Ternyata Pangkat Koby di One Piece 956 Salah! Ini Koreksi Oda!

Ternyata Koby memang belum naik pangkat mendadak!

Ternyata Pangkat Koby di One Piece 956 Salah! Ini Koreksi Oda!

Koby di One Piece 956 diperkenalkan sebagai rear admiral. Ini bahkan berlaku juga di translasi resmi. Tapi ternyata itu adalah kesalahan! Ini dia koreksi dari Oda pada One Piece volume 95!

1. Jabatan Koby salah? Maksudnya?

Komik One Piece 956 memperkenalkan ulang Koby di kotak dialog dengan jabatan "rear admiral", padahal kita tahu sebelumnya di One Piece 903 jabatan Koby baru sebatas "captain".

Hal ini menimbulkan beragam pertanyaan karena rasanya aneh jika Koby naik pangkat secepat itu. Soalnya hanya selang kira-kira satu pekan dari momen dia menyelamatkan kapal Dressrosa sampai dia menghubungi Drake di 956. 

Ada yang berpendapat Koby naik pangkatnya memang secepat itu sebagai tangan Garp, ada yang berpendapat Koby jadi rear admiral khusus di SWORD, tapi ada juga yang yakin bahwa Oda memang salah tulis.

Memang tampaknya aneh jika jabatan Koby bisa naik secepat itu dalam jangka waktu sependek ini. Lalu apa kata Oda?

1. Bukan "Rear Admiral" tapi "captain"!

Ternyata Pangkat Koby di One Piece 956 Salah! Ini Koreksi Oda!onepiece-log.com

Ternyata di One Piece volume 95 terdapat ralat! Jabatan Koby hanya diakibatkan oleh salah tulis, jadi ternyata Koby masih seorang Captain dari Angkatan Laut.

Bisa dilihat di gambar, jabatan Koby di One Piece 965 (kiri) adalah "rear admiral" (少将) sementara di One Piece volume 95 ternyata jabatan tersebut diganti dengan "captain" (大佐).

Jadi ini murni kesalahan dan Koby belum naik pangkat lagi sejak jabatan terakhirnya sebagai "captain".

3. Tapi tunggu, ralat di komik bukan cuma itu?

Ternyata Pangkat Koby di One Piece 956 Salah! Ini Koreksi Oda!mangaplus.shueisha.co.jp

Ternyata ada lagi dua hal lain yang diperbaiki di One Piece volume 95 setelah rilis selain jabatan Koby.

Pertama adalah jumlah pasukan Orochi dan Kaido. Pada One Piece 958, Kin'emon dan Orochi mengatakan bahwa jumlah pasukan Orochi dan Kaido adalah 40 ribu orang padahal sebelumnya di One Piece 955 Robin bilang pasukan musuh ada 30 ribu orang.

Hal ini kemudian direvisi di One Piece volume 95. Tidak ada penambahan jumlah pasukan musuh karena total jumlah pasukan Orochi dan Kaido tetap sekitar 30 ribu orang!

Lalu bagaimana dengan revisi yang lain?

Baca Juga: [Teori One Piece] Mungkinkah Road Poneglyph Terakhir Ada di East Blue?

4. Sudah direvisi di Twitter, direvisi juga di komik!

Ternyata Pangkat Koby di One Piece 956 Salah! Ini Koreksi Oda!jaiminisbox.com/One Piece

Kisah kilas balik Oden disebutkan mulai pada 41 tahun yang lalu di komik One Piece 959, padahal seharusnya kisah Oden dimulai pada 39 tahun yang lalu.

Kesalahan ini awalnya disebutkan pada akun Twitter resmi tim Editorial Oda. Mereka mengatakan bahwa seharusnya angka 41 tahun yang lalu itu adalah 39 tahun yang lalu.

Komik One Piece volume 95 yang kemudian diterbitkan akhirnya membenarkan kesalahan ini dan mencantumkan angka yang sebenarnya, yaitu 39 tahun yang lalu.

Rasanya bukan kali pertama kita melihat Oda membetulkan kesalahan seperti ini, jadi sepertinya Oda memang butuh istirahat! Bagaimana menurut kalian? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Mengenal Joy Boy, Tokoh Bersejarah di Dunia One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU