Comscore Tracker

Kembali Lagi, Ini 9 Lagu Jepang yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini! (Volume 9)

Untuk minggu ini lagu Jepang yang wajib kamu dengar datang dari Dean Fujioka, Okazaki Taiiku, Vickeblanka, Official Higedan DISM, Straightener x Motohiro Hata, dan Chara!

 Kembali Lagi, Ini 9 Lagu Jepang yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini! (Volume 9)

Untuk minggu ini lagu Jepang yang wajib kamu dengar datang dari Dean Fujioka, Okazaki Taiiku, Vickeblanka, Official Higedan DISM, Straightener x Motohiro Hata, dan Chara.

Kini, Duniaku.net mempunyai artikel rekomendasi baru untuk kamu yang ingin menyelami lagu Jepang lebih dalam lagi serta menambah wawasan tentang lagu Jepang. Lagu yang ditawarkan di sini pastinya ada yang sudah kamu tahu atau mungkin ada yang kamu belum tahu. Lumayan kan untuk menambah referensi dan playlist untuk smartphone kamu.

[read_more id="346422"]

Artikel ini akan muncul setiap hari Kamis jadi tetap cek Duniaku.net tiap minggunya untuk mendapatkan rekomendasi musik Jepang yang paling segar dan keren tiap minggunya.

Mari kita mulai melihat dan mendengarkan 9 lagu baru Jepang yang wajib kamu dengar untuk minggu ini di edisi kesembilan, 30 November 2017.

[page_break no="1" title="Dean Fujioka – Permanent Vacation (A-Sketch, 2017)"]

[youtube_embed id="4uPUSM1BUQ"]

Bagi yang menyukai artis Jepang pasti tidak asing dengan nama Dean Fujioka. Dean Fujioka merupakan aktor, penyanyi, model, sutradara, dan penyiar radio. Artis serba bisa ini mendapatkan kepopulerannya pertama kali bukan di Jepang melainkan di Taiwan dan telah beradu akting dengan Barbie Hsu serta Rainie Yang.

Setelahnya, ia memutuskan untuk meninggalkan dunia akting dan memilh untuk bermusik bersama debgan DJ Sumo a.k.a. DJ Sumantri yang sebelumnya telah menangani artis Indonesia papan atas seperti Agnez Mo, Glenn Fredly, Krisdayanti, Yuni Shara, Pinkan Mambo dan masih banyak lagi.

Namanya di dunia musik kembali melambung berkat lagu “History Maker” yang menjadi lagu pembuka anime Yuri!! on Ice, ia kembali merilis karya barunya dalam sebuah EP berjudul Permanent Vacation/Unchained Melody yang telah dirilis pada 5 Juli 2017 dengan menampilkan lagu future house  yang emosional berjudul “Permanent Vacation”.

[duniaku_adsense]

[page_break no="2" title="Straightener x Motohiro Hata – Akari (Virgin, 2017)"]

[youtube_embed id="EiCFjKlhcVk"]

Lagu “Akari” menyatukan dua musisi papan atas Jepang yang terkenal di dunia alternative disana yaitu band alternative rock Straightener serta penyanyi folk Motohiro Hata.

Awalnya band yang dipimpin oleh Atsushi Horie ini melihat penampilan Hata menyanyikan lagu “Ai” dalam acara NANO MUGEN FES pada tahun 2012. Setelah terkesima melihat penampilannya ia ingin mengajak Hata untuk berkolaborasi bersama tetapi waktunya belum pas. Ketika mereka berada di induk label yang sama yaitu Universal Music barulah mereka bisa melaksanakan kolaborasi tersebut.

Single mellow ini telah dirilis pada 15 November 2017 kemarin sekaligus menjadi penanda 20 tahun terbentuknya Straigthener. Lagu ini menyatukan semangat alternative rock dari Straightener dengan jiwa mellow dan folky dari Motohiro Hata yang menghasilkan sebuah lagu yang indah.

[read_more id="336832"]

[page_break no="3" title="Okazaki Taiiku – Natural Lips (Sony, 2017)"]

[youtube_embed id="Qs9C5sVJuVs"]

Okazaki Taiiku sendiri merupakan solois asal Kyoto yang selalu memberikan sensasi humor di setiap lagunya. Ia mendapat kepopuleran berkat video klipnya “Music Video” yang menjadi viral berkat memarodikan semua unsur dalam sebuah video musik. Video tersebut telah ditonton sebanyak 25 juta kali dan ia langsung menjadi penyanyi pendatang baru yang paling panas di Jepang.

Berkat kepopulerannya tersebut album perdananya Basin Techno berhasil masuk ke posisi sembilan di Jepang. Album keduanya berjudul XXL yang telah dirilis pada 14 Juni 2017 malah lebih populer lagi dengan masuk ke posisi kedua di Jepang dan hanya kalah dari album kompilasi Motohiro Hata.

Pada lagu barunya “Natural Lips”, ia kembali “berulah” dengan menyanyikan lagu bahasa Jepang dalam logat Inggris yang fasih. Hasilnya banyak yang tertipu ketika mendengar lagu ini pertama kali dan menyangka bahwa lagu ini adalah lagu berbahasa Inggris.

Meskipun kocak secara musikalitas “Natural Lips” mempunyai musik yang catchy dengan sentuhan musik yang funky dan mirip dengan lagu “Ghostbusters">”.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="4" title="Gen Hoshino – Family Song (Victor, 2017)"]

[youtube_embed id="Ucbp-Ej5RpI"]

Di Jepang, kepopuleran Gen Hoshino sudah tidak diragukan lagi. Salah satu lagunya “Koi">” serta gerakan pengiringnya yaitu “Koi Dance” menjadi hal yang paling populer di Jepang pada tahun 2016 setelah film Kimi no na Wa. Lagunya sendiri telah diputar sebanyak 161 juta kali di YouTube dan menjadi lagu Jepang ketiga yang mempunyai view paling banyak di YouTube setelah Pikotaro dengan “PPAP">” dan Radwimps dengan “Zenzenzense">”.

Setelah kesuksesan “Koi”, ia merilis single terbarunya berjudul “Family Song” yang telah dirilis pada 16 Agustus 2017 dan langsung masuk ke posisi pertama di Jepang dan berhasil terjual sebanyak 160 ribu kopi di minggu pertamanya.

Pada lagu “Family Song”, ia masih memainkan musik soul yang enak didengar dan mirip sekali dengan lagu Tulus yang berjudul “Ruang"> Sendiri”.

[duniaku_adsense]

[page_break no="5" title="Ryoku Oushoku Shakai - Hajimari no Uta (Hip Land Music, 2017)"]

[youtube_embed id="cjf9c6TwH6o"]

Ryoku Oushoku Shakai merupakan band alternative rock pendatang baru yang telah terbentuk dari tahun 2012 dan telah mencuri perhatian berkat mengikuti kontes Senkou Riot yang diadakan oleh SCHOOL OF LOCK! dan Sony Music.

Kuartet yang diisi oleh Haruko Nagaya (vocal, gitar), Issei Kobayashi (gitar), Peppe (keyboard), Shingo Anami (bass) ini telah mengeluarkan dua mini album yang telah mendapat tanggapan positif dari pecinta musik Jepang.

Mini album terbaru mereka berjudul ADORE telah dirilis pada 2 Agustus 2017 dan menampilkan lagu “Hajimari no Uta” yang terasa seperti lagu Goose House dalam tempo yang lebih cepat dengan sentuhan pop rock yang asyik.


Yakin puas dengan lima lagu Jepang di atas? Masih ada empat lagu Jepang lagi loh yang wajib kamu dengar minggu ini. Cek halaman berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang empat lagu ini.

[page_break no="6" title="Kick The Can Crew – 1000% (Victor, 2017)"]

[youtube_embed id="wFKvOPQyVL0"]

Kick The Can Crew merupakan grup hip hop legendaris yang membantu mempopulerkan hip hop pada era 2000an awal. Mereka terdiri dari tiga MC yaitu Little, MCU, dan Kreva.

Mereka telah terbentuk dari tahun 1996 dan sempat bubar di tahun 2004. Pada tahun 2017 mereka memutuskan untuk kembali aktif di dunia musik dan mengeluarkan album keempat mereka berjudul KICK! yang merupakan album pertama mereka setelah 13 tahun lamanya.

KICK! menampilkan lagu “1000%” yang menunjukkan hip hop jaman dahulu dengan musik yang soulful dan lirik yang membakar semangat dan menunjukkan kesungguhan seseorang dalam menjalani hidup.

[duniaku_adsense]

[page_break no="7" title="Chara – Sympathy (Ki/oon, 2017)"]

[youtube_embed id="nmp1aOAawoo"]

Chara merupakan seorang penyanyi populer yang telah merengkuh karirnya selama 27 tahun di dunia musik Jepang. Wanita kelahiran 13 Januari 1968 ini mendapatkan kepopuleran di Jepang di tahun 1996 berkat bermain di film Shunji Iwai Swallowtail Butterfly dan menyanyikan lagu temanya “Swallowtail"> Butterfly (Ai no Uta)” serta lagunya di tahun 1997 berjudul “Yasashii"> Kimochi” yang menjadi lagu cinta populer di Jepang.

Chara sendiri dikenal sebagai penyanyi alternative pop yang terus berkarya sampai sekarang. Ia dikenal dengan suaranya yang unik dan juga penampilannya yang nyentrik. Ia juga masih aktif berkarya dan terus mengeluarkan album, total ia telah mengeluarkan 15 album di sepanjang karirnya.

Album ke-15 Chara berjudul Sympathy telah dirilis pada 19 Juli 2017 kemarin dan menghadirkan lagu “Sympathy” yang bernuansa indie pop dengan suara Chara yang khas dan unik.

[read_more id="337133"]

[page_break no="8" title="Vickeblanka – Take Me Take Out (Avex, 2017)"]

[youtube_embed id="vfPX_HijqFI"]

Penyanyi yang bernama asli Junya Yamaike ini mengawali karirnya sebagai penyanyi indie yang malang melintang di sekitar Shibuya. Penyanyi yang lahir di Perfektur Aichi mendapat kepopuleran berkat mini album pertamanya TUBERKULIN yang sering diputar di FM802Osaka. Kepopulerannya terus berlanjut dan membawanya mendapatkan kontrak dengan Avex Trax dan mengisi lagu iklan untuk Google Play Music.

Ia menjadi artis Jepang yang paling sering disorot Spotify Jepang pada tahun 2016. Vickeblanka sering disebut “Mika dari Jepang” karena kesamaan falsetto suaranya yang tinggi serta musik piano rock yang dibawakan.

Ia telah merilis album perdananya berjudul FEARLESS pada 5 Juli 2017 dan menghadirkan lagu “Take me Take out” yang bernuansa piano rock yang asyik dan juga membuat pendengarnya bergoyang.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="9" title="Official Higedandism – Inu ka Cat kade Shinumade Kenkashiyou! (Lastrum, 2017)"]

[youtube_embed id="IzyrINr2Xj4"]

Meskipun namanya mengandung kata kumis tetapi semua personilnya tidak mempunyai kumis sama sekali.

Official Higedandism merupakan grup piano pop dengan pendekatan musik klasik dan pop rock yang catchy serta melodius. Band yang terbentuk dari alumni Universitas Shimane ini telah mengeluarkan dua mini album dan satu EP. Mini album kedua mereka MAN IN THE MIRROR berhasil masuk ke posisi satu di iTunes Album Rock Chart di Jepang.

Mini album terbaru mereka REPORT telah dirilis pada 19 April 2017, album tersebut membuat nama mereka disorot di Asia berkat masuk ke dalam jajaran playlist Spotify yang mempromosikan musik Jepang ke Asia.

Salah satu lagu mereka di album ini “Inu ka Cat kade Shinumade Kenkashiyou!” menunjukkan kepiawaian mereka dalam membuat lagu pop rock yang asyik dan lezat.

Diedit oleh Fachrul Razi

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek