10 Rekomendasi Anime Movie Sad Ending Paling Membekas

Siap bikin kamu galau berhari-hari!

Hotarubi no Mori e

Lagi butuh tontonan anime mengandung bawang, tapi tak punya cukup waktu untuk menonton versi serial? Coba nonton anime movie sad ending, deh!

Meski durasinya rata-rata hanya satu jam, tapi cerita yang disajikan akan penuh momen yang mengundang air mata. Bahkan, ending yang ditawarkan juga dijamin sukses bikin penontonnya mewek berhari-hari.

Langsung simak daftar anime movie sad ending berikut, yuk!

1. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Firefliesdok. Ghibli/ Grave of the Fireflies

Rekomendasi pertama datang dari Studio Ghibli, yakni movie berjudul Grave of the Fireflies.

Ini merupakan anime tahun 1988 yang bertema historis. Ceritanya berpusat pada kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang harus bertahan hidup tanpa perlindungan siapapun di tengah-tengah kekacauan yang diakibatkan oleh Perang Dunia II.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Anime dengan MC Sangat Cerdas, Berani Adu?

2. I Want to Eat Your Pancreas (2018)

Anime romantis Kimi no Suizou wo TabetaiAnime romantis Kimi no Suizou wo Tabetai (dok. Studio Voln/ kimi no suizou wo tabetai)

I Want to Eat Your Pancreas adalah anime romance yang menawarkan akhir memilukan.

Anime ini menceritakan hubungan romansa sepasang siswa SMA, yakni si kutu buku Haruki Shiga dan si populer Sakura Yamauchi. Seperti judulnya, Sakura menderita penyakit pankreas yang hanya diketahui oleh keluarganya dan Haruki saja.

3. A Silent Voice (2016)

A Silent VoiceA Silent Voice (Kyoto Animation/ A Silent Voice)

Shouya Ishida yang menginjak remaja menyadari bahwa perbuatan buruknya terhadap siswi tunarungu bernama Shouko Nishimiya saat di bangku SD pasti menyisakan dampak traumatis.

A Silent Voice akan menceritakan reuni antara Ishida dan Nishimiya, sebuah pertemuan sebagai upaya penebusan dosa Ishida di masa lampau.

4. Wolf Children (2012)

captiondok. Studio Chizu/Wolf Children

Film anime berikutnya yang siap menyayat hatimu dengan akhir yang menyedihkan ialah Wolf Children.

Anime ini bercerita tentang asmara antara manusia bernama Hana dengan werewolf bernama Ookami. Keduanya memiliki dua anak setengah serigala yang dinamai Yuki dan Ame. Namun, setelah kematian Ookami, Hanya harus berjuang seorang diri membesarkan dua anak istimewanya.

5. Hotarubi no Mori e (2011)

captiondok. Brain's Base/Hotarubi no Mori e

Selanjutnya, ada Hotarubi no Mori e yang menyajikan kisah cinta antara roh bernama Gin dan manusia bernama Hotaru Takegawa.

Pertemuan keduanya bermula ketika Hotaru kecil tersesat di hutan yang ditinggali Gin. Setelahnya, Hotaru terus-menerus mengunjungi Gin. Hubungan yang keliru akhirnya terjalin.

6. Five Centimeters Per Second (2007)

5 Centimeters per Seconddok. CoMix Wave Films/ 5 Centimeters per Second

Rasanya tak sah jika kamu melewatkan anime yang satu ini.

Lewat karakter Takaki Toono dan Akari Shinohara, Five Centimeters per Second mungkin akan relate dengan penonton yang tengah memperjuangkan hubungan LDR-nya saat ini. Inilah kenyataannya, maka jangan lari.

7. Ride Your Wave (2019)

dok. Science SARU/ Ride Your Wavedok. Science SARU/ Ride Your Wave

Anime movie yang satu ini dijamin juga bakal membuatmu banjir air mata.

Ride Your Wave mengisahkan hubungan romansa antara mahasiswi yang senang berselancar dan kekasihnya yang merupakan pemadam kebakaran, yakni Hinako Mukaimizu dan Minato Hinageshi.

Namun, semua masa indah itu sirna setelah kematian Minato akibat berselanjar.

8. The Wind Rises (2013)

The Wind Risesdok. Ghibli/ The Wind Rises

Tak ada yang lebih menyedihkan dibanding kehilangan seseorang yang paling dicintai saat kita tak berada di sisinya.

Inilah yang dirasakan Jirou Horikoshi, perancang pesawat yang harus ditinggal mati istrinya, Naoko Satomi, yang mengidap penyakit berbahaya.

9. The Girl Who Leapt Through Time (2006)

captiondok. Madhouse/ The Girl Who Leapt Through Time

Punya kemampuan spesial untuk melintasi ruang dan waktu memang terdengar mengasyikkan. Tapi, sebuah kelebihan tentu menyimpan konsekuensi di baliknya.

Makoto Konno dalam anime The Girl Who Leapt Through Time harus melalui semua masa-masa sulit nan menyakitkan untuk membayar keteledorannya atas  kekuatannya sendiri.

10. Anohana: The Flower We Saw That Day The Movie (2013)

Anohana: The Flower We Saw That Day The Moviedok. A-1 Pictures/ Anohana: The Flower We Saw That Day The Movie

Anohana memang sudah dikenal sebagai salah satu anime sad ending. Nah, kalau kamu merasa belum cukup puas menangisi serial yang tayang pada tahun 2011, kamu bisa menonton film animenya yang satu ini.

Di sini, kamu akan dibawa pada peristiwa satu tahun setelah berakhirnya serial Anohana.

Itulah sejumlah rekomendasi anime movie sad ending yang tak boleh kamu lewatkan. Punya saran lainnya? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Fall 2023 Terbaik Wajib Tonton!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU