7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Piece

Nama mereka jadi inspirasi karakter One Piece!

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Piece

Dari begitu banyak karakter One Piece, beberapa di antaranya terinspirasi dari tokoh bajak laut di dunia nyata. Sebagai mangaka yang sangat serius dalam menggarap karya-karyanya, Oda selalu melakukan riset mendalam saat menciptakan karakter baru di One Piece.

Dalam beberapa kesempatan, bahkan Oda mengakui jika karakter-karakter dalam mangaOne Piece tersebut terinspirasi dari tokoh-tokoh dunia mulai dari penyanyi, bintang film, sampai tokoh bajak laut sungguhan yang benar-benar ditakuti.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut Duniaku telah merangkum karakter bajak laut di anime One Piece yang benar-benar ada di dunia nyata.

 

 

 

1. Nama Samuel Bellamy jadi inspirasi untuk Bellamy sang Hyena

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Piecetelegraph.co.uk

Masih ingat dengan karakter Bellamy? Karakter One Piece ini sempat sangat angkuh meski nilai bounty-nya di bawah Luffy, sehingga ia kemudian dihajar dengan satu tonjokan saja.

Sekarang, setelah melalui Dressrosa, Bellamy berhenti jadi bajak laut dan beralih jadi penggambar bendera bajak laut.

Nama Bellamy ini tidak dipilih Oda sembarangan. Namanya berasal dari Samuel Bellamy, bajak laut Inggris yang aktif di era keemasan bajak laut.

Meskipun berstatus sebagai bajak laut, namun Bellamy dikenal sebagai bajak laut yang rendah hati dan dermawan. Kehebatan Samuel Bellamy mulai ditunjukan ketika ia berani melawan dan merebut kapal angkatan laut Inggris bernama Whydah yang berisi emas batangan, koin emas, dan gading yang bernilai sangat mahal.

Sejak saat itu pun, Samuel Bellamy dinobatkan sebagai bajak laut paling kaya sepanjang sejarang dan dijuluki juga sebagai Prince of Pirates.

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Pieceonepiece-treasurecruise.com

2. Nama Anne Bonny jadi inspirasi untuk Jewelry Bonney

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Pieceslideplayer.com

Jewelry Bonney adalah pemakan buah iblis jenis Paramecia yang membuat dirinya mampu memanipulasi usia fisik seseorang termasuk dirinya sendiri. Ia juga merupakan satu-satunya wanita yang masuk dalam daftar sebelas Supernova.

Inspirasi nama Bonney adalah Anne Bonnyu. Meskipun seorang wanita, namun Anne Bonny tidak pernah menyembunyikan identitasnya, dan selalu ikut bertempur dengan para pria.

Anne Bonny berlayar di sepanjang lautan Karibia dan berhasil menaklukan puluhan kapal. Pada tahun  1720, konon Anne Bonny berhasil ditangkap oleh kapal kerajaan Karibia, dan dihukum gantung.

Namun teori lain menyebutkan jika Anne Bonny berhasil lolos dari hukuman tersebut setelah ayahnya menebus Bonny dengan sejumlah uang.

Baca Juga: Vivre Card One Piece Banyak yang Direvisi, Ini 6 Data yang Salah!

3. Nama Edward Teach dan julukannya sebagai Blackbeard jadi inspirasi untuk Marshall D. Teach

Mungkin sudah banyak yang menduga jika Marshall D. Teach merupakan karakter bajak laut di anime One Piece yang terinspirasi dari seorang bajak laut legendaris bernama Edward Teach alias Blackbeard.

Memiliki perawakan tinggi besar ditambah jenggot hitam panjang, Edward Teach merupakan bajak laut paling ditakuti di masanya. Ia adalah orang yang memimpin kapal legendaris Queen Anne’s Revenge.

Karier Edward Teach dimulai pada tahun 1716 ketia ia bergabung dengan kru bajak laut Benjamin Hornigold. Pada tahun 28 November, Teach dan Bonnet menyerang kapal budak Perancis dekat Saint Vincent bernama La Concorde.

Saat itu, reputasi Edward Teach semakin populer dan menjadikan ia sebagai bajak laut paling disegani. Tapi meskipun dikenal kejam, Edward Teach dikenal sebagai bajak laut yang tidak membunuh orang yang tidak bersalah. Namun bagi siapa yang berusaha mengusiknya, Edward tak segan untuk membunuhnya.

4. Nama Jean Lafitte menjadi inspirasi Lafitte

Saat menciptakan karakter Laffitte, Eiichiro Oda terinspirasi dari tokoh bajak laut bernama Jean Laffite.

Selain memiliki nama yang sama, kedua tokoh juga merupakan seorang polisi di masa lalunya.

Berbeda dengan kebanyakan, Jean Lafitte dikenal sebagai bajak laut yang baik hati. Pasalnya, ia sering menghindari kapal dari Amerika dan lebih memilih menangkap kapal Inggris dan Meksiko yang masuk ke Teluk Meksiko.

Ia juga turut membela kota New Orleans pada perang tahun 1812 bersama Andrew Jackson. Konon harta peninggalan Jean Lafitte terkubur di di sepanjang Lousiana yang mulai dicari orang 200 tahun setelah kematiannya.

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Pieceonepiece.fandom.com

5. François l'Olonnais menjadi inspirasi nama Roronoa Zoro

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Pieceancient-origins.net

Di antara Topi Jerami, Roronoa Zoro adalah satu-satunya yang namanya terinspirasi dari bajak laut sungguhan. Bagian Roronoanya terinspirasi dari nama bajak laut asli, yakni Francois l'Olonnais. 

Francois adalah bajak laut keji yang pernah terlibat dalam penghancuran kota, penyiksaan, dan penjarahan. Namun Francois kemudian menemui ajal dengan keji. Di Honduras, Francois ditangkap suku Kuna dan dicabik-cabik kemudian dibakar.

6. Bartholomew Roberts menjadi inspirasi nama Bartholomew Kuma

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Pieceallthatsinteresting.com

Karakter bajak laut yang di anime One Piece ini dikenal sebagai anggota Shichibukai yang sangat loyal kepada pemerintah dunia. Sebagai pemakan buah  Nikyu Nikyu no Mi, Kuma memiliki kemampuan tolakan bertekanan tinggi  terhadap apapun yang disentuh oleh telapak tangannya.

Yang jadi inspirasi Kuma adalah Bartholomew Robert yang juga dijuluki Black Bart. Meskipun masa bajak lautnya tidak lebih dari tiga tahun, namun Robert berhasil menaklukan lebih dari 500 kapal selama karirnya. Kebiasaan unik Robert adalah ia selalu menggunakan pakaian rapi dan religius. Ia tidak mau melakukan penyerangan pada hari Minggu.

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Pieceonepiece-treasurecruise.com

7. William Kidd menginspirasi nama Eustas Kid

7 Bajak Laut Nyata yang Namanya Menginspirasi Karakter One Piecethoughtco.com

Eustass Kid merupakan salah satu dari Worst Generation. Ia juga adalah pemilik dari kekuatan magnet setelah memakan buah iblis.

Eustass Kid terinspirasi dari salah satu pelaut terkenal bernama William Kidd. Lahir di Dunde pada tahun 1645, karir hidup William Kidd harus berakhir tragis. Pelaut legendaris ini dieksekusi setelah kembali dari perjalannya ke Samudera Hindia karena dituduh sebagai bajak laut. Padahal banyak bukti yang menyebutkan bahwa ia hanyalah seorang pelaut biasa dan tidak tergantung pada sebuah kelompok bajak laut seperti banyak orang tuduhkan.

Nah kira-kira mana karakter bajak laut favoritmu? 

Baca Juga: Tidak Pernah Tidur? 3 Misteri Tubuh Marshall D. Teach di One Piece

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU