45 Quotes Bahasa Jawa Kocak, Bikin Tertawa Terbahak-Bahak

Kocak sekaligus memotivasi

Goodfellas

Bahasa Jawa memiliki tingkatan bahasa tergantung dengan siapa kamu sedang bicara. Saat berbicara dengan orang terdekat, tak jarang orang Jawa banyak mengeluarkan gurauan berupa quotes bahasa Jawa kocak. 

Quotes ini dapat diucapkan sebagai sarana saling memotivasi sekaligus menyemangati sesama, dan juga sebagai hiburan yang membuat orang lain tertawa. Berikut ini quotes bahasa Jawa kocak, dijamin lucu!

1. Quotes Bahasa Jawa Kocak

J.J. Jameson tertawa.J.J. Jameson tertawa. (Dok. Sony Pictures/Spider-Man 2)

1. "Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenengan dangdutan."(Namanya hidup itu pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan)

2. "Sopo sing gelem mijeti aku. Nek wedok tak pek bojo. Nek lanang, bojone tak pek."(Siapa yang mau mijitin aku. Kalau perempuan akan aku jadikan istri. Kalau laki-laki, istrinya akan kujadikan istriku)

3. "Truk wae nduwe gandengan, mosok kowe ora nduwe gandengan?"
(Truk saja punya pasangan, masak kamu nggak punya?)

4. "Pantesan awakku ora lemu-lemu. Sing tak pangan harapan palsu."
(Pantas saja badanku tidak gendut-gendut. Yang aku makan harapan palsu)

5. "Jare simbok timbang golek Pokemon, luwih becik golek jodo, simbok pengen gendong putu, dudu gendong Pikachu."
(Kata ibu daripada nyari Pokemon mending nyari jodoh, ibu pengin nimang cucu bukan nimang Pikachu)

6. "Rasah sok romantis, nek akhire mung tragis. Mending seng humoris tapi akhire manis."
(Nggak perlu romantis, kalau akhirnya hanya tragis. Mending yang humoris tapi akhirnya manis)

7. "Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren."
(Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti)

8. "Wong Jowo kui jos! Bensin dadi bengsin, cokelat dadi soklat, mobil dadi montor, utang dadi lali."
(Orang jawa itu memang mantap! Bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, mobil jadi montor, utang jadi lupa)

9. "Aku mung iso maca buku, durung iso maca atimu."
(Aku hanya bisa membaca buku, belum bisa membaca hatimu)

10. "Obat sing pait wae iso nggawe mari, mosok koe sing manis iso nggawe loro?"
(Obat yang pahit saja bisa membuat sembuh, masa kamu yang manis malah bikin sakit?)

11. "Dipikir loro, dirasake yo malah loro, loro tambah loro sama dengan papat."
(Dipikir sakit, dirasakan juga tambah sakit. Dua tambah dua sama dengan empat)

12. "Kowe nek sayang ngomong, ojo ngode terus. Aku dudu brangkas sing butuh kode."(Kamu kalau sayang itu bilang, jangan memberikan kode saja. Aku bukan brankas yang butuh kode)

13. "Asline aku ki setia, Ning akeh seng ra percoyo!"
(Sebenarnya aku itu setia, tapi banyak yang nggak percaya)

14. "Cukup nyawang koe sing ta sayang, kangen iki langsung ilang."
(Cukup melihat kamu yang aku sayang, rindu ini sudah langsung hilang)

15. "Pacaran kui ra usah diumbar-umbar, sing penting undangan teko-teko kesebar."(Pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang penting tiba-tiba menyebar undangan)

2. Quotes Bahasa Jawa Lucu

Tertawadok. Know Your Memes

16. "Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit."
(Dosa yang paling menyedihkan itu adalah mengeluh tidak punya uang)

17. "Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin yo rasane perih."
(Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu rasanya ya perih)

18. "Ketemu mergo Allah, janji demi Allah, tapi lungo demi dee."
(Ketemu karena Allah, janji demi Allah, tapi pergi demi dia)

19. "Ikhlas iku koyok keset, dipidek pidek tetep kudu welcome."
(Ikhlas itu seperti keset, walau diinjak-injak tetap harus welcome)

20. "Sak abot-abote masalahmu, nek ditimbang yo ra bakal payu."
(Seberat apa pun masalahmu, kalau ditimbang juga tidak akan laku)

21. "Nek enek uwong sing nglarani kowe, ojo pernah mikir dinggo mbales. Ngguwak-ngguwak tenogo, sinau ikhlas ya."
(Kalau ada orang yang sudah melukaimu, jangan pernah berpikir untuk membalasnya. Menghabiskan tenaga saja, belajarlah untuk ikhlas)

22. "Bojo ki asline awet sing biasa-biasa, mergo ayu ki paling banter 20 tahun wes ilang ayune. Lha bojo sing biasa, sampek tuek yo tetep biasa."
(Istri itu aslinya lebih awet yang biasa-biasa saja, karena wajah cantik itu paling lama hanya bertahan 20 tahun. Kalau istri yang biasa, sampai tua juga akan tetap sama)

23. "Penak ora penak yo penak no wae wong jenenge golek duwit."
(Enak tidak enak ya dienakkan saja, namanya juga cari uang)

24. "Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati."
(Harus semangat walaupun tidak ada yang menyemangati)

25. "Urepmu gak duwe tujuan? Koyok wong kebelet tapi ga nemu jedeng ae."
(Hidup tanpa tujuan seperti orang yang kebelet tapi tidak menemukan WC)

26.  "Untung atiku iki digawe karo Gusti Allah. Nek gawean menungso wes remuk ket wingi."
(Untung hatiku ini dibuat oleh Gusti Allah. Kalau buatan manusia sudah hancur dari kemarin)

27. "Nek ngomong ojo dhuwur-dhuwur. Mengko lambemu kesampluk pesawat."
(Kalau berbicara jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu tersambar pesawat)

28. "Ora kabeh wong seneng karo apa sing dewek lakoni. Ora papa, sing penting dewek niate apik lan nglakoni sing bener."
(Tidak semua orang senang dengan apa yang kita lakukan. Tidak apa-apa, yang penting kita niatnya baik dan melakukan yang benar)

29. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg."
(Supaya tidak kecewa, kita harus tahu kapan waktunya berhenti berharap dan kapan waktunya untuk berhenti)

30. "Wis ta titeni, wong wedok sing ayu kui mesti wis ono sing nduwe."
(Sudah aku cermati, perempuan cantik pasti sudah ada yang punya)

Baca Juga: 45 Quotes Sunda Kocak, Dijamin Bikin Ngakak!

3. Quotes Bahasa Jawa Bikin Ngakak!

Memedok. Know Your Memes

31. "Combro bae ana isine, masa atimu kosong."
(Combro saja ada isinya, masa hatimu kosong)

32. "Cinta mesti ono loro ati, nek kowe wegah loro ati, kowe gak bakalan nemu cinta sejatimu ndes!!"
(Cinta itu pasti pernah bikin sakit hati, kalau kamu nggak mau sakit hati, kamu nggak bakal menemukan cinta sejatimu)

33. "Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut."
(Kalau bicara jangan terlalu manis-manis, nanti mulutnya diserbu semut)

34. "Kabeh tugas kuwi gampang, nek ora usah di garap."
(Semua pekerjaan itu mudah, jika tidak usah dikerjakan)

35. "Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?"
(Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?)

36. "Abot di pikul bareng, enteng di gowo bareng, nek abot loro karone dipaketno ae."
(Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, kalau sama sama berat dipaketin aja)

37. "Ojo ragu mecahno masalah, kecuali nek onok tulisan, 'Mecahno tuku'."
(Jangan ragu untuk sekadar memecahkan masalah, kecuali kalau ada tulisan 'Memecahkan berarti membeli')

38. "Masalah wedokan iku gampang, penting iso nyaur utang sek."
(Masalah perempuan itu mudah, yang penting bisa membayar utang dulu)

39. "Duit saiki gampang luntur yo, esuk abang awan biru sore ijo wengi malah dadi abu-abu."
(Uang sekarang gampag luntur ya, pagi merah siang biru sore hijau malam malah jadi abu-abu)

40. "Tresnoku ge mantan koyo dinosaurus, pernah enek tapi wes punah."
(Cintaku untuk mantan seperti dinosaurus, pernah ada tapi sudah punah)

41. "Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku."
(Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan meminta utang padaku)

42. "Sing modus dipercoyo sing tulus digawe sengsoro."
(Yang modus dipercaya yang tulus disia-siakan)

43. "Ojo sebut aku mantan. Sebut wae aku alumni. Sopo reti dewe iso reuni."
(Jangan sebut aku mantan. Sebut saja aku alumni. Siapa tahu kita bisa reuni)

44. "Kerjo tak tekuni. Duit tak celengi, dolan tak kurangi. InsyaAllah taun ngarep sholatmu tak mamumi."
(Kerja aku tekuni. Uang aku kumpulkan, main aku kurangi. InsyaAllah tahun depan jadi imam salatmu)

45. "Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing."
(Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering)

Bikin ngakak dan tertawa terbahak-bahak, quotes bahasa Jawa di atas bisa kamu ucapkan kepada kerabat atau keluarga sebagai kata-kata motivasi dengan penuh humor.

Baca Juga: 15 Quotes Fajar Sadboy, Penuh Perasaan Dikhianati Pasangan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU