3 Kesalahan Garp yang Bikin Luffy Jadi Bajak Laut di One Piece

Luffy jadi bajak laut itu sebenarnya salah Garp juga

3 Kesalahan Garp yang Bikin Luffy Jadi Bajak Laut di One Piece

Shanks adalah orang yang memotivasi Luffy jadi bajak laut di One Piece. 

Sementara itu Garp, kakek Luffy, ingin sekali Luffy jadi Angkatan Laut dan dia kesal Luffy malah jadi bajak laut.

Namun kalau dipikir-pikir, sebenarnya salah Garp juga Luffy bisa jadi bajak laut. Ini tiga kesalahan Garp yang bikin Luffy jadi bajak laut! 

1. Garp jarang pulang

3 Kesalahan Garp yang Bikin Luffy Jadi Bajak Laut di One PieceToei Animation/One Piece

Selama Luffy masih kecil, Garp jarang pulang. Ini terutama terlihat dari urusan Luffy dengan Shanks, yang ujung-ujungnya membuat Luffy terinspirasi jadi bajak laut.

Saat itu, Shanks tinggal di Desa Foosha selama setahun! Kalau saja Garp menyempatkan diri pulang, bisa terjadi pertarungan heboh antara Angkatan Laut lawan Shanks.

Namun Garp tampaknya beneran sibuk hingga selama satu tahun ini dia tidak kembali. Dia baru pulang setelah Shanks sudah pergi dan Luffy telanjur terkena pengaruh dari Shanks.

Sudah begitu, setiap Garp pulang pun dia justru seperti menyiksa Luffy. Kalau sosok orang tuanya begini, gimana Luffy gak ingin mengambil jalan hidup beda dari kakeknya.

Jarang pulangnya Garp ini juga membuat masalah lain lagi.

Baca Juga: Penghancur Delapan Gunung?! Ini 7 Fakta Monkey D. Garp yang Menarik!

2. Garp terasa kurang menunjukkan sisi keren Angkatan Laut ke Luffy

3 Kesalahan Garp yang Bikin Luffy Jadi Bajak Laut di One Pieceonepiece-treasurecruise.com

Jalan hidup seorang anak bisa ditentukan dari figur panutan mereka di masa kecil. Kalau misalnya ada anak yang melihat bapaknya menerbangkan pesawat tempur, bisa saja si anak terinspirasi juga buat menjadi pilot pesawat tempur saat dia besar.

Saat Luffy berjumpa dengan Shanks, kru Shanks memperlihatkan kepada Luffy visi masa depan yang dia inginkan. Kru Shanks adalah orang-orang yang berjiwa bebas, baik hati, dan sangat fun, padahal mereka bajak laut

Karena Garp jarang pulang, dan tampaknya tidak pernah mengajak Luffy untuk bertugas, Luffy kecil pun seperti tak pernah mendapat momen yang membuat dia merasa jadi Angkatan Laut itu bisa keren.

Garp tidak mengajak Luffy ini juga rasanya bukan tanpa alasan. Dia ini biasanya dijadikan jawaban utama Angkatan Laut untuk melawan ancaman berat, seperti Rocks dan Roger. Namun mungkin kalau Luffy melihat kakeknya menghadapi ancaman seperti itu dan menang, Luffy bisa saja merasa jadi Angkatan Laut bisa keren.

Selain itu, bila Luffy ikut dengan Garp, Luffy mungkin bisa melihat kalau bajak laut juga memiliki sisi buruk, dan ia lebih mungkin mau jadi Angkatan Laut.

3. Bukannya menitipkan Luffy ke Angkatan Laut, malah dititip ke bandit

3 Kesalahan Garp yang Bikin Luffy Jadi Bajak Laut di One PieceToei Animation/One Piece

Jadi, Garp menyadari Luffy malah ingin jadi bajak laut. Garp mungkin diam-diam khawatir mengajak Luffy berlayar bersamanya karena musuh yang harus dia hadapi itu sangat, sangat berbahaya. Tapi sebenarnya dia masih memiliki solusi lain.

Sebagai wakil laksamana Angkatan Laut, Garp bisa saja menitipkan Luffy ke pangkalan Angkatan Laut. Bahkan mungkin ke sosok seperti Kuzan atau Jaguar D. Saul, yang jelas-jelas adalah Angkatan Laut baik hati.

Mungkin Luffy sudah menetapkan hati, tapi siapa tahu Kuzan atau Saul dapat menunjukkan ke Luffy kalau Angkatan Laut itu juga keren.

Apakah itu yang Garp lakukan? Tidak, Garp malah menitipkan Luffy ke Dadan, seorang bandit gunung.

Apakah Dadan salah satu faktor alasan Luffy jadi bajak laut? Kalau kamu lihat alur kilas balik Luffy, Ace, dan Sabo, Dadan sebenarnya tidak pernah mendorong Luffy jadi bajak laut, bandit, atau Angkatan Laut. Dia membiarkan Ace, Luffy, dan Sabo membuat ulah sesuka mereka.

Selama merawat Luffy dan Ace, Dadan juga tampaknya tidak pernah aktif beraksi sebagai bandit di hadapan mereka, jadi ia tidak menginspirasi Luffy dan Ace ke jalan yang salah.

Tapi, minimnya intervensi Dadan itu justru membuat jiwa bajak laut Luffy bisa tumbuh bebas. Terutama karena Sabo dan Ace juga berharap sama. 

Jadi, kalau dilihat dari tiga faktor di atas, sebenarnya terasa kalau Garp memang alasan Luffy jadi bajak laut. Karena dia jarang bersama Luffy, dia gagal menginspirasi Luffy jadi Angkatan Laut. Sudah begitu Shanks terus datang dan membuat Luffy malah ingin jadi bajak laut pula.

Namun kalau dipikir-pikir, semua aksi Garp itu mungkin dilakukan untuk melindungi Luffy dan juga Ace. Bayangkan begini: Garp sudah tahu kalau Ace adalah putra Roger, yang sejak sebelum lahir pun sudah diburu.

Garp bisa saja menitipkan Ace ke markas Angkatan Laut agar Ace mengikuti jejaknya. Namun bagaimana kalau ada prajurit yang mengetahui kalau sebenarnya Ace adalah putra Roger? Ace justru bisa terancam.

Karena Garp sibuk, dia mungkin tidak bisa hadir tepat waktu kalau mendadak ada CP9, CP-0, atau bahkan anggota Angkatan Laut sendiri yang mencoba membunuh Ace.

Demikian pula dengan Luffy. Garp bisa saja menitipkan Luffy ke markas Angkatan Laut. Namun, bakal langsung ketahuan kalau Luffy adalah cucu Garp dan anak Dragon. Luffy juga bisa terancam bahaya.

Garp pun mungkin merasa kalau menitipkan keduanya ke Dadan, bandit gunung yang tinggal di dalam hutan, adalah yang terbaik untuk melindungi Luffy dan Ace saat mereka masih kecil. Mengingat hutan itu diisi hewan tangguh, Garp juga pastinya merasa kalau Ace dan Luffy bisa sekalian berkembang menjadi tangguh dan kuat karena hidup di sana.

Sayangnya ya... ujung-ujungnya Ace dan Luffy tetap jadi bajak laut.

Gimana menurut kamu? Apakah Garp alasan Luffy jadi bajak laut? Sampaikan di kolom komentar!

Baca Juga: [Teori] Gimana Jadinya Kalau Garp Melawan Whitebeard di Marineford?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU