Ini 6 Film Anime yang Didaftarkan di Nominasi Academy Award 2021!

Dua di antaranya sudah ditayangkan di Indonesia!

Ini 6 Film Anime yang Didaftarkan di Nominasi Academy Award 2021!

Situs berita The Wrap memberitakan bahwa ada 27 film animasi yang didaftarkan untuk masuk ke nominasi Academy Award 2021 di kategori film animasi. Dari daftar tersebut hanya 5 film yang akan masuk ke dalam nominasi yang akan diumumkan pada 15 Maret 2021. Untuk pemenang akan diumumkan pada 25 April 2021.

Ternyata, dari 27 judul film animasi yang diumumkan, ada 6 film anime yang masuk ke dalamnya. Dua di antaranya juga pernah ditayangkan di Indonesia. Apa sajakah judul-judul tersebut? Berikut 6 film anime yang didaftarkan untuk masuk ke dalam Acadamy Award 2021!

1. Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train!

Film anime ini merupakan film paling laris di box office Jepang sepanjang masa, saat ini. Diadaptasi dari manga Kimetsu no Yaiba karangan Gotuoge Koyoharu dan merupakan sekuel langsung dari serial animenya. Film anime juga mulai ditayangkan di bioskop Indonesia pada 6 Januari 2021.

Berikut sinopsisnya dari cinema XXI:

Jatuh lebih dalam ke mimpi tanpa akhir. Tanjiro dan kelompoknya telah menyelesaikan pelatihan rehabilitasi mereka di Butterfly Mansion, dan mereka tiba di misi berikutnya dengan Kereta Mugen, di mana lebih dari 40 orang telah menghilang dalam waktu yang sangat singkat. Tanjiro dan Nezuko, bersama dengan Zenitsu dan Inosuke, bergabung dengan salah satu pendekar pedang terkuat di dalam Korps Pembunuh Iblis, Flame Hashira Kyojuro Rengoku, untuk menghadapi iblis di atas Kereta Mugen di jalur menuju keputusasaan

Baca Juga: Nanatsu no Taizai Akan Dapatkan Film Anime Orisinal!

2. Aya to Majo

Aya to Majo atau yang mempunyai judul internasional Earwig and the Witch, merupakan film animasi 3D penuh pertama dari Studio Gibli. Film anime ini mulai ditayangkan di bioskop Jepang pada 30 Desember 2020. Diadaptasi dari novel Diana Wynne Jones, Earwig dan the Witch.

Aya to Majo menceritakan tentang Aya yang merupakan anak yatim piatu dan tinggal di panti asuhan. Ia menikmati hidupnya tersebut. Suatu hari, dia diadopsi oleh keluarga penyihir bernama Bella. Yang Aya tidak sadari, bahwa Bella menyimpan rahasia dan tujuan yang jahat. Petualangan Aya pun mulai setelahnya.

3. Lupin III: The First

Film anime dari manga karangan mendiang Kazuhiko Kato, atau yang memiliki nama pena Monkey Punch. Film ini mulai ditayangkan di bioskop Jepang pada 6 Desember 2019. Film anime ini juga menggunakan animasi 3D secara penuh.

Bercerita tentang sang pencuri gentleman Lupin III yang ikonik, kembali dalam petualangan yang penuh aksi dan melintasi benua. Kali Lupin III dan rekan-rekannya yang berada di dunia hitam berlomba untuk mengungkap rahasia Bresson Diary yang misterius, sebelum jatuh ke tangan komplotan rahasia gelap yang tidak akan berhenti untuk membangkitkan Reich Ketiga. 

4. Ongaku

Film anime ini disutradarai oleh Kenji Iwaisawa dan tayang di bioskop Jepang pada 11 Januari 2021. Ongaku atau yang memiliki judul lain On-Gaku: Our Sound, bercerita tentang band rock yang dibentuk oleh trio punk, namun tidak ada satupun anggota yang memiliki pengalaman sebelumnya dengan alat musik.

5. Kimi to, Nami ni Noretara

Datang dari sutradara serial anime Devilman: Crybaby, Masaaki Yuasa. Film anime ini diproduksi di studio animasi Science SARU. Ditayangkan di bioskop Jepang pada 21 Juni 2019.

Berikut sinopsis resmi dari TOHO selaku distributor filmnya:

Setelah memasuki universitas, Hinako pindah ke kota pesisir pantai. Dia suka berselancar, dan ketika dia di atas ombak dia tak kenal takut, tapi dirinya masih merasa tidak yakin tentang masa depannya. Ketika api menimbulkan kekacauan di kota, Hinako bertemu dengan petugas pemadam kebakaran bernama Minato. Ketika mereka berselancar dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama, Hinako merasa tertarik pada seseorang seperti Minato yang mengabdikan dirinya untuk membantu orang lain. Hinako juga memiliki tempat khusus di hati Minato.

Hanya saja Minato meninggal akibat kecelakaan di laut. Hinako yang patah hati menyanyikan lagu tentang kenangan mereka dan secara mengejutkan Minato muncul dari air.

6. Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu

Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu atau yang mempunyai judul internasional A Whisker Away, merupakan salah satu film anime original Netflix. Film anime ini tadinya direncanakan tayang di Jepang pada 5 Juni 2020. Namun karena pandemi COVID-19, penayangan bioskop film anime ini ditunda dan diputuskan untuk ditayangkan di Netflix secara global (termasuk Indonesia) pada 18 Juni 2020.

Bercerita tentang Miyo “Muge” Sasaki, yang memiliki kepribadian yang cerah dan penuh energi di sekolah dan di rumah. Dia juga jatuh cinta dengan teman sekelasnya, Kento Hinode. Muge mencoba berulang kali untuk mendapatkan perhatian Kento, tetapi ia tidak memperhatikannya. Dia menyadari bahwa satu-satunya cara untuk menjadi dekat dengannya adalah untuk berubah menjadi kucing, tetapi pada titik tertentu, batas antara dirinya sebagai manusia dan kucing menjadi ambigu.

Itu dia 6 film anime yang didaftarkan untuk nominasi kategori film animasi. Menurutmu, dari 6 film anime ini akan ada yang masuk kategori tidak ya? Tulis pendapatmu yuk di kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Si Juki Kembali di 'Si Juki Anak Kosan', Eksklusif di Disney+ Hostar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU