Penting Diketahui, Ini Dia Berbagai Istilah Terkait COVID-19!

Jangan lupa untuk jaga diri kalian, ya!

Penting Diketahui, Ini Dia Berbagai Istilah Terkait COVID-19!

Supaya tidak terpengaruh oleh misinformasi dan hoaks, kamu wajib mengetahui berbagai istilah terkait COVID-19 agar tidak salah kaprah! Ini dia penjelasannya!  

1. Lockdown

Lockdown sejatinya bermakna penguncian seluruh area yang memungkinkan orang untuk masuk dan keluar di dalam lingkungan tersebut. Dalam hal wabah virus COVID-19, area yang menjadi titik persebaran virus tersebut ditutup aksesnya.

2. Isolasi

Untuk kabar virus ini, isolasi bermakna pengucilan diri maupun sekelompok orang dari kontak di dalam satu area agar persebaran virus tidak semakin meluas. Perbedaannya dengan lockdown adalah seberapa besar skala isolasi tersebut.

3. Karantina

Dalam konteks virus corona, karantina berarti area penampungan yang menjadi wadah terpencil demi mencegah pengaruh penyakit tersebut dapan memberi dampak baik ke dalam maupun ke luar area karantina.

Baca Juga: Salah Satu Kebijakan Saat Panik Virus Corona, Apa Itu Lockdown? 

4. ODP

ODP merupakan singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Istilah ini disematkan kepada orang-orang yang diduga pernah melakukan kontak dengan salah satu sumber persebaran virus corona sehingga dilakukan pemantauan sebelum divonis positif atau negatif.

5. PDP

PDP adalah singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Pasien-pasien yang masuk dalam kategori tersebut telah dipantau mengalami gejala-gejala virus COVID-19 sebelum vonis. Yang membuatnya berbeda dengan ODP adalah statusnya yang sudah menjadi seorang pasien.

6. Social Distancing

Dalam konteks wabah COVID-19, social distancing adalah langkah untuk  mencegah persebaran virus tersebut dengan meminimalkan kontak langsung dalam jarak dekat antara penderita maupun orang yang sehat.

7. Work From Home

WFH, atau Work From Home merupakan istilah yang bermakna bekerja dari rumah, yakni kediaman masing-masing. Kebijakan ini disarankan sebagai bagian dari social distancing untuk mencegah persebaran COVID-19.

8. Episentrum

Episentrum adalah titik pusat. Dalam kasus virus COVID-19, episentrum berarti titik pusat penyebaran virus corona, yang dalam hal ini berarti negara-negara inti persebaran virus penyakit tersebut.

Untuk daftar lengkap istilah-istilah yang rawan digunakan dalam kabar tentang COVID-19, kamu bisa membacanya melalui infografis IDN Times di bawah, ya!

Masih ada pertanyaan tentang istilah terkait COVID-19? Bagikan pertanyaanmu melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Proyek Terganggu Virus Corona, Film Minions The Rise of Gru Ditunda!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU