Akankah Attack on Titan Berakhir dengan Musnahnya Dunia di Luar Pulau?

Ini kemungkinan yang terasa setelah bab 123!

Akankah Attack on Titan Berakhir dengan Musnahnya Dunia di Luar Pulau?

Kamu mungkin masih ingat kalau di awal Attack on Titan, Eren dan teman-temannya mengira merekalah manusia terakhir yang masih hidup. Tidak ada lagi kehidupan di luar tembok, apalagi di seberang lautan. 

Tapi ternyata tidak. Dunia terus berkembang di luar pulau tempat tinggal Eren. Parahnya, para penduduk dunia ternyata membenci Pulau Paradis hanya karena sejarah masa lalu para Titan. 

Setelah bab 123, saya curiga Eren akan mencoba menyebabkan kemusnahan total dunia di luar pulau. Seperti yang pernah dikira penduduk Paradis dulu. 

1. Rencana Eren terwujud

Di Attack on Titan 123, Eren menyebabkan bangkitnya seluruh Colossal Titan yang tadinya menjadi fondasi dari tembok-tembok Paradis. Ia lalu mengungkap niatnya: ia ingin memusnahkan seluruh kehidupan di Pulau Paradis. 

Jika seluruh dunia menganggap Paradis sebagai musuh, maka ia akan menghancurkan dunia duluan. 

2. Ngerinya? Ada kemungkinan hal mengerikan ini bakal terwujud!

Akankah Attack on Titan Berakhir dengan Musnahnya Dunia di Luar Pulau?comicbook.com

Sejak November 2018, satu tahun lalu, Isayama telah mengungkap panel terakhir Attack on Titan. Seorang pria menggendong bayi. Pria ini mengatakan kepada bayinya, "Kamu bebas." 

Kalau misalnya seluruh dunia di luar Paradis musnah, ya berarti memang si bayi bebas. Tidak akan ada lagi ancaman invasi dari luar, dan sekarang penduduk Pulau Paradis bebas untuk tumbuh dan hidup dengan tenang.  Sementara itu, di luar sana, dunia musnah. 

Masalahnya, sekarang Eren sudah melewati point of no return. Apakah ada cara bagi negara-negara di dunia untuk memaafkan Paradis setelah ini terjadi? Saya rasa kok tidak. 

Kalau misalnya Eren dihentikan, apa yang terjadi? Saya rasa invasi ke Paradis tetap akan berjalan dan justru penduduk Paradis yang dimusnahkan. 

Saat ini, saya hanya melihat dua skenario paling sederhana soal bagaimana Attack on Titan berakhir: kemusnahan dunia atau kemusnahan Paradis.  

Baca Juga: Attack on Titan 123 Mengungkap Rencana Brutal Eren!

3. Membuat kebohongan di awal cerita menjadi kenyataan

Akankah Attack on Titan Berakhir dengan Musnahnya Dunia di Luar Pulau?comicbook.com

Awalnya, penduduk Pulau Paradis diberi propaganda kalau para Titan sudah memusnahkan umat manusia di luar tembok. Tentu saja, kemudian terungkap kalau itu tidak benar. 

Namun sekarang? Eren benar-benar berpotensi membuat kebohongan itu menjadi kenyataan. Bahwa memang dunia di luar tembok sudah hancur oleh Titan. Hanya saja, Eren yang menyebabkannya. 

4. Adakah yang bisa menghentikan rencana Eren?

Masih ada orang yang bisa menghentikan rencana Eren. Levi sepertinya masih hidup, dan mungkin akan berperan lagi. Armin masih memiliki kekuatan Colossal Titan. Mikasa diberi momen di Attack on Titan 123, di mana ia menyesali tidak berbuat berbeda saat mengobrol dengan Eren di luar kamp pengungsian Marley. 

Selain itu, pasukan Marley seperti Reiner dan Pieck masih ada di pulau. Falco baru saja memperoleh kekuatan Jaws Titan. Ada juga Zeke, yang baru saja dipermalukan oleh Eren. Perintah Zeke untuk memandulkan kaum Eldia diabaikan oleh Ymir Fritz, karena Eren sukses membujuk wanita itu. 

5. Solusi alternatif: para Titan mengalahkan Eren bersama-sama?

Akankah Attack on Titan Berakhir dengan Musnahnya Dunia di Luar Pulau?comicbook.com

Tapi mungkin kamu ingat ending Code Geass: Lelouch membuat rencana di mana dirinya mati sebagai penjahat untuk mewujudkan perdamaian. 

Skenario paling bagus yang bisa tercipta dari situasi ini adalah situasi serupa terjadi di Attack on Titan. Sebelum mati, Willy Tybur sudah mencoba membuat Eren seperti penjahat besar. 

Eren juga dikenal sebagai dalang utama dari peristiwa di Marley yang menyebabkan kematian Willy dan banyak orang lain. Dia adalah target utama dunia sekarang. 

Bila misalnya Eren dibunuh bersama oleh gabungan kekuatan Marley dan Paradis, mungkin para perwakilan Marley bisa membuat dunia melihat kalau Paradis bukan orang jahat. 

Tapi tentunya, untuk memastikan ini berjalan mulus, Zeke Yeager dan kroninya yang punya rencana lain juga harus dihabisi. 

Situasi Attack on Titan ini memang sangat rumit dan kelam. Gimana menurutmu? Akankah Attack on Titan berakhir dengna musnahnya dunia di luar pulau?

Baca Juga: Zeke atau Eren? Mana yang Seharusnya Didukung di Attack on Titan?

Artikel terkait

Latest