6 Petunjuk Pengkhianat Aliansi Luffy yang Disajikan Oda di One Piece

Petunjuk sudah disebar, tinggal siapa pelakunya?

6 Petunjuk Pengkhianat Aliansi Luffy yang Disajikan Oda di One Piece

Siapa pengkhianat aliansi Luffy? Topik ini memang bikin penasaran, sampai redaksi duniaku.com juga membahasnya di Geek Podcast episode 12.

Saat ini, kemungkinan tersangka mengerucut ke dalam satu dari sembilan Akazaya Nine. Kenapa begitu? Karena dari petunjuk-petunjuk pengkhianat aliansi Luffy yang sudah disebar, semakin terasa kalau yang paling mungkin mengkhianati Oden dan Momonosuke ya mereka. 

Apa saja sih petunjuknya?

1. Saat Jack datang ke Zou, dia spesifik mencari Raizo

6 Petunjuk Pengkhianat Aliansi Luffy yang Disajikan Oda di One Piecefunimation.com/One Piece

Kalau kamu perhatikan baik-baik, menarik juga Jack spesifik mencari Raizo saat dia datang ke Zou. Akazaya Nine yang sampai ke masa depan adalah Kiku, Kinemon, Raizo, dan Kanjuro, plus Momonosuke. Namun yang dicari Jack bukan Kinemon, bukan Kanjuro,dan bukan Kiku. Dia sudah tahu kalau yang ada di sana adalah Raizo. 

Petunjuk ini sempat membuat kelompok Hati yang ada di Zou dicurigai, namun Oda kemudian seakan ingin menegaskan kalau anak buah Law bukan pelakunya. 

2. Sebagian besar suku Mink tahu di mana Raizo disembunyikan, dan mereka tidak membocorkannya

6 Petunjuk Pengkhianat Aliansi Luffy yang Disajikan Oda di One Piecehimachaltourizm.com

Anggota suku Mink seperti Nekomamushi dan Carrot juga sempat dicurigai sebagai pengkhianat aliansi Luffy. Tapi bagaimana bisa? Patut diingat kalau para petinggi suku Mink tahu di mana Raizo disembunyikan. Malah suku Mink yang merantai Raizo di Poneglyph

Petunjuk yang ini membuat kemungkinan pengkhianat dari suku Mink berkurang drastis.

Baca Juga: Mengacaukan Segalanya, 5 Dosa Pengkhianat Klan Kozuki di One Piece!

3. Kode baru, lokasi Thousand Sunny, lokasi kapal penyerbuan, dan bahkan nasib Hiyori bocor

Saat kode di pamflet Kinemon terbongkar, dan tanda loyalis klan Kozuki ketahuan, kemungkinan tersangkanya masih banyak. Kelompok bajak laut Hati masih jadi tersangka. Kyoshiro yang menemukan pamflet bahkan dicurigai yang mengungkapnya. 

Tapi begitu rencana baru penyerbuan ke Onigashima terungkap? Hidupnya Hiyori juga diketahui oleh Orochi? Petunjuk yang ini memotong banyak kemungkinan tersangka. Kelompok bajak laut Hati bahkan tidak ada di lokasi saat hidupnya Hiyori diungkap ke aliansi!

Ini malah membuat Kyoshiro semakin menarik, karena ini berarti meski ia tahu Komurasaki dan Hiyori adalah orang yang sama, dia tidak pernah mengungkapnya kepada Orochi. Infonya baru diketahui Orochi dari si pengkhianat. 

4. Si pengkhianat tidak tahu detail soal jebolnya Udon

6 Petunjuk Pengkhianat Aliansi Luffy yang Disajikan Oda di One Piecefunimation.com/One Piece

Si pengkhianat tahu kalau tambang penjara Udon jebol dan tahanannya keluar. Tapi si pengkhianat tidak menginformasikan pada Orochi kalau Babanuki sudah dikendalikan oleh Tama dengan dango ajaib gadis itu. Jadi Orochi pun mendapat informasi kalau Udon baik-baik saja. 

Ini berarti si pengkhianat bukan salah satu yang menyerbu Udon, karena kalau iya, mereka pasti menginformasikan kalau si kepala penjara sudah dikendalikan. 

5. Pengkhianatan sudah ada sejak lebih dari dua dekade lalu, memberi petunjuk kalau pelaku bisa jadi sudah ada di masa lampau

Ada dua kejadian di mana tampaknya terjadi kebocoran informasi serius di pihak Oden. Pertama terjadi sebelum Oden pulang, yakni saat Kinemon mencoba menyerbu ibu kota namun malah ada anak buah Kaido yang bisa menyerang kastel. 

Yang kedua adalah saat Oden ingin menyerang Kaido diam-diam, karenanya ia hanya membawa Akazaya Nine dan bukannya memobilisasi pasukan. Tapi Kaido malah datang dengan pasukan lengkap. Bahkan Kurozumi Higurashi pun ikut. 

Sejak awal, Inuarashi dan Kawamatsu sudah terasa paling tidak mungkin menjadi pengkhianat. Saat kejadian pertama, terungkap kalau dua ini yang menyelamatkan Momonosuke, menegaskan kalau memang ada pengkhianat di Akazaya Nine, pelakunya bukan mereka berdua. 

6. Shinobu, sosok yang dicurigai, adalah yang mengungkap kenyataan tentang Oden

6 Petunjuk Pengkhianat Aliansi Luffy yang Disajikan Oda di One Piecemangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Shinobu adalah sosok lain yang sempat dicurigai sekali oleh fan One Piece, karena dia bukan Akazaya Nine tapi selalu bersama aliansi. Dia juga yang membuat Law meninggalkan aliansi. Law belum kembali saat aliansi ingin menyerang Onigashima. 

Tapi kejadian di masa lalu memperlihatkan Shinobu punya alasan kuat untuk menjadi anak buah Oden. Dia juga mengungkap kenyataan soal Oden ke masyarakat, padahal kalau dia bungkam Oden akan mati sebagai pecundang dan loyalisnya di masa depan pasti hanya sedikit. 

Kecuali ada twist kalau Shinobu pendek di masa depan serta Shinobu prima di masa lalu itu orang berbeda, ya. 

Nah, itulah petunjuk-petunjuk pengkhianat aliansi Luffy. Berdasarkan enam petunjuk ini, siapa yang kamu rasa adalah pelakunya?

Baca Juga: One Piece 971 Beri Petunjuk Kalau Shinobu Bukan Pengkhianat Kozuki

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU