Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Rambut Denjiro Berubah Warna di One Piece

Sebutannya Marie Antoinette Syndrome!

Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Rambut Denjiro Berubah Warna di One Piece

Di One Piece 973, warna rambut Denjiro berubah setelah ia mengamuk lama di dalam kuil kecil. Dari tadinya terlihat hitam, rambutnya seperti menjadi putih.

Tentu saja, rambut Kyoshiro di anime itu berwarna biru, jadi mungkin sebenarnya ini berubah warna dari hitam menjadi biru kalau di anime. Atau Denjiro mungkin hanya mewarnai rambut putihnya menjadi biru. 

Ternyata perubahan warna rambut menjadi dalam semalam betulan ada di dunia nyata! Yuk, belajar tentang sindrom Marie Antoinette dalam artikel berikut ini!

1. Apa itu sindrom Marie Antoinette?

Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Rambut Denjiro Berubah Warna di One PieceIlustrasi pria dengan rambut beruban. unsplash.com/Gervyn Louis

Sindrom Marie Antoinette adalah kondisi di mana rambut tiba-tiba menjadi putih, atau berubah warna, dalam waktu yang singkat, seperti yang dialami oleh Denjiro di One Piece 973!

Sindrom ini diberi nama berdasarkan kejadian yang dialami Marie Antoinette, Ratu Perancis yang rambutnya memutih tiba-tiba dalam semalam di usianya yang baru 38 tahun sebelum beliau menerima hukuman pancung.

Dilansir oleh BBC, kejadian ini juga terjadi dalam beberapa rekam sejarah seperti saat pilot Eric Moody yang di masa lalu harus mendaratkan pesawatnya secara darurat di Bandara Jakarta.

Bedanya, Eric Moody perlu waktu setahun sampai rambutnya benar-benar memutih. Tak sesingkat Marie Antoinette, tapi hasil akhirnya sama!

2. Apa penyebab sebenarnya?

Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Rambut Denjiro Berubah Warna di One Piecemangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Nama ilmiah untuk sindrom Marie Antoinette yang menyebabkan rambut memutih dalam semalam adalah Canities Subita.

Pun begitu, sebagian besar fenomena ini sebenarnya diperlakukan sebagai mitos karena belum banyak studi yang berhasil menguak penyebab dan prosesnya secara pasti.

Namun dari semua kejadian, hampir bisa dipastikan kondisi ini tidak terjadi karena penuaan. Marie Antoinette sendiri berusia 37-38 tahun ketika rambutnya memutih dan kasus-kasus lainnya juga kebanyakan terjadi pada orang yang masih cukup muda.

Biasanya, termasuk kasus Marie Antoinette yang rambutnya memutih bukan karena usia tua, perubahan rambut menjadi putih ini disertai dengan trauma dan/atau stress yang luar biasa.

Seperti yang terjadi pada Denjiro, One Piece 973 menunjukkan bahwa Denjiro mengalami emosi amarah yang luar biasa besar hingga rambutnya memutih dalam semalam!

Baca Juga: Prediksi One Piece 974: Denjiro Bakal Tolong Akazaya Nine?

3. Bukan pertama kali di dunia anime-manga!

Adegan rambut yang berubah menjadi putih akibat stres yang berlebihan tidak cuma terjadi di One Piece, ada beberapa anime yang juga menggunakan adegan seperti ini sebelumnya!

Di antara karakter anime yang terkena sindrom Marie Antoinette adalah Enishi Yukishiro dari Samurai X yang rambutnya memutih akibat melihat kematian Tomoe.

Ada juga Kaneki dari Tokyo Ghoul yang rambutnya memutih akibat trauma atas siksaan yang dideritanya berhari-hari.

Tak hanya itu, di serial Kamen Rider Ex-Aid diungkap juga bahwa sebagian warna putih di rambut Taiga alias Kamen Rider Snipe ternyata didapatnya akibat stres yang tinggi setelah menggunakan Gamer Driver di masa lalu!

Bisa dilihat, di Jepang memang tak sedikit karakter fiksi yang rambutnya berubah putih akibat stres berlebihan. Bagi mereka mungkin malah salah satu cara untuk menunjukkan karakter mengalami stress adalah dengan memutihkan rambutnya!

Itu tadi sekilas tentang sindrom Marie Antoinette yang dialami oleh Denjiro! Apakah fenomena ini betulan cuma mitos atau kalian juga pernah melihat hal serupa terjadi di dunia nyata?

Yang bikin lebih pusing: apakah sebenarnya Denjiro jadi putih rambutnya atau jadi biru? Bingung juga kalau hanya melihat warna hitam-putih manga. 

Berikan tanggapan kalian di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Kebaikan Sanji Bikin 5 Karakter One Piece Ini Terharu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU