Benarkah Soul Stone Adalah Bahan Ramuan Kerajaan Wakanda?

Benarkah Soul Stone yang dirumorkan berada di kerajaan Wakanda adalah ramuan ajaib yang diperuntukkan khusus untuk para raja? Simak pembahasannya!

Benarkah Soul Stone Adalah Bahan Ramuan Kerajaan Wakanda?

Benarkah Soul Stone Adalah Bahan Ramuan Kerajaan Wakanda? Sumber : comicvine.gamespot.com[/caption]

Benarkah Soul Stone yang dirumorkan berada di kerajaan Wakanda adalah ramuan ajaib yang diperuntukkan khusus untuk para raja? Seperti apa wujudnya? Mari kita bahas bersama!

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, banyak fan yang berspekulasi bahwa batu dengan atribut roh ini berada di Wakanda. Dugaan itu sendiri didasarkan dengan adanya cuplikan adegan di mana terjadi perang besar antara Thanos dengan pasukan Wakanda yang dibantu tim Captain America.

[duniaku_baca_juga]

Tujuan Thanos sendiri tak mungkin hanya sekedar memulung vibranium seperti kebanyakan penjahat lain. Sejak awal, hal yang dia inginkan hanyalah batu ajaib tersebut. Jadi hampir bisa dipastikan, Soul Stone memang berada di Wakanda.

Eits! Akan tetapi, sebelum membahas Soul Stone, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu salah satu film MCU yang akan menjadi pembukaan laga kolosal Avenger : Infinity War, yaitu Black Panther!

Dijelaskan dalam komiknya, Black Panther adalah superhero yang aslinya adalah seorang raja dari negeri super modern bernama Wakanda. Wilayah ini bisa makmur dan mampu mencapai peradaban canggih berkat mineral istimewa bernama vibranium yang menjadi bahan kostum Black Panther dan perisai milik Captain America.

Benarkah Soul Stone Adalah Bahan Ramuan Kerajaan Wakanda?[read_more id="356684"]

Dalam aturan kerajaan, seorang putra mahkota baru dianggap layak menjadi seorang raja jika lulus ujian dan telah meminum ramuan ajaib yang memberi kekuatan. Nah dalam trailer Black Panther, T’Challa diperlihatkan bertemu dengan entitas binatang misterius yang disebut Panther God.

Ramuannya sendiri berupa daun berbentuk hati yang hanya tumbuh di Wakanda akibat mutasi yang disebabkan radiasi vibranium yang tertanam dalam tanah. Calon raja baru bisa memakan ramuan ini setelah bisa mengalahkan raja sebelumnya dan enam prajurit terhebat milik Wakanda.

Biasanya setelah bertemu Panther God, sang putra mahkota akan mendapatkan kekuatan dan kelincahan layaknya macan kumbang. Dengan demikian, T’Challa baru bisa memerintah sebagai raja dan beraksi sebagai Black Panther.

Namun benarkah tanaman hasil mutasi genetik ini murni membuat T’Challa bisa berkomunikasi dengan entitas tersebut? Penulis berpendapat dalam versi filmnya nanti, ada kemungkinan ramuan ajaib Wakanda ini memiliki campuran Soul Stone meskipun dalam jumlah dosis kecil yang aman untuk manusia.

Alasannya sendiri adalah kekuatan yang dimiliki Soul Stone inilah yang membuat T’Challa alias Black Panther bisa berhubungan dengan Panther God dalam trailer filmnya. Para pembuat ramuan kemungkinan sudah memperhitungkan dosis yang bisa ditahan calon raja agar tak sampai overdosis.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/17/lokasi-semua-infinity-stone/" title="Mau Tahu Lokasi Mana Saja yang Akan Didatangi Thanos?"]

Dari sinilah, penulis memperkirakan bahwa Soul Stone yang dicari Thanos adalah salah satu bahan ramuan khusus raja yang berasal dari meteor yang jatuh di Wakanda. Hanya saja keluarga kerajaan menggunakan batu ini sedikit demi sedikit mengingat kekuatan Infinity Stone sendiri tak bisa ditahan makhluk kelas rendah seperti manusia.

Hal itulah membuat T’Challa tak memiliki kekuatan manipulasi jiwa meskipun mengkonsumsi Soul Stone dalam ramuan ajaib itu. Ia hanya bisa berkomunikasi dengan entitas gaib Panther God berkat pengaruh batu tersebut.

Ini dia ramuan yang digunakan dalam penobatan raja ala Wakanda[/caption]

Terus bentuknya sendiri seperti apa? Menurut spekulasi beberapa fans, ada kemungkinan bentuk Soul Stone sendiri mengambil bentuk ramuan raja Wakanda, yaitu batu berbentuk hati yang berasal dari pecahan meteorit yang bercampur dengan vibranium.

Kalau kamu bertanya: "Batu kok cair?" ingat saja kalau Aether pun sifatnya liquid.

Benarkah Soul Stone Adalah Bahan Ramuan Kerajaan Wakanda?

Teori ini bisa dibilang masuk akal mengingat logam komoditi Wakanda ini juga berasal dari meteorit yang jatuh dari langit. Batu inilah digunakan oleh keluarga kerajaan dalam ramuan mereka dan diamankan dalam ruangan berkeamanan super. Lokasinya sendiri bisa jadi akan diungkap dalam film Black Panther yang akan tayang Februari mendatang.


Ada yang berasumsi Panther God adalah jelmaan Soul Stone itu sendiri. Benarkah? Klik halaman selanjutnya!

Penampakan Panther God di trailer Black Panther[/caption]

Akan tetapi, ada juga teori liar yang mengatakan bahwa Panther God adalah jelmaan dari Soul Stone itu sendiri. Tak mustahil hal itu bisa terjadi mengingat MCU cenderung memasukkan konsep artefak lain ke dalam asal-usul Infinity Stone.

[duniaku_baca_juga]

Contohnya, bentuk Space Stone diadaptasi dari Cosmic Cube. Lalu, Eye of Agamotto yang sebelumnya hanya dikenal sebagai artifak warisan milik Doctor Strange dalam komiknya,  sekarang diperkenalkan sebagai Time Stone. Padahal dalam komiknya, baik Space Stone dengan Cosmic Cube dan Eyes of Agamotto dengan Time Stone tak memiliki hubungan sama sekali.

Jika kita melihat polanya, tak menutup kemungkinan Soul Stone akan diperkenalkan sebagai batu pertama yang mengambil wujud makhluk hidup. Tentu saja, Thanos akan langsung bergerak menyerang Wakanda begitu tahu benda yang dicarinya adalah entitas yang bersemayam di negeri tersebut.

Jadi, spekulasi mana yang benar?

He said, "Saya saja kurang tahu, Mas."[/caption]

Kita hanya bisa menantikan jawabannya dalam film Black Panther dan Avenger : Infinity War yang akan tayang tahun depan nanti. Semoga saja pembahasan ini bisa memberi kita sedikit petunjuk mengenai wujud Soul Stone yang paling misterius di antara Infinity Stone lain.

Itulah hasil kesimpulan dari pembahasan wujud Soul Stone. Jika ada pendapat lain, tambahkan dalam kolom komentar, yah!

Diedit oleh Fachrul Razi

 

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU