Yuk Kenalan! Ini 7 Fakta OPFCI, One Piece Fans Club Indonesia!

Salah satu fandom One Piece tertua di Indonesia!

Yuk Kenalan! Ini 7 Fakta OPFCI, One Piece Fans Club Indonesia!

Kalau kalian penggemar One Pieceapa kalian sudah pernah mendengar tentang OPFCI alias One Piece Fans Club Indonesia? Kalau belum, yuk kenalan!

Di artikel ini kami akan mengulas tentang 7 fakta OPFCI, salah satu fandom One Piece terbesar di Indonesia!

1. Baru saja berulang tahun, OPFCI lahir pada 9 Juni 2007! Sejak era Friendster!

Yuk Kenalan! Ini 7 Fakta OPFCI, One Piece Fans Club Indonesia!Friendster/One Piece Fans Club Indonesia

Belum lama ini, One Piece Fans Club Indonesia berulang tahun yang ke-14! Happy Birthday!

Kalian perlu tahu, komunitas ini sudah lahir sejak era Friendster, tepatnya pada tanggal 9 Juni 2007. Jadi wajar saja jika komunitas ini disebut sebagai salah satu yang tertua!

Pendiri One Piece Fans Club Indonesia yang bernama Juanda Anwar mengaku bahwa komunitas ini didirikan dulu karena di Friendster belum ada forum diskusi One Piece yang berbahasa Indonesia.

Siapa sangka? Komunitas "iseng" ini terus berkembang hingga menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dan bisa bertahan selama 14 tahun!

2. Anggotanya mencapai 150 ribu orang!

Hingga saat ini, anggota fandom OPFCI ini telah mencapai 150 ribu orang di grup dan 3000 lebih pengguna Facebook menyukai halaman One Piece Fans Club Indonesia.

Ini tentu saja tidak menghitung anggota dari grup lama yang telah hilang dan tidak berkeliaran lagi di grup!

Banyak sekali, bukan?

Perlu kalian tahu, anggota One Piece Fans Club Indonesia ini tersebar di berbagai belahan Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua pun ada!

Tak jarang, anggota One Piece Fans Club Indonesia ini saling bertemu satu sama lain untuk bersilaturahmi dan, tentunya, berbincang panjang lebar tentang segala hal yang berkaitan dengan One Piece.

3. Berkali-kali ganti grup, tapi masih bertahan!

Seperti disinggung sebelumnya, grup ini sempat memiliki grup lama yang kini telah hilang dan tenggelam oleh waktu.

Berawal dari grup di Friendster yang kehilangan popularitasnya, anggota OPFCI beralih ke Facebook yang lebih ramai digunakan waktu itu.

Format grup di Facebook pada awal dekade lalu juga sempat berubah menjadi halaman sehingga One Piece Fans Club Indonesia harus membuat dua tempat untuk berinteraksi, yaitu halaman dan grup Facebook.

Tak cuma itu, salah satu admin Facebook OPFCI juga sempat dibajak oleh sekelompok orang yang menyebut diri mereka Akatsuki dan mengacaukan grup yang sudah ada.

Alhasil, para admin dan anggota grup tersebut terpaksa pindah ke grup yang mereka sebut dengan istilah "pindah kapal".

Biarpun berkali-kali bangkit dan tenggelam, grup One Piece Fans Club Indonesia ini berhasil bertahan hingga sekarang dan tetap menjadi salah satu fandom terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Ngobrol Santai Bareng Penerjemah Indonesia untuk Library of Ohara!

4. Punya grup cabang khusus cewek juga lho!

Yuk Kenalan! Ini 7 Fakta OPFCI, One Piece Fans Club Indonesia!Dokumentasi One Piece Fans Club Indonesia

Sekitar Agustus 2015 lalu, beberapa anggota wanita One Piece Fans Club Indonesia berinisiatif untuk membuat grup cabang OPFCI yang dinamai Kuja OPFCI!

Tentu saja, nama grup mereka terinspirasi dari Suku Kuja di dunia One Piece yang juga seluruhnya dihuni oleh wanita.

Grup ini kemudian secara terbuka mengundang para anggota wanita di OPFCI untuk ikut serta agar bisa membicarakan topik-topik tertentu tanpa diganggu oleh para prianya.

Tak hanya Kuja, di OPFCI sendiri ada grup cabang lain yang dibuat seperti kelompok Warung Pojok OPFCI (WPO) dan Oikgerd Fans Club Indonesia yang anggotanya pastinya anak OPFCI juga!

Entah apa tujuannya, tapi yang jelas mereka semua tetap satu keluarga di bawah naungan bendera bajak laut OPFCI!

5. Sempat punya webforum sendiri juga!

Tak cuma berkiprah di Facebook dan Friendster, One Piece Fans Club Indonesia ini bahkan juga sempat membuat webforum yang serupa dengan Kaskus atau Indowebster dengan alamat www.opfci.net.

Sayangnya akibat tidak ada tenaga yang bisa mengurus situs tersebut, forum OPFCI terpaksa dilenyapkan dan hanya menyisakan grup dan halaman Facebook saja untuk saat ini.

Pada masanya, para ahli teori One Piece di Indonesia sempat berkumpul di forum tersebut dan membincangkan segala hal terkait One Piece.

Akankah suatu hari nanti mereka membangkitkannya lagi?

6. Sudah beberapa kali melakukan gathering di segala penjuru Indonesia

Yuk Kenalan! Ini 7 Fakta OPFCI, One Piece Fans Club Indonesia!Dokumentasi One Piece Fans Club Indonesia

Sudah kami bahas sebelumnya, komunitas OPFCI ini cukup sering melakukan gathering atau kopi darat sesama anggotanya dalam berbagai kesempatan.

Tak hanya di Pulau Jawa, kegiatan gathering komunitas ini juga terkadang dilakukan beberapa kali di luar Jawa lho!

Wajar saja, anggota One Piece Fans Club Indonesia ini tersebar di seluruh Indonesia. Jadi bisa dibilang, jika diinginkan kita bisa dengan mudah bertemu dengan anggota OPFCI di penjuru tanah air!

Sayangnya, pandemi COVID-19 ini jadi membuat frekuensi gathering antar anggota berkurang drastis. Semoga pandemi ini lekas berakhir, ya!

7. Banyak event yang sudah dilakukan!

Yuk Kenalan! Ini 7 Fakta OPFCI, One Piece Fans Club Indonesia!Dokumentasi One Piece Fans Club Indonesia

Tak hanya gathering komunitas, OPFCI juga sering mengadakan event berhadiah seperti tarung tulis yang melombakan penulisan artikel One Piece, nonton bareng bersama komunitas lain, dan juga lomba gambar.

Hadiahnya tentu bermacam-macam, mulai dari yang sesederhana pulsa hingga hadiah kaos dan Action Figure!

Beragam event yang dibuat di OPFCI inilah yang kemudian berhasil menelurkan beberapa ahli teori One Piece di Indonesia, seperti Tonyohoho, Oikgerd, Lempok Durian, dan juga Calgara.

Kalau kalian tertarik, bisa dicoba ikutan juga lho!

Apa kalian sudah tergabung dalam grup ini atau malah bergabung dengan grup One Piece yang lain? Coba sampaikan kesan kalian bergabung pada grup One Piece kalian di kolom komentar di bawah ini ya!

Baca Juga: Ngobrol Santai Bareng Acong, Ilustrator yang Gambarnya Mirip Oda!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU