Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!

Bikin banjir air mata

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!

Semakin hari industri perfilman tanah air terlihat semakin maju. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya film-film berkualitas yang terus diproduksi. Film-film berkualitas tersebut pun terdiri dari berbagai macam genre menarik.

Salah satu genre yang menjadi favorit di kalangan pecinta film Indonesia adalah drama dan romance. Kedua genre tersebut digemari karena memang menampilkan jalan cerita yang sedih dan sangat menguras emosi. Berikut kami tampilkan rekomendasi film sedih Indonesia yang wajib ditonton.

1. Keluarga Cemara

Rekomendasi film sedih Indonesia urutan pertama ada film yang diangkat dari sebuah serial televisi tahun 90-an, yakni Keluarga Cemara. Filmnya sendiri berfokus pada Abah dan keluarganya yang pindah ke desa terpencil di Jawa Barat. Para penonton dijamin akan ikut merasakan perasaan emosional seiring dengan berbagai macam permasalahan yang muncul pada keluarga kecil tersebut. 

Baca Juga: Rekomendasi 11 Film Romantis Thailand, Gemas Banget!

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (Visinema Pictures/ Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini)

Masih menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga, kali ini ada film sedih Indonesia berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini yang dirilis pada 2020 kemarin. Film yang diangkat dari sebuah novel berjudul serupa karangan Marchella FP ini banyak menuai pujian. Fokus ceritanya sendiri mengisahkan tentang satu keluarga yang saling menyimpan rahasia.

3. Habibie & Ainun

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Habibie & Ainun (Dok. MD Pictures)

Kali ini rekomendasi film sedih Indonesia selanjutnya diangkat dari perjalanan kisah asmara Presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie dan istrinya, Ainun. Berjudul Habibie & Ainun, film ini memperlihatkan perjalanan cinta keduanya dari awal hingga akhir hayat. Film ini pun sukses besar dan menjadi salah satu film yang sangat menguras air mata.

4. Surga yang Tak Dirindukan

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!(Dok. MD Pictures)

Selanjutnya ada film sedih Indonesia berjudul Surga yang Tak Dirindukan yang diangkat dari novel berjudul serupa karya Asma Nadia. Filmnya sendiri mengangkat kisah yang cukup menyayat hati, yaitu tentang cinta dan poligami. Film ini pun sempat menjadi salah satu film tersukses pada saat penayangannya 2015 lalu.

5. Critical Eleven

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Critical Eleven (Legacy Pictures/ Critical Eleven)

Masih tentang film yang diangkat dari sebuah novel, kali ada Critical Eleven yang ditulis oleh Ika Natassa. Ceritanya mengangkat tema tentang sepasang suami istri yang saling mencintai. Namun keduanya sadar bahwa kehidupan pernikahan tidak seindah itu saat banyak masalah mulai menerpa. 

6. Heart

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Heart (Starvision Plus/ Heart)

Film sedih Indonesia yang berjudul Heart ini menjadi salah satu film legendaris yang juga sangat menguras emosi. Dibintangi oleh Nirina Zubir, Irwansyah dan Acha Septriasa, ketiganya mampu membuat para penonton terhipnotis dengan kisahnya. Film yang dirilis pada tahun 2006 ini banyak digemari oleh penonton dan masih sering diperbincangkan sampai sekarang.

7. Ayat-Ayat Cinta

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!poster ayat-ayat cinta (Dok. MD Entertainment)

Kali ini ada film sedih Indonesia garapan sutradara Hanung Bramantyo yang berjudul Ayat-Ayat Cinta. Film yang dirilis pada tahun 2008 ini sempat populer dan sukses besar karena menampilkan cerita yang menarik. Kisahnya sendiri berfokus pada sepasang suami istri di Kairo yang tengah dilanda sebuah masalah besar. 

8. Twivortiare

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Twivortiare (MD Pictures/ Twivortiare)

Lagi-lagi dari kisah yang bertemakan tentang pasangan suami istri, kali ini ada film sedih Indonesia berjudul Twivortiare garapan sutradara Benni Setiawan. Film ini memperlihatkan peliknya kehidupan pernikahan dari pasangan muda. Sepasang suami istri yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Raihanun itu diceritakan tidak bahagia dengan pernikahannya karena besarnya ego dari masing-masing pihak. 

9. Surat Kecil untuk Tuhan

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Surat Kecil Untuk Tuhan (Skylar Pictures/ Surat Kecil Untuk Tuhan)

Film sedih Indonesia yang satu ini sempat booming pada awal-awal penayangannya karena menampilkan cerita yang menguras air mata. Dengan dibintangi oleh Dinda Hauw, film ini menceritakan tentang seorang gadis berusia 13 tahun yang menderita kanker jaringan lunak. Para penonton dijamin banjir air mata saat melihat perjuangan gadis tersebut dalam mengalahkan penyakitnya.

10. Radit dan Jani

Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Nguras Emosi Banget!Radit dan Jani (IFI Sinema/ Radit dan Jani)

Di urutan ke-10 ada film paling ramai diperbincangkan pada tahun 2008, yaitu Radit dan Jani. Bertema tentang kisah romansa anak muda yang salah pergaulan, film ini berfokus pada tokoh Radit dan Jani yang nekat menikah meski tanpa restu orang tua. Kehidupan pernikahan yang sulit ditambah lingkungan yang keras membuat Radit harus mati-matian dalam membahagiakan istrinya. 

Itulah 10 rekomendasi film sedih Indonesia yang sangat menguras air mata. Dari 10 film diatas, mana menurutmu yang paling sedih? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Rekomendasi 11 Film Romantis Thailand, Gemas Banget!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU