13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!

Padahal biasanya nebak cerita Oda itu susah

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!

Mencetuskan teori One Piece yang beneran terwujud itu sulit. 

Penyebabnya adalah Oda kadang menaruh twist tersendiri, sehingga kejadian tak berlangsung sesuai dengan ekspektasi penggemar.

Berhubung saya termasuk sering membuat teori anime dan manga, saya merasakan sendiri kalau Oda termasuk penulis yang sulit ditebak. 

Namun, hingga 2022, ada beberapa teori populer penggemar One Piece yang terbukti benar. Sebelum terwujud, saya rasa kalau kamu aktif di komunitas One Piece, kamu akan melihat teori-teori ini diangkat di forum, Facebook, atau Reddit. Terus ternyata kejadian beneran.

Apa saja sih? Ini contohnya! 

1. Sabo tidak mati di masa lalu

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!crunchyroll.com/One Piece

Ketika Luffy mengalami masa duka setelah kematian Ace, kita melihat kilas balik ketika Luffy dan Ace masih kecil. Di sini ternyata bukan hanya Luffy dan Ace, melainkan ada satu orang lagi, yaitu Sabo, kakak Luffy yang lain.

Di kilas balik itu, Luffy dan Ace mengetahui bahwa Sabo mati ketika dia ingin mengarungi lautan dan kapal kecilnya itu diserang oleh kapal Tenryuubito

Pada saat itu, banyak penggemar yang tidak percaya dengan kematian Sabo. Menurut para penggemar, tidak mungkin Oda memperkenalkan karakter semenarik Sabo dan hanya dibuat untuk mati saja.

Lalu jawabannya benar saja, di alur cerita Dresrossa, Sabo kembali bertemu dengan Luffy, dan ternyata dia mengalami hilang ingatan setelah kejadian yang membuat dirinya dikira mati, dan bergabung dengan anggota pasukan Revolusioner.

2. Portgas D. Ace bukanlah kakak kandung Luffy

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!funimation.com/One Piece

Ace pertama kali diperkenalkan di alur cerita Alabasta. Di sini, Ace mengejutkan anggota Topi Jerami lainnya dengan kehadiran dan pengakuannya yang mengatakan bahwa dia adalah kakak dari Luffy.

Saat Ace mengaku sebagai kakak dari Luffy, dari penampilan mungkin masih oke, karena rambutnya yang sama-sama hitam dan juga sifatnya yang ceria dan terkesan bodoh serta rakus dengan makanan.

Meskipun begitu, di masa-masa awal kemunculan Ace itu, banyak penggemar yang membuat teori bahwa Ace bukanlah kakak kandung dari Luffy. Hal yang membuat mereka memikirkan teori ini karena nama keluarga Ace. Bukannya Monkey, justru Portgas, meskipun ada D di sana.

Terbukti, ternyata Ace memang bukan kakak kandung Luffy, melainkan kakak ketemu gede bersama dengan Sabo.

3. Lola adalah anak dari Big Mom

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Lola memiliki peran yang penting untuk petualangan Topi Jerami di alur cerita Thriller Bark.

Di akhir alur cerita juga Lola memberikan sebuah Vivre Card, dan dia berkata itu milik ibunya, dan ibunya adalah karakter yang cukup penting di Dunia Baru.

Melihat penampilannya, banyak para penggemar yang memperkirakan, ibu dari Lola yang memiliki Vivre Card itu adalah Big Mom, salah satu Yonko yang sangat diperhitungkan. Terutama karena Big Mom memang salah satu bajak laut perempuan yang penting di Oe Piece

Kemudian terjawab bahwa Lola memang putri dari Big Mom, atau Charlotte Linlin, seorang Yonko yang sangat terkenal.

4. Sanji adalah seorang pangeran

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!Sanji dengan Raid Suit. (Toei Animation/One Piece)

Dari semua anggota Topi Jerami, pada awal diperkenalkan, masa lalu Sanji adalah yang paling misterius. Kita memang tahu bahwa dia dibesarkan di Baratie, dan dia bersama Zeff pernah kelaparan di sebuah pulau.

Tapi dulu ada teori soal Sanji. Terutama karena julukan yang dia pilih di Alabasta, "Mr. Prince." 

Teori yang paling terkenal adalah Sanji merupakan pangeran dari salah satu kerajaan di North Blue. Seperti cerita-cerita kerajaan dalam beberapa kisah, dikisahkan sang pangeran kabur dari kerajaannya, itu teori penggemar One Piece.

Nyatanya? Sanji memang seorang pangeran dari keluarga kerajaan Germa, dan Sanji memang benar-benar lari dari kerajaannya.

5. Poseidon adalah Shirahoshi

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!Shirahoshi di versi anime. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Senjata Kuno di One Piece adalah tiga senjata berbahaya yang mampu menciptakan kekacauan dan pembantaian masal. Ada tiga jenis, yaitu Poseidon, Pluton, dan Uranus.

Membahas soal Poseidon, pertama kali Senjata Kuno ini disebut saat Robin membaca Poneglyph di Skypiea. Masih belum ada informasi lebih lanjut tentang Poseidon, sampai akhirnya Topi Jerami datang ke pulau manusia ikan, dan mengetahui fakta bahwa Poseidon adalah seorang putri duyung (seorang putri kerajaan) yang bisa berbicara dengan Sea King pada masa Void Century.

Para penggemar yang mengetahui fakta tersebut, langsung berbondong-bondong membuat teori, bahwa kekuatan Poseidon diturunkan pada putri duyung di era itu, yaitu Shirahoshi. Menurut teori tersebut, Shirahoshi hanya belum mampu mengendalikan kekuatannya. Singkat cerita, terkuaklah bahwa Shirahoshi memang Poseidon, dan dia bisa berbicara dengan Sea King yang kuat dan berbahaya.

6. Setelah keluar dari Angkatan Laut, Kuzan akan bekerja sama dengan kekuatan besar dunia

Seorang penggemar di YouTube pernah memberikan teori, yaitu hubungan Kuzan alias Aokiji dengan salah satu karakter penting di Dunia Baru. Dia mengatakan, kemungkinan besar seorang Yonko.

Di forum-forum, teori ini semakin berkembang, dan akhirnya lahir sebuah kemungkinan. Kemungkinan tersebut adalah tentang rahasia Kuzan yang cukup misterius, seakan dia memiliki agenda sendiri di balik semua tindakan yang ia perbuat.

Singkat cerita, teori mengarah kepada sebuah kesimpulan, yaitu Kuzan tidak akan terus bekerja sendiri, dan suatu saat akan bekerja dengan kekuatan besar, diprediksi antara Shanks maupun Blackbeard.

Faktanya, hal itu benar-benar terjadi! Kuzan benar-benar bekerja sama dengan karakter yang kuat dan sangat berpengaruh, bukan Shanks, melainkan Blackbeard! Hal ini diperlihatkan dalam chapter 720 dan anime episode 650, dan dikonfrimasi oleh Gorosei di chapter 793.

7. Prediksi kalau Gear 4 akan mirip-mirip Nightmare Luffy dan memiliki beberapa wujud

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!Toei Animation/One Piece

Penggemar memprediksi berdasarkan kedua Gear sebelumnya, yaitu Gear 2 dan Gear 3. Dalam Gear 2, Luffy memanipulasi darah di tubuhnya, sedangkan dalam Gear 3, dia memanipulasi tulang yang ia miliki.

Prediksi mengatakan, setelah darah dan tulang, maka berikutnya adalah daging atau otot. Diprediksi, Luffy akan memiliki otot besar seperti Nightmare Luffy, dan nantinya, bentuk Gear 4 ini akan memiliki beberapa bentuk, mengingat tubuh ini besar dan berotot.

Teori tersebut benar-benar terjadi! Gear 4 Luffy memang mengandalkan otot, dan lengkap dengan fisik yang besar seperti Nightmare Luffy. Selain itu, Gear 4 memiliki beberapa bentuk yang berbeda.

8. Kanjuro adalah pengkhianat Akazaya Nine

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!onepiece-treasurecruise.com

Dulu, saat kita dibikin bertanya-tanya siapa pengkhianat Akazaya Nine, para penggemar One Piece di Facebook dan Reddit biasanya ada satu nama yang dicurigai yaitu Kanjuro.

Mulai dari karena Kanjuro tampak santai-santai saja meski ia seharusnya ditahan di Dressrosa, hingga ia tampak yang paling tak membantu saat kelompok sampai di Wano.

Nah kemudian terungkap kalau ternyata benar, Kanjuro adalah pengkhianat. 

9. Kyoshiro sebenarnya adalah Denjiro

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!Toei Animation/One Piece

Apa kamu masih ingat masa-masa di mana penggemar One Piece dibuat kebingungan soal Denjiro?

Banyak yang menduga Denjiro menggunakan identitas lain di masa sekarang. Ada teori kalau Denjiro adalah Kyoshiro si bos Yakuza. Teori populer lain adalah Denjiro merupakan Koshiro si guru Zoro.

Ternyata teori yang benar adalah Kyoshiro merupakan Denjiro. Ia tak dikenali karena bentuk wajahnya berubah setelah dia mengamuk karena kematian Oden. 

10. Koushirou, ayah Kuina, memiliki kaitan dengan klan Shimotsuki dari Wano

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!onepiece.fandom.com

Koushirou adalah guru Zoro dan ayah dari Kuina. Dia memiliki simbol klan Shimotsuki di pakaiannya.

Dulu, di Alabasta, kita juga pernah melihat kilas balik Zoro. Di situ, Koushirou mengajarkan prinsip yang ternyata adalah prinsip Ryuo di Wano.

Ternyata, Oda kemudian mengungkap di SBS kalau Desa Shimotsuki, desa Kuina, itu tadinya didirikan oleh Shimotsuki Kozaburo sang pencipta Enma dan Wado Ichimonji. Lalu Koushirou ya ternyata keturunan dari Kozaburo. 

11. Kozuki Sukiyaki adalah Tenguyama Hitetsu

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!Kozuki Sukiyaki saat masih berkuasa dan saat tua. (Dok. Shueisha/One Piece)

Sempat ada kecurigaan kalau Kozuki Sukiyaki adalah Tenguyama Hitetsu. 

Salah satu faktor utama kecurigaan ini adalah pengisi suara keduanya sama, yaitu Ryūzaburō Ōtomo.

Dulu juga sempat ada informasi kalau usia Hitetsu adalah 58 tahun, namun kemudian informasi itu direvisi jadi usia Hitetsu adalah 81 tahun. Revisi usia itu membuat usia Hitetsu cocok dengan Sukiyaki.

Ternyata benar, Kozuki Sukiyaki sebenarnya masih hidup dan dia menyamar menjadi Tenguyama Hitetsu. 

12. Roronoa Zoro punya Haoshoku Haki

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Sempat ada teori dulu kalau Zoro memiliki Haoshoku Haki.

Penyebabnya adalah aura menakutkan yang dipancarkan Zoro. Seperti misalnya di bab 915, Urashima sang pesumo mengomentari kalau Zoro memancarkan aura aneh.

Di bab 687, tebasan tanpa Haki Zoro tetap membuat Monet begitu ketakutan hingga dia sempat kesulitan menyusun lagi tubuhnya. 

Lalu ada juga yang sudah curiga Zoro punya Haki sejak bab 634. Di bab itu, setelah Luffy menjatuhkan 50.000 musuh dengan Haoshoku Haki, Zoro bilang kalau Luffy gak bisa melakukan itu, maka Zoro dan Sanji harus cari kapten baru. 

Ternyata benar, Zoro punya Haoshoku Haki

13. Kekuatan Ryokugyu berhubungan dengan tanaman

13 Teori One Piece Populer dari Penggemar yang Ternyata Benar!Udon setelah jadi lokasi pertarungan Ryokugyu. (Dok. Shueisha/One Piece)

Saat Ryokugyu muncul masih diselimuti bayangan di bab 905, fans langsung berteori apa kekuatan Ryokugyu.

Yang menarik perhatian saat itu adalah ucapan Ryokugyu bahwa dia sudah gak makan tiga tahun.

Saat itu ada beberapa teori mengenai kekuatan Ryokugyu. Nama Ryokugyu yang bisa diartikan sebagai Green Bull atau Banteng Hijau membuat fans memperhitungkan kekuatan Ryokugyu berhubungan dengan elemen hijau. Berhubung Akainu (Anjing Merah) itu magma, Aokiji (Burung Pegar Biru) itu es, dan Kizaru itu cahaya. Jadi nama para admiral memang biasanya mewakili elemen kekuatan mereka. 

Salah satu aspek yang mewakili elemen hijau ya tanaman. Kemungkinan lain yang dibicarakan saat itu adalah Zoan buaya (buaya itu warnanya ada yang hijau, dan reptil sebenarnya memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam waktu yang lama tanpa makanan), atau angin (di game RPG warna hijau kadang disajikan mewakili elemen angin). 

Kemampuan Ryokugyu untuk gak perlu makan tiga tahun juga dicurigai karena aspek tertentu dari tanaman.

Lalu One Piece 1052 memperlihatkan Ryokugyu terbang dengan bantuan bunga di punggung, dan di bab 1053 ia bisa membuat bunga tumbuh hanya dengan jalan, mengubah tangannya jadi batang pohon yang bisa menyerap cairan tubuh korban, serta membuat wilayah Udon yang tadinya gersang jadi hutan.

Jadi yep, kekuatan Ryokugyu memang berhubungan dengan tanaman.

Itu 13 teori One Piece populer dari penggemar yang ternyata benar.

Gimana menurut kamu? 

Baca Juga: One Piece 994 Beri Petunjuk Kenapa Kaido Terobsesi Pada Kematian?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU