Samsung Akan Buat Sensor Kamera Smartphone 600 Megapixel?

Mata manusia memiliki detail mendekati 500MP

Samsung Akan Buat Sensor Kamera Smartphone 600 Megapixel?

Semakin hari, sensor kamera smartphone semakin tajam dan canggih. Smartphone kini mampu menyajikan detail foto mendekati kualitas kamera DSLR. Samsung sebagai salah satu pelopor pengembangan sensor kamera smartphone kini membidik target sensor kamera sebesar 600 megapixel! Bagaimana cara mereka mencapainya?

1. Samsung pelopor sensor kamera smartphone

Samsung sendiri dianggap sebagai produsen smartphone yang terus mendorong pengembangan sensor kamera. Mereka adalah yang pertama kali menciptakan sensor kamera 64 dan 108MP untuk smartphone.

Yongin Park selaku EVP dan Head of Sensor Business Team dari Samsung membidik target 600MP untuk pengembangan sensor kamera terbaru Samsung. Menurutnya, 600MP bisa menyajikan detil lebih banyak dari mata manusia yang mendekati 500MP.

Baca Juga: Lebih Keren dari S20, Inikah Wujud Samsung Galaxy Note 20?

2. Perkembangan sensor kamera Samsung

Saat ini, sensor kamera Samsung dengan resolusi 108MP digunakan di Samsung Galaxy S20 Ultra dengan sensor ISOCELL Bright HM1, dan Xiaomi Mi Note 10 dengan sensor ISOCELL Bright HMX. Meski demikian, keduanya lebih diperuntukkan untuk memotret dalam resolusi 12-27MP.

Target dari pengembangan sensor kamera 600MP tersebut adalah untuk menciptakan sensor kamera yang mampu melewati batasan tersebut dan juga batasan mata manusia.

3. Kendala sensor kamera besar di smartphone

Samsung Akan Buat Sensor Kamera Smartphone 600 Megapixel?androidcommunity.com

Menciptakan sensor kamera 600MP secara teori bisa dilakukan. Namun kendala utamanya adalah sensor tersebut akan berukuran terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam smartphone. Salah satu solusinya adalah mengecilkan ukuran pixel. Saat ini sensor HM1 dan HMX memiliki ukuran pixel 0.8μm.

Yongin Park belum punya deadline pengembangan sensor kamera 600MP tersebut, dan sebaiknya tidak perlu mengatur deadline jika dirasa tidak begitu perlu. Menurut kamu, kapan realistisnya sensor kamera 600MP hadir di dalam smartphone?

Baca Juga: Digital Zoom Hingga 100 Kali? Ini Hands On Kamera Samsung S20 Ultra!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU