Review The Invitation, Kisah Horor Pernikahan Keluarga Vampire

Empat keluarga harus bersatu, atau mereka semua musnah

Review The Invitation, Kisah Horor Pernikahan Keluarga Vampire

Sebelum akhirnya menggarap Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Sam Raimi sebenarnya sedang mengerjakan sebuah film horor bersama Robert Tapert. Film horor tersebut diberi judul The Bride. Sayangnya karena terbentur jadwal shooting yang padat, Raimi dan Tapert keluar dari proyek tersebut.

Pada tahun 2020, proyek film yang tidak selesai tersebut dilanjutkan oleh Sony. Mereka menunjuk Jessica M. Thompson untuk melanjutkan proyek tersebut. Ditangan Jessica, judul film tersebut berganti menjadi The Invitation, begitupun dengan karakter dan pemerannya.

Ingin tahu seperti apa jadinya film horor ini tanpa Raimi? Kamu bisa simak review The Invitation di bawah ini.

1. Undangan pernikahan dari saudara yang hilang

Review The Invitation, Kisah Horor Pernikahan Keluarga VampireDok. Sony

Evie Jackson (Nathalie Emmanuel) adalah seorang gadis sebatang kara setelah ibunya meninggal dunia. Suatu ketika ia melakukan tes DNA pada sebuah event di tempatnya bekerja. Segera setelah Evie melakukan tes DNA, ia mendapatkan pesan dari Oliver Alexander (Hugh Skinner) yang mengaku sebagai sepupunya.

Oliver memintanya bertemu, Evie terpesona dengan keramahan Oliver yang menceritakan kisah neneknya, Emmaline Alexander. Singkat cerita, Oliver mengajak Evie menghadiri pesta pernikahan keluarga mereka di Inggris. Evie dengan mudahnya menyetujui ajakan Oliver tanpa tahu apa yang sudah menunggunya.

Lokasi pernikahan ada di desa pinggiran Inggris dan Evie terpesona dengan pemilik rumah, Walter DeVille (Thomas Doherty). Tak butuh waktu lama bagi Evie untuk jatuh hati dan terpikat dengan ketampanan Walter. Sampai ketika Walter mengumumkan ia akan menikahi Evie, sebuah rahasia gelap mulai terungkap.

Evie menemukan kenyataan bahwa leluhurnya, keluarga Alexander bersama dua keluarga lainnya ternyata membuat perjanjian dengan Walter yang merupakan vampir. Tiga keluarga itu menyediakan keturunan perempuan untuk dipersembahkan sebagai istri Walter. Namun, keluarga Alexander hanya memiliki garis keturunan laki-laki, sampai mereka tahu bahwa ada Evie.

Lantas bagaimana nasib Evie? Akankah ia selamat atau justru ia menjadi pengantin Walter seperti yang Oliver rencanakan?

Baca Juga: Review Mumun, Nostalgia Sinetron Horor Indonesia

2. Kisah menarik yang kurang tergali dalam

Review The Invitation, Kisah Horor Pernikahan Keluarga VampireDok. Sony

The Invitation sebenarnya memiliki banyak potensi menarik. Apalagi kalau melihat dari sudut pandang legenda Vampire yang akhir-akhir ini jarang disentuh oleh para sineas. Sayangnya potensi tersebut tenggelam begitu saja karena lupa digali atau sengaja tidak digali oleh Blair Butler selaku penulis cerita.

Salah satu yang tidak tergali dengan baik adalah, apa hubungan ketiga keluarga dengan keluarga DeVille Kemudian kenapa mereka harus menikah untuk menjaga kekuatan mereka? Terus, mengapa hanya ada empat Vampire, sementara pengikut setianya yang lain tetap dibiarkan menjadi manusia?

Apa saja kekuatan para Vampire ini, kecuali hidup abadi dan tidak takut pada manusia tentunya. Selain itu kenapa ada burung aneh yang kerap menabrak kaca rumah DeVille, hingga akhirnya dibuatkan kerangkeng khusus.

Selain pertanyaan di atas, kami juga mendapati kalau teror di dalam film ini juga terasa generik. Apalagi setelah kita tahu apa yang menggerakan berbagai aktivitas spiritual di dalam rumah ini, seluruh teror tersebut terasa jadi biasa saja.

Sebenarnya teror pengantin yang berujung pada “bunuh-bunuhan” ini kerap digunakan Hollywood dalam film-film thriller yang mengedepankan tropes “Damsel in Distress”. Bahkan di tahun 2019 kita pernah disuguhi Ready or Not yang merupakan garapan Matt Bettinelli-Olpin. Tapi Ready or Not memiliki cerita yang lebih matang dengan kesan yang lebih lengkap pula.

Jadi sebenarnya kesempatan untuk membuat legenda baru keluarga Vampire yang apik, dilewatkan begitu saja oleh The Invitation. Coba Jessica M. Thompson dan Blair Butler lebih serius dalam menggarap kisah The Invitation, film ini pasti bisa jadi sebuah batu loncatan untuk franchise Vampire anyar dari Sony.

3. Kesimpulan akhir The Invitation

Review The Invitation, Kisah Horor Pernikahan Keluarga VampireDok. Sony

Meskipun memiliki kekurangan di sana sini, tapi The Invitation merupakan sebuah film ringan horor thriller yang bisa dinikmati siapapun tanpa terkecuali. Hasilnya kami tidak banyak mengeluh sepanjang film, meskipun sedikit gemas melihat berbagai potensi cerita yang lewat begitu saja.

Mulai dari hubungan kekuatan Vampire dengan pernikahan empat keluarga. Salam keluarga yang tidak dijelaskan juga apa maksudnya. Kekuatan Vampire yang tidak terlalu terlihat. Dan masih banyak lagi.

Untunglah The Invitation masih bisa dinikmati dengan santai sehingga kami masih bisa memberikan nilai 3 dari 5 bintang review untuk film The Invitation ini. Sebuah film Vampire yang bisa ditonton semua orang dengan mudah, tanpa harus takut dengan kisah Vampire kelam seperti yang hadir di Interview With The Vampire.

Baca Juga: Review JoJo’s Bizarre Adventure: All-Star Battle R, Adu 2.5D! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU