Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini!

Animanga tak sekadar menghibur. Namun, juga acap memuat berbagai nasihat dan pelajaran yang dibungkus lewat kutipan karakter yang tak lekang untuk dikenang.

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini!

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Guts[/caption]

Anime dan manga tak sekadar menghibur lewat cerita yang apik atau visualnya yang memanjakan mata. Kartun dan komik Jepang ini juga sering kali memuat berbagai nasihat dan pelajaran hidup yang dibungkus lewat kutipan inspiratif karakternya yang tak lekang untuk dikenang.

[duniaku_baca_juga]

Beberapa kutipan inspiratif berikut juga berhasil merepresentasikan bagaimana semangat juang masing-masing karakternya. Bahkan, ada beberapa kutipan yang nuansanya begitu melekat dengan karakter tersebut hingga rasanya tak akan cocok jika diucapkan oleh karakter yang lain. Tak pelak, faktor ini pula yang membuat karakter tertentu begitu membekas di hati para pecinta animanganya.

Kalau hidupmu sedang hampa, galau, tersesat, dan tak tau arah jalan pulang, yuk simak kutipan-kutipan tokoh-tokoh tersebut! Siapa tahu, setelah membacanya kamu jadi termotivasi dan semangatmu kembali tumbuh. Mohon untuk diingat, karena keterbatasan ruang dan waktu tak semua kutipan inspiratif karakter dimuat di artikel ini. Meski hanya segelintir, namun penulis yakin kutipan-kutipan berikut akan sangat berarti bagi kamu.


[page_break no="1" title="Naruto Uzumaki (Naruto)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Uzumaki Naruto. Sumber: www.pinterest.com[/caption]

“Jika kau tak menyukai takdirmu, jangan kau terima. Namun, beranikan dirimu untuk mengubahnya menjadi seperti yang kau inginkan.”

Naruto terlahir kurang beruntung sebagai seorang anak yang ditakuti oleh nyaris semua penduduk desa. Bagaimana tidak, seekor monster yang dahulu pernah memporak-porandakan seisi Konoha, bersemayam dalam dirinya dan bisa kembali mengamuk kapan saja. Menyadari hal tersebut, ia menolak menyerah pada keadaan dan bertekad untuk mengubah takdirnya.

Kita tahu kalau Naruto dikenal, bukan hanya di semesta Naruto saja, namun juga di semesta Animanga lainnya, sebagai karakter yang acap mengucap kata-kata mutiara. Entah itu ihwal keluarga, persahabatan, atau kehidupan pada umumnya. Tak jarang pula ia melontarkannya ketika sedang berhadapan dengan lawan. Maka, jangan heran jika dalam suatu pertarungan, ia mengakhirinya bukan dengan jurus pamungkas seperti Rasen-Shuriken atau Taju Kage Bunshin, namun dengan Khotbah-No-Jutsu.

Lalu apa hubungan khotbah kutipan Naruto di atas terhadap kehidupan kita? Manusia memang terlahir dengan garis ketetapan serta seperangkat kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, kita wajib berupaya untuk menjadi manusia yang lebih baik terlepas dari apa yang telah Tuhan titipkan kepada diri kita masing-masing.

[page_break no="2" title="Jiraiya (Naruto)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Jiraiya. Sumber: www.memecdn.com[/caption]

“Laki-laki akan semakin kuat ketika (cintanya) ditolak, namun laki-laki dilahirkan bukan untuk mengejar kebahagiaan.”

Seorang guru bagi ninja-ninja terbaik seperti Nagato, Minato, hingga Naruto. Pencinta wanita dengan tingkat kemesuman di atas rata-rata. Penolakan oleh wanita adalah hal biasa baginya. Sakit hati memang pasti ia rasakan. Namun, alih-alih melampiaskannya lewat cucuran air mata, ia mengekspresikannya dengan kata-kata yang kemudian dituangkan ke dalam novelnya.

Tak perlu bersedih jika wanita dambaan kamu tidak memiliki perasaan yang sama sepertimu. Lelaki sudah sepantasnya tegar jika ditolak oleh seorang wanita. Barangkali, dengan seringnya kamu dicampakkan perempuan, kamu juga bisa semakin produktif menulis novel seperti Jiraiya.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/01/100-kata-kata-mutiara-dalam-naruto/" title="100 Kata-kata Mutiara Dalam Naruto Ini Bisa Jadi Motivasi Menggapai Mimpi"]

[duniaku_adsense]

[page_break no="3" title="Monkey D. Luffy (One Piece)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Monkey D. Luffy. Sumber: www.pinterest.com[/caption]

“Jika kau tak berani mengambil risiko, kau tak akan sanggup menciptakan masa depan.”

Pendiri sekaligus orang terkuat di kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Protagonis utama pemakan buah iblis Gomu-Gomu No Mi ini sejak kecil sudah berambisi untuk menjadi raja bajak laut. Kiprahnya sudah tak perlu diragukan. Di mata pemerintahan dunia, ia punya reputasi sebagai pembuat onar kawakan. Kendati sejatinya ia seorang pahlawan pembela kebenaran. Ia juga berhasrat menemukan harta karun legendaris, “One Piece”, meski harus berlayar ke ujung samudera.

Semua duka dan penderitaan yang ia lalui selama perjalanan, tak memadamkan mimpi dan tekad yang telah ia bulatkan semasa kecilnya. Bersama sahabat-sahabat yang setia menemaninya, Ia menjelma menjadi sosok yang disegani semua kawan dan lawannya.

Meski Luffy gemar makan dalam porsi yang di luar nalar, namun postur tubuhnya tetap terlihat kurus. Kemampuan misterius yang diidamkan wanita-wanita zaman sekarang.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/02/21/100-kata-kata-mutiara-dalam-one-piece-yang-bikin-semangat-hadapi-tantangan-hidup/" title="100 Kata-kata Mutiara Dalam One Piece yang Bikin Semangat Hadapi Tantangan Hidup!"]

[page_break no="4" title="Archer (Fate/Stay Night Unlimited Blade Works)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Archer. Sumber: The Limitless Imagination[/caption]

“Fighting for others, but not yourself, is nothing but hypocrisy”

“Berjuang demi orang lain tanpa memedulikan diri sendiri adalah tindakan munafik.”

Di balik wataknya yang sinis dan sarkastis, ia sebenarnya menyimpan pemikiran yang realistis. Ia juga seorang yang protektif dan tak segan mempertaruhkan diri demi majikannya, Rin Tohsaka. Lewat kutipan di atas, Ia ingin menyadarkan dirinya di masa lalu, Emiya Shiro, bahwa idealismenya untuk berjuang menyelamatkan setiap jiwa manusia adalah naif dan munafik.

Sama halnya dengan Shiro, kita boleh saja berjuang demi orang lain, namun dalam praktiknya, kita tak boleh mengabaikan kepentingan kita begitu saja. Terkadang, kita tak sadar bahwa dengan mengabaikan kebutuhan kita, perasaan kita justru akan semakin menderita.

“I am the bone of my swords, steel is my body and fire is my bla.. bla.. blaa..”

Mau tahu ada siapa saja di posisi 5 hingga 8? Klik halaman 2!

[page_break no="5" title="Saitama (One Punch Man)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Saitama - Pahlawan kita semua. Sumber: www.tumblr.com[/caption]

“Jika kau bersungguh-sungguh ingin menjadi tangguh, berhentilah memedulikan apa yang orang pikirkan tentang dirimu. Hidup yang kau jalani tak ada kaitannya dengan apa yang mereka pikirkan”

[duniaku_baca_juga]

Digadang sebagai manusia terkuat di muka bumi. Ia mampu melibas musuh manapun hanya dengan satu pukulan.

Saitama hidup pas-pasan dan sebatang kara di sebuah apartemen sempit di pusat kota. Namun, keterbatasan tersebut tidak membuat dirinya malas menempa diri. Ia tekun menjalani teknik latihannya yang termasyhur itu hingga menjadi sekuat ini.

Menghancurkan satu bangunan utuh, membelah langit, berlari dengan kecepatan suara, hingga bertolak dari bulan ke bumi hanya dengan satu lompatan bukan hal mustahil baginya. Manakala raut muka polosnya berubah epik, setiap musuh di hadapannya hanya bisa pasrah, karena jika itu terjadi, mustahil bagi mereka untuk menyelamatkan diri.

Meski kekuatannya seolah tak terhingga, ia merupakan sosok yang rendah hati. Ia tak keberatan jika semua kredit dan pujian tak dialamatkan kepadanya. Baginya, kewajiban utama seorang pahlawan adalah menyelamatkan umat manusia.

[page_break no="6" title="Edward Elric (Fullmetal Alchemist)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Ed.. Ward.. Sumber: www.pinterest.com[/caption]

“Bagaimana kau bisa melaju jika kau terus menyesali masa lalu.”

Sempat putus asa menjalani hidup pasca kegagalan menghidupkan kembali ibunya yang telah meninggal lewat transmutasi terlarang, ia bangkit dan berhasil menjadi alkemis (kimiawan) negeri di usia yang masih sangat belia. Bersama saudara kandungnya, Alphonse, ia pun memulai perjalanan mencari batu bertuah yang diyakini dapat mengembalikan tubuh utuh adiknya yang telah lenyap sebagai “ganjaran” akibat tindakan gegabahnya di masa lampau.

Edward Elric mengajak kita untuk terus melanjutkan hidup tanpa menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu. Menyesali masa lalu dan mempelajari masa lalu adalah dua hal yang jelas berbeda. Kita tentu harus belajar dari kesalahan dan kegagalan yang pernah kita perbuat, namun terus menyesalinya tanpa melakukan tindakan konkret tak akan pernah menghasilkan perubahan berarti.

[duniaku_adsense]

[page_break no="7" title="Sakata Gintoki (Gintama)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Gin-Chan.[/caption]

"If you have time to fantasize about a beautiful end, then just live beautifully 'til the end."

“Jika kau masih sempat menghkhayalkan akhir hidup yang indah, maka hiduplah dengan indah hingga akhir hayatmu.”

Bersama kedua sahabatnya, Shinpachi dan Kagura, ia mendirikan Yorozuya. Sebuah biro kecil yang menangani berbagai permintaan. Entah itu permintaan penting hingga yang paling antah-berantah sekalipun. Mulai dari detektif, pengacara, tukang cukur, hingga mencari kucing hilang.

Jika sedang tak ada pekerjaan, setiap harinya ia habiskan waktu dengan bermalas-malasan. Ia juga tak pernah membayar uang kontrakan dan memilih kabur ketika nenek Otose menagihnya. Begitu ia mendapat uang, ia justru menghabiskannya dengan berjudi dan mabuk-mabukkan. Hobinya adalah membaca manga mingguan Jump dan menonton berita ramalan cuaca demi melihat presenter favoritnya, Ketsuno Ana. Gin-san juga suka makanan manis, gemar mengupil dan mencari masalah dengan Shinsengumi.

Terlepas dari semua kebobrokannya di atas, Sakataka Gintoki dulunya adalah pahlawan dalam Perang Joui. Pria berambut perak-biru ini punya julukan Shiroyasha (Iblis Putih) lantaran kemampuan teknik pedang yang begitu cadas serta penampilannya yang serba putih. Kemampuannya yang menakutkan tersebut baru ia kerahkan ketika sedang terdesak. Ia rela berjuang dan bahkan mengorbankan nyawa demi sahabat dan keluarganya.

[page_break no="8" title="Yuuki Asuna (Sword Art Online)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Yuuki Asuna. Sumber: www.wall.alphacoders.com[/caption]

“Sometimes the things that matter the most are right in front of you.”

“Terkadang, sesuatu yang paling penting ada di hadapanmu.”

Sebenarnya, nasib sial lah yang membawa Asuna ke dalam dalam dunia virtual ini. Jika bukan karena kepentingan bisnis mendadak, mungkin kakak lelakinya yang akan berada di posisi dia. Awalnya Asuna tak begitu peduli dengan orang-orang sekitar yang ada di dunia game online tersebut. Namun, sejak bertemu dengan Kirito, sedikit demi sedikit ia mulai menunjukkan sifatnya yang baik hati dan penuh kepedulian.

Lewat anime bergenre aksi-fantasi ini, Asuna mengingatkan kita bahwa terkadang kita terlalu fokus mengejar apa yang kita inginkan. Padalah, ada kalanya, sesuatu atau seseorang yang berharga bagi kita, selama ini telah kita miliki. Hargailah semua yang telah kamu miliki, sebelum semuanya tiada dan lenyap dari genggamanmu.

Tinggal tersisa 4 karakter lagi di halaman selanjutnya, ayo semangat bacanya.

[page_break no="9" title="Guts (Berserk)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Guts[/caption]

“Jika aku khawatir akan menginjak semut-semut di bawah kakiku… aku tak akan bisa melangkah.”

[duniaku_baca_juga]

Guts mungkin lebih cocok disebut monster berwujud manusia. Perawakannya tegap menjulang, staminanya seolah tak terbatas, kekuatan fisiknya tak perlu dipertanyakan. Dengan entengnya ia dapat mengayunkan pedang raksasanya untuk melibas lawan-lawan yang dihadapinya. Ia tetap mampu bertarung meski dalam kondisi paling mengenaskan sekalipun. Pria ini sudah terbiasa membantai puluhan hingga ratusan prajurit di setiap perang yang ia ikuti. Termasuk menghabisi jenderal terbaik milik kerajaan yang dihadapinya.

Meski konteksnya jauh berbeda, kutipan di atas juga bisa kamu terapkan sama kehidupan kamu sehari-hari, kok. Umpamakan semut-semut tersebut sebagai hater, atau orang yang membenci kamu. Jika kamu terus menghiraukan orang yang membencimu, kamu tak akan pernah berkembang. Jadi, abaikanlah para pengganggumu dan fokus pada tujuan utamamu.

[page_break no="10" title="Eren Jaeger (Shingeki No Kyojin)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Eren Jaeger. Sumber: www.deviantart.net[/caption]

“Jika kalian menang, kalian hidup. Jika kalian kalah, kalian mati. Jika kalian tidak berjuang, kalian tak akan bisa menang!”

Ia menjalani kehidupan yang normal di balik tembok Maria. Namun, semua berubah ketika Titan Colossal menyerang. Para Titan menyerbu masuk, dan dalam sekejap distrik Shiganshina telah diambil-alih oleh makhluh mengerikan tersebut. Banyak penduduk tewas, mereka yang selamat berhamburan ke tembok terdalam. Meski keadaannya sedang tak berdaya, namun sejak saat itu ia telah bersumpah untuk menumpas semua Titan di muka bumi.

Terkadang, pilihan yang tersisa bagi kita adalah menang. Dan untuk mendapatkannya, kita tak bisa berdiam diri saja, kita harus terus berjuang. Berjuang menaklukan semua ketakutan kita, tak peduli sekeras apa keterbatasan membendung kita.

[page_break no="11" title="Light Yagami (Death Note)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Light Yagami[/caption]

“Dalam segala hal, tak ada yang dapat menang hanya dengan bertahan. Jika ingin menang, kau juga harus menyerang.”

Si psikopat kutu buku ini awalnya hanyalah murid SMA biasa yang punya tingkat intelegensi di atas rata-rata. Sebuah buku misterius yang jatuh di halaman sekolahnya menjadi awal baru kehidupannya. Lewat “Buku Kematian” ini ia menjelma menjadi pembunuh berantai yang berhasrat menciptakan dunia utopis yang bebas dari manusia-manusia kriminalis.

Kutipan ini diambil dalam adegan ketika ia sedang beradu tenis dengan L di universitas barunya. Kemenangan tak cukup diraih hanya dengan bertahan, kamu pun harus berani mengkalkulasi dan mengambil langkah untuk menyerang. Sama seperti Kira, bukankah kita juga punya ambisi yang ingin dicapai, bukan?

[duniaku_adsense]

[page_break no="12" title="Okabe Rintarou (Steins Gate)"]

Butuh Suntikan Motivasi? Simak Kutipan Inspiratif dari Karakter Animanga Favorit Berikut Ini! Okabe dan Makise. Sumber: www.deviantart.com[/caption]

“Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, karena itulah masa depan menyimpan potensi yang tak terhingga.”

Ilmuwan gila yang terkenal dengan tawa khasnya ini merupakan seorang tsundere sejati yang eksentrik sekaligus melodramatik. Houoin Kyouma, atau begitulah ia menyebut dirinya, adalah pria yang kerap bergumam sendiri lewat ponsel pribadi dan berdelusi bahwa ia sedang dikejar-kejar oleh sebuah organisasi. Delusi yang ironisnya, seiring waktu berjalan, menjadi kenyataan tragis baginya.

Walaupun dari tampilan luar ia tampak seperti pria cuek bermasa depan suram, namun ia sebenarnya pria yang begitu peduli pada teman-temannya. Kutipan di atas menggambarkan betapa optimisnya ia untuk mengubah takdir dengan “melompati” lini masa yang berbeda-beda namun kepahitan yang terus berulang demi menyelamatkan semua teman-temannya.

Begitupun kamu, jangan pernah berhenti berjuang. Sebab, meski keadaan kita sedang terdesak dan seolah mustahil nasib kita di ujung sana akan berakhir bahagia, kita dapat terus menaruh harapan pada sebuah dimensi waktu bernama masa depan yang menyimpan kemungkinan tak terbatas.


Bagaimana? Apa kutipan di atas mengena buat kamu? Tentu beberapanya sedikit banyak punya pengaruh terhadapmu bukan?

Itulah, sahabat Duniaku.net yang baik hatinya, beberapa kutipan inspiratif dari karakter Anime terfavorit. Kalau kamu punya kutipan andalan lain, silakan bagikan di kolom komentar ya. Salam lemper.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

Latest