hingga ia mau mengorbankan diri untuk melindungi orang yang ia hormati. Kawaki pun kini berpotensi menjadi salah satu karakter terfavorit fan. 

1. Isshiki Otsutsuki

8 Karakter Boruto yang Paling Berkesan di Tahun 2019mangaplus.shueisha.co.jp/boruto

Tapi saya rasa, karakter Boruto yang paling berkesan di tahun 2019 adalah Isshiki Otsutsuki alias Jigen. Gimana tidak? Dia pernah mengalahkan Naruto dan Sasuke meski dirinya sudah dikeroyok oleh dua itu! Itu pun ia lakukan dengan wadah Jigen, yang tidak bisa menampung kekuatan penuhnya. 

Aksi Isshiki di 2020 nanti jelas patut dinanti.

Itulah delapan karakter Boruto paling berkesan di tahun 2019. Gimana menurut kamu? Oh ya, jangan lupa cek juga Geek Podcast duniaku.com yang membahas topik-topik anime seperti Boruto juga ya!

Baca Juga: [Spekulasi Boruto] Sekuat Apa Jigen dengan Tubuh Aslinya Nanti?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU