Korea Selatan Uji Coba Teknologi Pertandingan Taekwondo Ala Tekken!

Gunakan life bar untuk menentukan pemenang pertandingan

Korea Selatan Uji Coba Teknologi Pertandingan Taekwondo Ala Tekken!

Saat ini, mungkin game balapan merupakan cabang esports yang mampu menyajikan sensasi dan intensitas pertandingan yang sama persis dengan versi dunia nyatanya. Menonton esports balapan sama mengasyikannya dengan menonton balap mobil betulan karena memang didesain mengikuti dunia nyata.

Tapi tahukah kamu bahwa game esports fighting juga sama gregetnya dengan pertandingan bela diri betulan? Setidaknya belum lama ini di Korea Selatan, dikembangkan teknologi yang memungkinkan pertandingan bela diri taekwondo di dunia nyata terasa seperti bermain game Tekken!

1. Life bar dan timer

Korea Selatan Uji Coba Teknologi Pertandingan Taekwondo Ala Tekken!dexerto.com

Dalam sistem pertandingan taekwondo yang baru ini, kedua petarung bertanding di depan layar raksasa. Layar ini menampilkan informasi petarung, life bar mereka, serta timer waktu. Sistem di balik layar terhubung langsung ke sensor yang terpasang di tubuh petarung.

Setiap petarung memiliki life bar sebanyak 100 poin. Jika serangan petarung berhasil mengenai lawannya, serangan itu terhubung ke sensor dan akan mengurangi life bar lawan berdasarkan tingkat kekuatannya. Efek suara pun akan diputar sebagai konfirmasi serangan yang berhasil. Sistem ini juga bisa mendeteksi pelanggaran, dimana penalti akan tampil di layar.

Baca Juga: Di Seri Tekken Lama, 6 Karakter Ini Overpowered Banget!

2. Mudah dimengerti penonton

Korea Selatan Uji Coba Teknologi Pertandingan Taekwondo Ala Tekken!fightersgeneration.com

Sistem pertandingan taekwondo baru ini diciptakan agar penonton biasa semakin mudah menikmati pertandingan taekwondo. Dengan life bar, penonton bisa mengetahui siapa petarung yang tengah unggul.

Selain itu, sistem ini juga sejalan dengan rencana otoritas di Korea Selatan yang menginginkan perubahan dalam peraturan pertandingan taekwondo. Jika biasanya sistem skor taekwondo berdasarkan bagian tubuh yang terkena serangan, kini akan diganti berdasarkan kekuatan serang kepada bagian tubuh. Dengan peraturan baru ini, diharapkan para petarung bisa bermain lebih ofensif.

3. Reaksi para pegiat bela diri

Dikutip dari forum martialtalk, para pegiat bela diri memandang sistem baru ini dengan cukup positif. Meski demikian, mereka juga memandang ada hal yang bisa ditingkatkan lagi seperti menambah kategori kelas berdasarkan berat badan petarung, hingga menekan biaya infrastruktur sistem.

Menurut kamu, bela diri apa lagi yang cocok menggunakan sistem life bar?

Baca Juga: Senang Kisah Berantem? Ini 10 Manga Fighting yang Menarik Buat Kamu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU