Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

Sony hanya butuh 6 bulan untuk mengeluarkan flagship baru, setelah Xperia X Performance. Dengan Xperia XZ, peningkatan spec kameranya paling greget. Kalian pasti lupa deh ribetnya bawa-bawa tas berisi perlengkapan DSLR.

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[read_more id="266043"]

Event Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[read_more id="242191"]

Awal tahun ini, Sony Mobile menggebrak dengan mengkonfirmasikan jajaran baru Android Xperia. Mereka meninggalkan pakem penamaan dengan huruf "Z" yang selama ini mewakili kelas flagshipnya, dan mengenalkan identitas baru, Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[read_more id="242077"]

[page_break no="" title="Buang Material Kaca, Kini Full-Metal"]

Menariknya, tidak seperti kedua sisinya di kiri dan kanan yang melengkung dan nantinya menyatu, bagian atas dan bawahnya dibuat rata. Desain ini mengingatkan kami pada beberapa tipe Nokia Lumia. Sederhana, sedikit mengotak, dan memang nyaman digenggam. Sony Mobile pun meninggalkan sepenuhnya material kaca yang kerap merepotkan penggunanya di masa lalu, serta memilih material metal (aluminium di bagian punggungnya). Keseluruhan casing Xperia XZ ini pun berbahan metal yang lebih kokoh.

Xperia XZ – perfectly tailored to life

[page_break no="" title="Kameranya Bikin Lupa Pada DSLR"]

Selain desainnya yang mungkin akan berakhir pada penilaian pribadi setiap penggunanya, peningkatan terbesar yang diberikan Sony Mobile untuk spesifikasi Xperia XZ ini dibandingkan Xperia X Performance yang menjadi tipe teratas Xperia X adalah kameranya. Esensinya Sony Mobile masih menerapkan konfigurasi yang sama, sensor besar berukuran 1/2.3-inchi, dengan jumah pixel mencapai 23-megapixel, dan didukung Predictive Hybrid Autofocus. Di sana masih sama, namun kini untuk Xperia XZ, kalian mendapatkan dua sensor lagi. Pertama, sensor Laser AF untuk membantu dalam mengukur jarak dari sensor kamera dengan obyek, serta juga diberikan RGB infrared sensor, yang mampu membantu sensor dalam mereproduksi cahaya dengan lebih akurat, dengan cara memisahkan antara cahaya alami serta cahaya lampu.

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[read_more id="252689"]

[page_break no="" title="Hasil Fotonya Anti Ngeblur!"]

Sudah cukup? Tidak juga! Sony Mobile juga memperkuatnya dengan lensa Sony G yang biasa diterapkan pada jajaran kamera digital mereka, dan juga ada prosesor gambar Bionz, serta, yang mereka klaim sebagai optical image stabilizer (OIS) 5-sumbu pertama yang diterapkan untuk smartphone. Dengan semua teknologi kamera tersebut, sepertinya kalian ga butuh lagi kemana-mana bawa DSLR nih! Sony sendiri mengklaim kamera Xperia XZ mampu menghasilkan foto yang tanpa blur, walaupun kalian menggunakannya di ruangan minim cahaya!

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[page_break no="" title="Ada Opsi Dual SIM, dan Ga Perlu Takut Kehabisan Memory"]

Wow factor Android ini sepertinya berhenti di bagian kamera dan desain luarnya saja. Di dalam, kalian mendapatkan kembali racikan mesin yang sama. Singkatnya, ada layar IPS 5.2-inchi dengan resolusi Full HD di sini, peningkatan dari dimensi 5-inchi pada Xperia X Performance. Kemudian memory-nya masih sama, 3 GB, dan prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Jika kapasitas internal 32GB seperti pada pendahulunya kurang, ada opsi 64 GB di sini, yang khusus untuk varian dengan dua slot kartu SIM GSM. Dan untuk pertama kalinya pada smartphone Sony Mobile, port USB Type-C.

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[page_break no="" title="Pertahankan Ciri Khas Xperia, Anti Air!"]

Nyari sensor sidik jari? Posisinya masih sama kok, ditombol power yang ada di samping tubuhnya. Sony Mobile juga menawarkan Xperia XZ dalam konfigurasi single atau dual SIM, serta semuanya anti debu dan air, karena mengantongi sertifikat IP65/68. Namun Sony Mobile sendiri mmperingatkan untuk mengeringkan dulu sisi bawahnya, dimana port USB Type-C berada, sebelum men-charge Xperia XZ. Sepertinya itu untuk mengantisipasi jika terjadi ledakan seperti kasus Galaxy Note 7 baru-baru ini yang terbakar akibat di-charge menggunakan konverter USB Type-C yang tidak sesuai rekomendasi.

Lanjut ke halaman 2... untuk detail fitur lainnya, dan daftar lengkap spesifikasi Xperia XZ. 

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

[page_break no="" title="Mode Stamina yang Lebih Cerdas"]

Baterainya sendiri juga bertambah 200-mAh dari Xperia X Performance, dan kini menjadi 2,900-mAh. Padukan pengoperasiannya dengan fitur STAMINA, kalian bisa dapatkan profil ketahanan baterai hingga 1 hari penuh. Klaim Sony Mobile atas fitur STAMINA tersebut memang terbukti. Namun seharusnya mereka memberikan kapasitas baterai lebih besar agar Xperia XZ bisa makin mudah bersaing dengan para rival dari vendor lainnya. Mendukung dalam hal perawatan baterainya, Xperia XZ menyertakan teknologi Battery Care-nya Sony, yang bakal mendeteksi apakah Android ini di-charge semalaman, dan otomatis akan memutuskan arus listrik ketika akan mencapai kapasitas 100%. Adaptive Charging tersebut merekam kebiasaan pengguna selama men-charge, dan menggunakannya untuk mempertahankan efektifitas baterai agar umurnya lebih panjang.

[read_more id="264788"]

[gallery td_select_gallery_slide="slide" ids="266025,266024,266023,266022,266021,266019,266035,266034,266033"]

Sony Xperia XZ bakal mulai dijual 23 Oktober 2016 mendatang. Belum ada keterangan berapa harganya, atau, negara mana saja yang mendapatkannya nanti.

Spesifikasi Xperia XZ

  • Chipset: 64-bit Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 quad-core Kyro CPU dengan kecepatan dual-core 1.593 GHz + dual-core 2.150 GHz
  • GPU: Adreno 530 dengan kecepatan 736MHz
  • Layar: 5.2-inchi IPS (1080 x 1920-pixel / 424ppi), berpelindung Gorilla Glass, dengan dukungan teknologi Triluminos dan X-Reality Engine
  • Memory: 3GB LPDDR3 RAM
  • Storage: 32GB plus slot micro SD (untuk single SIM), dan 64GB plus slot micro SD (untuk varian dual SIM)
  • Kamera utama: 23-megapizel, bukaan lensa f/2.0, dimensi lensa 24mm, ukuran sensor 1/2.3″, phase detection autofocus, laser autofocus, single LED flash, merekam video pada kualitas maksimal 2160p@30fps
  • Kamera depan: 13-megapixel, autofocus dengan bukaan lensa f/2.0, dimensi lensa, 22mm, ukuran sensor 1/3″, merekam video pada kualitas 1080p@30fps dan bisa dalam mode HDR
  • Baterai: 2,900mAh (non-removeable), mendukung fast charging
  • OS: Android 6.0 Marshmallow, dipastikan mendapatkan update ke Android 7.0 Nougat
  • Dimensi: 146 x 72 x 8.1 mm, dengan sertifikat IP68, anti debu dan anti air, mampu direndam ke dalam air kedalaman 1.5 meter selama 30 menit

  • Berat: 161gram
  • Jaringan: LTE Cat 9 / 3G / 2G (Dual nano SIM)
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot), USB Type-C, mendukung USB Host dan USB OTG / Bluetooth 4.2 (A2DP, aptX, LE) / NFC / A-GPS dengan dukungan GLONASS dan Beidou (tergantung wilayah)
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
  • Audio: Stereo Speaker, headset mendukung audio Hi-Fi, tidak ada Radio FM
  • Warna: Mineral black, Platinum, Forest blue, Deep Pink

Berikut demo beberapa fitur unggulan yang diberikan Sony Mobile untuk flagship mereka.

The new Xperia camera – capturing true colours

The new Xperia camera – capture without blur

The new Xperia – your tailored Xperia tips

The new Xperia – introducing Smart cleaner

The new Xperia – battery that lasts even longer

Sumber: Sony Mobile, XZ Product Page

Review

Latest