Ultra Instinct: Kekuatan Baru Goku yang Ternyata Benar-Benar Ada di Dunia Nyata!

Dragon Ball Super episode 110 memperkenalkan kita pada kekuatan baru Goku: Ultra Instinct! Tahukah kamu kalau kekuatan ini benar-benar ada di dunia nyata?

Ultra Instinct: Kekuatan Baru Goku yang Ternyata Benar-Benar Ada di Dunia Nyata!

Ultra Instinct: Kekuatan Baru Goku yang Ternyata Benar-Benar Ada di Dunia Nyata!

Dragon Ball Super episode 110 memperkenalkan kita pada kekuatan baru Goku: Ultra Instinct! Tahukah kamu kalau kekuatan ini benar-benar ada di dunia nyata?

Ya, bagi kamu yang telah menonton Dragon Ball Super episode 110, pasti kamu sudah menyaksikan kekuatan baru Goku yang sangat keren. Sebelumnya, kekuatan baru Goku ini memiliki banyak sekali nama non-official-nya (salah satunya adalah Mastery of Self Movement). Nah, kini kekuatan baru tersebut telah memiliki nama resmi, yaitu Ultra-Instinct (dalam bahasa Jepang disebut 身勝手の極意 Migatte no Gokui/Egoism Essential Point). Apakah itu sebenarnya Ultra Instinct?

[read_more id="335445"]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Ultra Instinct adalah keadaan di mana tubuh penggunanya bisa bergerak otomatis saat menyerang atau ketika diserang tanpa harus berpikir. Tubuh mereka akan beradaptasi secara otomatis dalam segala pertarungan. Dalam manga/anime Dragon Ball Super sendiri, Whis adalah karakter pertama yang diketahui menguasai teknik ini. Lalu, dia mengajarkannya pada Beerus. Uniknya, Beerus sendiri belum menguasai teknik tersebut. Teknik ini sendiri pertama kali disebutkan saat sebelum Frieza bangkit lagi dan menyerang bumi (Golden Frieza arc).

Ultra Instinct: Kekuatan Baru Goku yang Ternyata Benar-Benar Ada di Dunia Nyata!

Untuk kasus Goku sendiri, masih belum diketahui bagaimana dia bisa mendapatkan Ultra Instinct. Yang pasti, dengan teknik ini, Goku mendapatkan kekuatan yang bahkan jauh di atas x20 Super Saiyan Blue Kaio-Ken dan dapat mengimbangi Jiren meskipun tidak lama.

[duniaku_baca_juga]

Uniknya, teknik ini mirip dengan konsep bela diri yang ada di dunia nyata bernama Mushin (無心 lit. "Empty Mind"). Mushin adalah keadaan mental yang disebut hanya bisa didapatkan oleh petarung yang sudah sangat terlatih. Mushin sendiri merupakan kependekan dari Mushin no Shin, yaitu “jiwa tanpa pikiran” atau “kosongnya pikiran”—dengan kata lain, jiwa yang tidak dikuasai oleh pikiran atau emosi dan terbuka untuk segala hal.

Lanjut ke halaman 2!

Ultra Instinct: Kekuatan Baru Goku yang Ternyata Benar-Benar Ada di Dunia Nyata!

Lebih lanjut lagi, Mushin dideskripsikan sebagai jiwa seseorang yang terbebas dari segalam macam pikiran dan emosi seperti amarah, rasa takut, dan ego, baik itu saat pertarungan atau dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tidak adanya hal-hal negatif tersebut, seseorang bisa bergerak dengan benar-benar bebas dan bereaksi tanpa rasa ragu.

Dalam keadaan ini, seseorang tidak mengandalkan apa yang mereka pikirkan untuk melakukan gerakan selanjutnya, akan tetapi mengandalkan tubuh mereka yang sudah terlatih secara alami—“instinct”. Mungkin karena inilah, Akira Toriyama menamakan teknik ini sebagai Ultra Instinct dalam Dragon Ball Super.

[read_more id="222038"]

[duniaku_adsense]

 

Kembali ke Dragon Ball Super, Goku sendiri sepertinya masih membutuhkan waktu sebelum akhirnya benar-benar menguasai teknik ini dan dia gunakan untuk, mungkin, mengalahkan Jiren atau memenangkan Tournament of Power. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut akan masih lama karena mengingat empat episode ke depan Jiren akan melawan Hit, lalu Vegeta membantu Cabba, dan Goku melawan Caulifla dan Kale terlebih dahulu.

Dan lagi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ultra Instinct ini masih belum sempurna. Tentunya kita penasaran, seperti apa sih bentuk sempurna dari Ultra Instinct milik Goku ini? Yang terlihat dari episode 110, Goku masih memiliki wujud base dalam mode Ultra Instinct (rambutnya masih hitam). Nah, muncullah pertanyaan: apakah Ultra Instinct Goku ini adalah bentuk base dan apakah dia bisa menjadi Super Saiyan sembari dalam keadaan tersebut?

Sepertinya hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, mengingat Goku mampu menyatukan Kaio-Ken dengan Super Saiyan Blue. Atau mungkin seperti yang dipaparkan oleh Toriyama bahwa Ultimate Gohan bisa juga dikombinasikan dengan Super Saiyan. Jadi, apakah nanti akan menjadi "x20 Kaio-ken Super Saiyan Blue Ultra Instinct"?

[read_more id="333165"]

Yang pasti, teori yang sedang populer saat ini sih Goku bakalan mendapatkan form baru berupa Super Saiyan White. Ya, bisa jadi, Super Saiyan White adalah wujud ketika Goku sudah menguasai Ultra Instinct—siapa tahu.

Atau mungkin kembali lagi ke itu: "x20 Kaio-ken Super Saiyan Blue Ultra Instinct". Hahaha.

Menurutmu sendiri bagaimana? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

Latest