[Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?

Cara mengaktifkan Jougan mulai terlihat?

[Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?

Mata Jougan Boruto sempat aktif di Boruto episode 125, membantu dia dan Shinki melawan Urashiki. Tapi mata itu bangkit dengan misterius, lalu hilang sendiri juga. 

Sebenarnya gimana cara untuk membangkitkan Jougan? Kalau saya perhatikan sih, tampaknya mata Jougan Boruto aktif karena dimensi lain. 

1. Kasus pertama: Nue

[Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?crunchyroll.com/boruto

Di alur Ghost, mata Jougan Boruto sering sekali aktif. Saya rasa ini berhubungan dengan dimensi lain. 

Di alur Ghost, Nue bersembunyi di alam lain. Ia lalu bisa kabur kembali ke alamnya jika terdesak. Bolak-baliknya Nue dan Sumire ini yang mungkin membuat Jougan Boruto lebih sering aktif di alur Ghost, lalu jarang terlihat di cerita sebelumnya. 

Puncaknya adalah dalam pertarungan Mitsuki dan Boruto di alam Nue. Di sana, mata Jougan Boruto aktif lama sekali. Boruto bahkan bisa menggunakannya untuk menemukan jalan keluar. 

2. Kasus kedua: Momoshiki

[Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?comicbook.com

Mata Jougan Boruto juga aktif saat dia bicara dengan Momoshiki, setelah Momoshiki jadi korban Rasengan

Sebenarnya, selama pertempuran terakhir ini pun Boruto berada di alam lain. Namun Jougan-nya baru aktif di akhir, saat Momoshiki mengajaknya bicara. 

Kasus dialog dengan Momoshiki ini sebenarnya menarik, karena Momoshiki mengajak bicara Boruto di alam berbeda lagi. Waktu terasa berhenti, dan hanya Sasuke yang menyadari apa yang terjadi. 

3. Kasus ketiga: melawan Urashiki

[Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Untuk main-main melawan Shinki dan Boruto, Urashiki bisa dibilang menggunakan berlebihan Rinnegan. Dia keluar masuk dimensi untuk menyerang Shinki dan Boruto dari berbagai arah. 

Jougan Boruto lalu bangkit tepat saat Urashiki mundur ke dimensi lain. Mengingat dua kasus sebelumnya, saya yakin ini bukan kebetulan. 

4. Boruto cocok untuk menemani Sasuke?

[Teori Boruto] Mata Jougan Boruto Aktif Karena Dimensi Lain?crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Berdasarkan tiga bukti di atas, tampaknya Jougan Boruto aktif bila dia mendapat kontak dari dimensi lain. Tidak perlu beneran pergi ke alam berbeda, ada orang yang menggunakan Rinnegan berlebihan buat keluar-masuk alam pun tampaknya mengaktifkan mata Boruto. 

Kalau begini, seharusnya nanti Boruto akan menjadi sosok ideal untuk menemani Sasuke. Sasuke harus sering berada di alam lain untuk menyelidiki Otsutsuki. Mata Jougan Boruto aktif bila harus berurusan dengan alam lain. 

Boruto bisa jadi lebih kuat kalau dia harus bertarung di alam berbeda. Unik juga. Gimana pendapat kamu? 

Review

Latest