Impresi Metaphor: ReFantazio, Ada Mekanik Simpel tapi Menarik!
Ada mekanik simple tapi menarik di Metaphor: ReFantazio
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Tokyo, Duniaku.com Metaphor: ReFantazio menjadi judul baru yang dirilis oleh ATLUS dan Studio Zero.
Dari art-nya dan dari gaya bermainnya, kamu mungkin merasa familiar dengan Persona? Ya keduanya digarap tim yang sama dan punya nuansa sama.
Kami mencoba 15 menit pertama gamenya, seperti apa kesan dan impresi kami?
1. Tak bisa dipungkiri memang nuansa Persona cukup terasa
Perlu kamu ingat, Metaphor: ReFantazio bukanlah game Persona, tentu saja.
Tapi game ini digarap oleh tim yang juga mengerjakan Persona, bahkan tim pentingnya seperti Katsura Hashino, yang terkenal menggarap seri Shin Megami Tensei dan Persona sejauh ini.
Jadi jika kamu merasa ada "Nuansa" Persona di sini maka kamu tidak salah juga, karena saya pun merasa demikian.
Plus ada juga entitas Demon yang unik dengan satu karakter, khas Shin Megami Tensei dan Persona tentu.
2. RPG tapi bisa menyerang musuh sebelum turn based kalau kamu sanggup
Game RPG turn based seperti ini memang sudah menjadi gaya bermain yang klasik dan khas untuk kebanyakan game ATLUS.
Metaphor: ReFantazio pun demikian, jika menghampiri musuh dan diserang, maka pertarungan turn based akan dimulai.
Yang menarik dan menurut saya bikin alur pertarungannya tidak membosankan, kamu bisa menyerang musuh terlebih dahulu ala hack and slash sebelum masuk ke mode turn based.
Jadi antara kamu serang musuh terlebih dahulu, mereka KO, turn based tak terbuka. Atau menyerang, lawan belum KO, masuk ke mode turn based, tapi HP lawna sudah berkurang dari serangan sebelumnya.
3. Mekanik turn based juga cukup simpel
Sekarang kita lihat mekanik dari pertarungan turn based-nya yang tidak rumit.
Kamu bisa gunakan skill unik tiap karakter di Archetype, menggunakan serangan basic Melee, Guard untuk meningkatkan pertahanan, Pass untuk melewati giliran, atau Synthesis untuk team up dan bisa menggunakan Item.
Mekanik dari pertarungan turn based-nya cukup standar dan umum, tentu mudah untuk diikuti bagi yang sering bermain RPG turn based.
4. Untuk cerita belum banyak yang bisa kita bahas karena baru 15 menit mencoba
Poin sebelumnya selalu soal mekanik pertarungan, bagaimana dengan ceritanya?
Yang pasti cukup unik, kisahnya berlatar di kisah fantasy, bukan seperti Shin Megami Tensei atau Persona yang berlatar di era modern.
Fantasynya era kerajaan medieval, di mana tokoh utama kita sang protagonis harus bertarung untuk melindungi kerajaannya.
Itu dia impresi kami untuk game Metaphor: ReFantazio yang akan rilis tanggal 11 Oktober 2024, bagaimana menurutmu?
Baca Juga: ATLUS FES 2024 Sukses Digelar di Akihabara, Tokyo!