Comscore Tracker

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone Unggulan

Gelaran terbesar industri mobile tak lama lagi akan digelar. Ponsel incaran kamu tahun ini bisa jadi akan lahir di acara ini.

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone Unggulan

Gelaran terbesar industri mobile tak lama lagi akan digelar. Ponsel incaran kamu tahun ini bisa jadi akan lahir di acara ini. Lalu, produsen mana saja yang siap menampilkan ponsel unggulan mereka pada acara ini?

Mobie World Congress (MWC) akan diadakan sebanyak dua kali. MWC pertama akan bertempat di Barcelona, Spanyol pada tanggal 27 Februari hingga 2 Maret. Sedangkan hajatan keduanya yang akan digelar pada 28 Juni hingga 1 Juli akan berlokasi di Shanghai, Cina.

[duniaku_baca_juga]

Pada ajang yang dimotori oleh GSMA ini, para produsen perangkat mobile akan mengumumkan beragam produk terbaru mereka. Tak hanya ponsel pintar, namun gadget menarik lainnya seperti tablet, arloji pintar, hingga perangkat Internet of Things (IoT). Di sini juga akan dibahas mengenai teknologi terbaru seperti teknologi layar lipat, 5G, Augmented Reality hingga asisten digital.

Lalu apa bedanya Mobile World Congress (MWC) dengan Consumer Electronic Show (CES) yang baru berakhir beberapa waktu lalu? Singkatnya, CES merupakan ajang pameran beragam produk elektronik secara umum, diantaranya ponsel, televisi, kulkas, kamera, perangkat audio, hingga gadget terbaru lainnya. Sedangkan MWC, sesuai namanya, khusus diadakan sebagai ajang pameran yang khusus berkaitan dengan perangkat mobile, jaringan, serta infratstruktur yang mendukung di dalamnya.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/01/11/gadget-unik-nyentrik-ces-2017/" title="9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017"]

Berikut ponsel-ponsel yang siap diperkenalkan oleh pabrikan ternama di Mobile World Congress 2017:

[page_break no="1" title="Samsung"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanBocoran terbaru desain Galaxy S8.Sumber: Samsung.

Beredar selentingan bahwa kemungkinan besar kita tak akan menyaksikan kelahiran Galaxy S8 di perhelatan ini. Hal ini dikarenakan Samsung masih membutuhkan waktu untuk menyempurnakan flagship terbaru mereka. Tentunya mereka juga berharap agar insiden Note 7 tak lagi terulang. Penundaannya sendiri dikabarkan akan berakhir pada 18 April nanti.

Di panggun ini, Samsung juga bersiap untuk menyibak informasi resmi mengenai penyebab atas tersejadinya insiden Note 7. Kita mungkin hanya akan disuguhkan produk pembaruan untuk lini gear 360 serta tablet seri S yang tahun lalu tak mendapatkan suksesornya.

[duniaku_adsense]

[page_break no="2" title="LG"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanSelamat tinggal konsep modular. Sumber: LG.

Dengan kemungkinan absennya calon smartphone terunggul Samsung, LG tentunya tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mencuri start dari pabrikan senegaranya tersebut.

LG akan merilis ponsel flagship bernama G6. Ponsel ini kabarnya akan membawa fitur pemindai iris mata, tahan air, pengisian daya nirkabel, penggunaan kamera ganda, serta fitur unggulan pada V20, yaitu kapabilitas audio dan baterai yang dapat lepas-pasang. Spesifikasi lainnya adalah prosesor terbaru besutan Qualcomm, Snapdragon 835, dan layar 4K.

Meski membawa terobosan baru lewat desain modularnya, namun LG G5 berakhir mengukir hasil penjualan yang kurang memuaskan. Selain harganya yang mahal repotnya pemasangan ditengarai menjadi penyebab telaknya kekalahan G5 atas S7. Alhasil, seiring dengan spekulasi yang beredar, kita dipastikan tak akan lagi melihat “kawan-kawan” LG tahun ini.

[page_break no="3" title="Sony"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanSumber: Android Authority.

Kendati pangsa pasar mereka kian hari kian menurun, namun itu tak mengurungkan niat Sony untuk terus menelurkan smartphone terbaru.

Produsen ini memang rajin mengikuti ajang MWC dan merilis ponsel terbaru mereka di sana. Pada MWC 2016 kemarin, Sony resmi menghentikan keran flagship Z dan menggantinya dengan seri Xperia X. Ada tiga seri Xperia X yang dikeluarkan tahun lalu, Xperia X, Xperia XA, dan Xperia XZ. Kabarnya pada MWC tahun ini mereka akan merilis dua produk smartphone yang hingga kini belum ada bocoran spesifikasinya.

Apakah kita akan melihat Xperia X2 dan Xperia XZ2? Ataukah Sony akan menghadirkan lini Xperia dengan embel-embel abjad yang lain? Apapun itu, semoga saja Sony mengungkap smartphone dengan desain yang lebih segar dibanding yang para pendahulunya.

[page_break no="4" title="HTC"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanSumber: wccftech.

Dilansir dari [outbound_link text="Engadget" link="https://www.engadget.com/2017/01/12/htc-u-ultra-chialin-chang-interview/"], besar kemungkinan kita tak akan melihat flagship bernama HTC 11. Presiden HTC, Chialin Chang, menegaskan bahwa HTC tetap akan akan merilis smartphone flagship penerus HTC 10, namun ponsel itu tak akan dinamakan HTC 11. Selanjutnya, ia juga membeberkan kalau pabrikan ponsel asal Taiwan itu berencana merilis 6 hingga 7 ponsel pintar tahun ini.

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanSumber: wccftech.

Dua diantaranya telah mereka ungkap dalam wujud HTC U Play dan HTC U Ultra. Ponsel yang mengusung tagline: All About You U ini akan dilepas ke pasaran pada pertengahan Februari nanti.

Belum ketemu ponsel unggulan yang kamu idamkan? Mungkin ada di halaman selanjutnya, silakan klik.

[page_break no="5" title="Apple"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanSumber: ibtimes.

Apple, kita ketahui, seringkali mengadakan gelaran sendiri untuk memperkenalkan ponsel anyar mereka. Khususnya ponsel unggulan. Sehingga, jika kamu menunggu kemunculan penerus iPhone 7, kamu harus sabar menunggu acara ekslusif mereka yang biasanya diadakan pada September, di California, AS.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="6" title="Microsoft"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone UnggulanSumber: amaziness.

Tahun lalu, pada acara yang sama, Microsoft memperkenalkan Lumia 650 ke hadapan audiens Catalan. Tahun ini pun mereka telah memastikan satu tempat di MWC, sehingga boleh jadi, mereka akan merilis suksesor ponsel tersebut atau seri Lumia yang benar-benar baru.

Sayang, salah satu smartphone yang diantisipasi dari Microsoft, Surface Phone, hampir dipastikan tak akan diumbar pada acara kali ini dan baru akan diperkenalkan di pengujung tahun nanti.

[duniaku_adsense]

[page_break no="7" title="Xiaomi"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone Unggulan XIaomi Mi Mix[/caption]

Mi 5 beserta Mi 4s diperkenalkan Xiaomi pada MWC tahun lalu. Setelah absen pada gelaran CES kemarin, tampaknya kita akan melihat peresmian Mi 6, yang bocoran spesifikasinya telah berseliweran di jagat maya.

Bahkan, belum juga resmi diperkenalkan, bocoran skor Antutu Xiaomi, yang mencapai 210.039, sudah menggegerkan publik. Apabila rumor tersebut benar adanya, itu berarti Mi 6, yang akan diotaki Snapdragon 835, sudah jauh melampaui skor tertinggi di Antutu tahun, 183.106, yang dicetak oleh iPhone 7 Plus.

[page_break no="8" title="Nokia"]

MWC 2017, Ajang Tahunan Para Vendor Memamerkan Smartphone Unggulan Nokia 6[/caption]

Inilah brand yang berpotensi besar menjadi primadona utama di MWC tahun ini. Sejak mengutarakan niatnya tahun lalu untuk kembali terjun ke dunia smartphone dengan mengusung sistem operasi Android, Nokia sebenarnya sudah berhasil menarik perhatian para pecinta ponsel pintar.

Setelah lama absen, Nokia resmi merilis Nokia 6 dengan spesifikasi yang cukup menggiurkan. Namun, Nokia 6 hanyalah produk yang ditujukan untuk kelas menengah. Kita tentu berharap banyak agar Nokia merilis ponsel sesungguhnya, smartphone flagship dengan spesifikasi tertinggi serta membawa segudang fitur terbaik.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2017/01/08/spesifikasi-nokia-6-indonesia/" title="Resmi! Android Nokia 6 dengan CPU Snapdragon, RAM 4GB, ROM 64GB, Hanya 3 Jutaan!"]

Nokia 8 dengan kode nama Supreme, sepertinya akan menjadi jawaban kita. Ponsel ini rumornya akan membawa spesifikasi paling terkini seperti Snapdragon 835, berkamera utama 24 MP serta kamera belakang 12 MP, dengan layar QHD berukuran 5,7” dan memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB.

[page_break no="9" title="Hal menarik lainnya di MWC 2017"]

Selain nama-nama di atas, pabrikan lain yang siap unjuk gigi pada perhelatan MWC tahun ini diantaranya adalah Huawei, Lenovo Moto, Blackberry, Asus, Meizu dan ZTE. Gadget lain seperti laptop, arloji pintar, sampai perangkat VR.

Informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan kemunculan resmi akan terus kami perbarui. Jadi, pantengin terus Duniaku.net untuk mengetahui kabar terbaru mengenai calon smartphone yang telah kamu tunggu-tunggu.

Sumber: 1, 2. Diedit oleh Arya W. Wibowo

Article Terkait

Latest Story

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno