Mengintip Komik Horizon Zero Dawn Lebih Dalam Bersama Ann Maulina

Komikus Indonesia Ann Maulina garap komik Horizon Zero Dawn

Mengintip Komik Horizon Zero Dawn Lebih Dalam Bersama Ann Maulina

Kehadiran komik Horizon Zero Dawn membuat khalayak gamer di Indonesia hangat membicarakannya. Pasalnya, komik tersebut digarap oleh komikus Indonesia Ann Maulina.

Ann yang berdomisili di kota Bandung ini merupakan anggota circle komikus dan ilustrator Kroma yang telah merilis komik Raruurien lewat circle tersebut. Ann juga memiliki berbagai pengalaman di dunia game dev lokal, sehingga proyek komik Horizon Zero Dawn ini nampaknya tidak lagi terasa asing baginya.

Bagaimana Ann Maulina mengembangkan komik Horizon Zero Dawn ini bersama Guerrilla Games? Tim Duniaku.com ngobrol-ngobrol bersama Ann untuk menjawabnya!

1. Guerrilla Games terkesan dengan karya Ann

Mengintip Komik Horizon Zero Dawn Lebih Dalam Bersama Ann Maulinaas.com

Bagaimana awal mula Ann mengerjakan komik Horizon Zero Dawn?

Ann: Awal mulanya di tahun 2018 aku dikontak salah satu editor dari Titan Comics lewat email. Dari email itu, mereka mengaku menyukai karyaku, tapi bagaimana mereka bisa menemukan karyaku juga masih misteri ya. Kok bisa ya, padahal kan aku gak terkenal, dan karya komik aku juga masih bisa dihitung jari.

Tapi tentu saja aku senang dapat tawaran itu. Kalau dalam bahasa Sunda mah, "sumringah" ya. Walaupun kurang pede karena pengalamanku yang minim, aku beranikan diri ambil proyek ini.

Setelah dikontak Titan Comics, bagaimana kelanjutannya?

Ann: Dari situ aku diminta untuk membuat dua halaman test page. Dari editor, aku dapat feedback bahwa pihak Guerrilla Games suka banget sama coloring-nya. Ironisnya, kami akhirnya gak pakai coloring aku karena deadline yang cukup ketat. Kemudian aku ditawarkan untuk menjadi colorist atau bikin sequentials (layout dan inking). Aku pilih bikin sequentials, jadi di proyek ini aku cuma terlibat sampai tahap inking aja.

Kami kemudian mencari colorist yang lain. Sempat ada colorist yang coba mewarnai hasil ink aku saat itu, dan jujur buat aku sih kurang oke. Akhirnya aku merekomendasikan colorist yang sebelumnya pernah duet sama aku yaitu Bryan Valenza.

Baca Juga: Inilah 20 Game PlayStation 5 yang Sudah Dikonfirmasikan

2. Mengerjakan komik secara remote

Setelah terpilih, bagaimana Ann mengerjakan komik Horizon Zero Dawn?

Ann: Walaupun pertama kali aku dikontak Titan Comics tahun 2018, produksi komiknya baru dimulai di awal tahun 2020. Prosesnya kurang lebih sama seperti proses pengerjaan proyek komik yang sebelumnya aku kerjakan. Aku menerima script dari penulis Anne Toole dengan dijembatani oleh editor. Setelah itu aku membuat layout, yang nantinya dioper ke pihak Guerrilla Games.

Selama proses produksi, seperti apa feedback yang diberikan oleh Titan Comics dan Guerrilla?

Ann: Nah, awalnya aku punya kesulitan soal feedback ini. Bayangkan, biasanya aku mendapatkan feedback hanya dari editor, sekarang feedback-nya datang dari banyak orang. Baik dari editor, dari penulis, juga dari Guerrilla Games. Ditambah lagi feedback-nya gak muncul berbarengan, jadi muncul satu persatu.

Kebayang gak sih, misalnya lagi revisi halaman 1, kemudian editor minta ganti pose di panel A dari berdiri jadi jongkok. Terus dapat feedback lagi dari pihak lain minta posenya cuma diganti menoleh saja. Ini bikin stress banget.

3. Komunikasi intens untuk memantapkan komik

Lalu bagaimana kalian mengatasi masalah tersebut?

Ann: Dari sini ada perubahan workflow. Editor akhirnya mengumpulkan feedback dulu dari semua pihak sebelum disampaikan ke aku. Alhamdulillah, hasilnya gak ada lagi feedback yang bentrok atau sampai mengganggu workflow-ku. Ditambah lagi kadang kami punya sesi diskusi untuk membahas feedback lewat video call. Itu ngebantu banget.

Seberapa terbuka pihak Guerrilla dalam membagi beberapa info dan detail plot, mengingat komik Horizon Zero Dawn bersetting setelah game-nya selesai dan mungkin bersambung ke sekuelnya?

Ann: Hmm... kalau untuk plot cerita aku umumnya tahu dari script-nya langsung. Tapi kadang aku juga tanya-tanya, misalnya soal hubungan antar karakter ke depannya mau dibawa ke mana, dan mereka cukup terbuka soal itu. Tapi ini sebatas komik saja ya. Kalau soal game sekuel yang nanti akan rilis di PS5 aku gak berani tanya, dan memang aku gak suka spoiler juga, hehe.

Itu dia wawancara bersama Ann Maulina terkait komik Horizon Zero Dawn yang ia kerjakan. Terima kasih atas kesempatannya! Kamu bisa mendapatkan komik Horizon Zero Dawn edisi 0 secara gratis di event Free Comic Book Day 2020 tanggal 22 Juli 2020.

Baca Juga: Reformer, Manga Debut Alex Irzaqi di Jepang, Telah Rilis!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU