10 Film tentang Pablo Escobar, Sang Gembong Narkoba!

Kisahnya sering diangkat menjadi film

Pablo Escobar, el patrón del mal

Pablo Escobar adalah seorang gembong narkoba asal Kolombia yang terkenal karena kartel ia pimpin telah menyuplai 80 persen kokain yang diselundupkan ke Amerika Serikat. Ia dijuluki sebagai "Raja Narkoba" dan menjadi penjahat paling kaya di dunia.

Namun, hidupnya berakhir sangat tragis karena pada tahun 1993, Escobar ditembak mati oleh Polisi Kolombia tepat di hari ulang tahunnya ke-44. Kisah hidupnya yang cukup fenomenal sering diangkat menjadi film atau serial. Berikut ini daftar film tentang Pablo Escobar.

1. Narcos (2015)

https://www.youtube.com/embed/xl8zdCY-abw

Serial Narcos yang ditayangkan di Netflix ini menceritakan kehidupan Pablo Escobar saat menjadi gembong narkoba. Saat bisnisnya berjalan baik, ia kemudian ingin menjadi Presiden Kolombia. Hal ini tentu membuat banyak tentangan dari masyarakat Colombia dan Amerika Serikat.

2. American Made (2017)

https://www.youtube.com/embed/woE4GQdvu8E

Seorang mata-mata bernama Barry Seal bertemu dengan Pablo Escobar dan Jorge Ochoa saat menjalankan tugasnya. Mereka meminta Barry untuk menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat. Karena imbalan yang tinggi, Barry terus melakukan bisnis narkoba dengan Pablo Escobar.

3. Sins Of My Father (2009)

https://www.youtube.com/embed/kaTDnVrgGSo

Tak hanya Pablo Escobar, sebelumnya, ayah Pablo juga adalah seorang raja narkoba dari Kolombia. Namun, ayahnya terbunuh saat ia berumur 16 tahun. Ia kemudian dendam dengan orang yang membunuh ayahnya tersebut.

Namun, setelah beberapa tahun berlalu, Pablo Escobar mulai berdamai dengan masa lalunya dan ingin menghapus dosa-dosa masa lalunya. Ia bahkan berusaha meminta maaf kepada keluarga korban yang telah ia bunuh.

Baca Juga: 10 Film Adaptasi Novel Stephen King Terbaik, Ngeri!

4. Loving Pablo (2017)

https://www.youtube.com/embed/Y9ni0CghN4s

Loving Pablo  diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Virginia Vajello, seorang reporter yang membagikan kisahnya saat menjalin cinta dengan Pablo Escobar. Keduanya bertemu di sebuah pesta tahun 80-an. Keduanya sudah saling cinta.

Namun, hubungan ini tidak berjalan baik karena Escobar sudah memiliki istri bernama Victoria.

5. Escobar: Paradise Lost (2014)

https://www.youtube.com/embed/CSen29S0DLE

Nick Brady bertemu dengan perempuan bernama Maria dan keduanya menjalin hubungan yang serius. Maria merupakan keponakan dari Pablo Escobar. Awalnya Nick panik mengetahui bahwa paman kekasihnya adalah seorang gembong narkoba. 

Perjalanan cinta Nick dan Maria cukup berliku-liku karena mengalami tekanan dari berbagai pihak. Akankah kisah cinta mereka berakhir indah?

6. The Infiltrator (2016)

https://www.youtube.com/embed/N7_M4hjXW1I

Berdasarkan kisah nyata, The Infiltrator mengisahkan tentang seorang agen Bea Cukai Amerika Serikat bernama Robert Mazur. Ia menyusup ke dalam karel narkoba Pablo Escobar.

Di sana, ia menggunakan nama samaran Bob Musella. Awalnya, ia menjadi anggota kartel bagian pencucian uang. Berkat kepiawaiannya, ia berhasil menguak praktik ilegal yang dilakukan Bank of Credit and Commerce International dam menangkap 85 gembong narkoba yang dicari oleh Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Fakta Lord Krylar di film Ant-Man, Sang Gubernur Kota Axia

7. The Two Escobars (2010)

https://www.youtube.com/embed/PHzixowbbYU

The Two Escobars merupakan film dokumenter yang menceritakan dua pria bernama Andres Escobar dan Pablo Escobar. Meski keduanya memiliki nama belakang yang sama, mereka tidak memiliki hubungan darah sama sekali.

Dokumenter ini menggambarkan kehidupan yang sangat kontras antara Andres yang merupakan pahlawan bagi Negaranya karena berhasil membawa timnas Kolombia masuk Piala Dunia 1994, sedangkan Pablo Escobar merupakan seorang gembong narkoba yang berbahaya.

8. The Private Archives of Pablo Escobar (2004)

https://www.youtube.com/embed/QKrqy4oJVUI

Sutradara Marc de Beaufort membuat dokumenter tentang Pablo Escobar sepuluh tahun sejak kematiannya. Film yang dirilis pada tahun 2004 ini berisikan kekaksian dari para narasumber yang terpercaya.

Kisah Pablo Escobar terkuak dari keluarga dan rekan-rekan dekatnya. Meski seorang gembong narkoba, ia menyumbang jutaan uangnya kepada orang miskin di lingkungannya. Narasumber juga menceritakan bahwa Escobar kerap kali melakukan pembunuhan dan membuat negaranya berada dalam konflik serius.

9. Blow (2001)

https://www.youtube.com/embed/scWkP1GdnuU

Derek, George dan Tuna memiliki penghasilan cukup besar dengan menjual ganja. Mereka menjual bisnis ilegalnya ini di wilayah Boston. Suatu hari, George ditangkap oleh polisi dan Tuna melarikan diri.

Saat dibebaskan George, kemudian pergi ke Kolombia dan bertemu dengan Pablo Escobar. Keduanya kemudian setuju untuk bekerja sama.

10. Cocaine Godmother (2017)

https://www.youtube.com/embed/cIefEWw2Fng

Griselda Blanco tumbuh dengan penuh kesulitan dan kemiskinan di Kolombia. Saat beranjak dewasa, ia tinggal di Amerika Serikat bersama suaminya. Ia kemudian menjadi seorang penyelundup kokain. 

Terjun sebagai penyuplai kokain yang cukup besar dan bekerja sama dengan Pablo Escobar, Griselda kemudian dijuluki sebagai ratu kartel kokain yang paling disegani di dunia.

Itu dia daftar film tentang Pablo Escobar, sang gembong narkoba yang fenomenal. Kisahnya sering diangkat menjadi film atau dokumenter karena penuh kontroversi dan kekuasaannya cukup luas.

Baca Juga: 6 Kelemahan Film Ant-Man and The Wasp: Quantumania

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU