Comscore Tracker

Daftar 6 Anti-Villain, Penjahat yang Masih Memiliki Sifat Mulia

Perlu diketahui, anti-villain merupakan lawan dari anti-hero. Mereka adalah golongan antagonis dengan tujuan, kepribadian dan perilaku yang heroik. Siapa saja yang masuk ke golongan ini?

Banyak orang beranggapan bahwa karakter penjahat biasanya berjiwa amoral, sadis dan tak kenal ampun. Namun ada juga villain yang justru sering berperilaku santun dan elegan dalam setiap menjalankan aksinya. Siapa sajakah mereka?

[duniaku_baca_juga]

Perlu diketahui, anti-villain merupakan lawan dari anti-hero. Mereka adalah golongan antagonis dengan tujuan, kepribadian dan perilaku yang heroik. Ada yang memiliki keinginan yang baik, namun caranya yang sedikit kejam. Ada juga penjahat yang memiliki motif jahat namun memilki pendekatan yang elegan tanpa harus berbuat kerusakan di sana-sini.

Namun kedua tipe anti-villain ini punya satu peran yang pasti, yakni merintangi perjuangan seorang tokoh protagonis. Siapa saja karakter penjahat yang layak mendapat kehormatan? Inilah daftar anti-villain terbaik versi Duniaku.net!

[page_break no="6" title="Fujitora"]

[duniaku_adsense]

Fujitora yang bernama asli Issho adalah seorang ;aksamana yang menggantikan posisi Aokiji setelah dua tahun sejak peperangan besar di Marineford. Bersama Ryokugyu, ia mengisi kekosongan kursi laksamana karena kepergian Aokiji setelah terlibat perselisihan dengan Akainu dan kenaikan pangkat Akainu menjadi laksamana armada.

Seperti Laksamana Aoikiji, Fujitora tergolong berani menentang dogma Angkatan Laut tentang keadilan absolut. Dia juga sangat jijik dengan banyaknya kerusakan dan kejahatan di dunia ini sampai-sampai ia membutakan matanya sendiri. Sejauh ini diketahui bahwa Fujitora merupakan laksamana yang berencana menghapus sistem Sichibukai.

Meskipun berpangkat tinggi, Fujitora tetap berwatak rendah hati dan peduli pada sesama. Ia pernah menangkap balon milik seorang gadis kecil yang terlepas. Dengan kekuatan gravitasinya, Fujitora juga pernah menahan reruntuhan patung Pica yang roboh agar penduduk bisa melarikan diri.

Hanya saja, kewajiban sebagai seorang Angkatan Laut membuat Fujitora harus berseteru dengan kelompok Topi Jerami yang sebenarnya dipandang baik. Untuk mengakali kebimbangan hatinya, dia bertaruh dengan dadu terlebih dahulu sebelum melaksanakan tugasnya.

[page_break no="5" title="King Bradley"]

King Bradley merupakan homunculus pertama yang berasal dari manusia. Ia diciptakan sebagai Wrath untuk mengurus pemerintahan Amestris sebagai seorang panglima. Sebagai orang nomor satu di kalangan militer, King Bradley sangat dihormati bawahannya meskipun kebijakannya sering dipertanyakan terutama menyangkut insiden Ishval.

Meskipun hanya memiliki emosi amarah di dalam hatinya, King Bradley pintar berakting di depan banyak orang sebagai pemimpin yang baik dan tegas. Ia tak segan-segan turun tangan menangani kriminal ketika anak buahnya tak sanggup mengalahkannya. Bahkan diketahui, King Bradley juga memiliki selera humor dan pernah bertindak konyol.

Sebagai seorang yang mendapat pendidikan militer sejak kecil, King Bradley tergolong pintar dalam menjegal pergerakan musuh-musuhnya tanpa harus mengotori tangannya. Ia pernah mencerai-beraikan fraksi Mustang dengan mutasi kerja. Sang panglima juga memanfaatkan Rose sebagai kambing hitam dan menyandera Winry agar Edward tak melawannya.

[page_break no="4" title="Wammu"]

Jika ditanya, musuh mana yang perilakunya mendekati protagonis? Wammu adalah jawabannya. Ia adalah seorang prajurit dari ras Pillar Men yang memiliki kehormatan sebagai ksatria sejati.

Bagaimana tidak? Meskipun berperan sebagai penjahat, Wammu tak pernah sekalipun bertindak kotor layaknya antagonis pada umumnya. Ia pernah menghentikan serangan saat Joseph dalam kondisi tanpa pertahanan. Wammu juga  menepati janjinya berduel dengan Jojo setelah menunggu sang rival menjadi lebih kuat.

Wammu memiliki standar moral yang jauh lebih baik dari kedua tuannya. Pada suatu waktu, ia pernah menolak perintah Kars untuk membunuh anak yang tak berdosa. Wammu juga membiarkan Caesar yang tengah sekarat mengambil cincinnya dan yang paling heroik dari semuanya ialah pada saat ia menyelamatkan Jojo dari serangan vampir.

Menarik juga Kars baru mulai bertindak layaknya antagonis sejati setelah Wammu tiada.


Siapa sangka makhluk yang menciptakan alam semesta masuk dalam daftar anti-villain. Penasaran siapa dia? Klik halaman selanjutnya!

[page_break no="3" title="Yaha-kui zhaShunina"]

Daftar 6 Anti-Villain, Penjahat yang Masih Memiliki Sifat Mulia[duniaku_baca_juga]

Makhluk satu ini layak dinobatkan sebagai anti-villain tertua. Bagaimana tidak, zhaShunina sudah ada sejak kelahiran alam semesta. Meskipun wujudnya sendiri seperti seorang pria muda yang tampan, usianya sudah mencapai lebih dari lima belas miliar tahun yang lalu.

Pada awalnya, zhaShunina datang ke dunia manusia dengan alasan membawa kemajuan bagi umat manusia. Dengan kekuatannya, ia memberi banyak item di antaranya Wam sebagai sumber energi tanpa batas, Sansa untuk mengakses penglihatan dunia anistropik dan yang terakhir Nanomis-heim  yang memungkinkan manusia untuk mengutak-atik hukum fisika.

Pendekatan inilah yang membuat umat manusia nyaris terlena. Namun kedoknya sendiri terkuak oleh Saraka yang ternyata juga masih satu ras dengan zhaShunina. Ternyata tujuan makhluk anistropik satu ini adalah untuk mempercepat kiamat demi memanen "informasi" dari manusia.

Pada akhirnya, zaShunina sendiri tidaklah seburuk seperti yang dipikirkan. Menurut Yukika sendiri, pada dasarnya makhluk anistropik satu ini hanyalah memiliki ketertarikan pada manusia dan tak memiliki maksud jahat sejak awal.

[page_break no="2" title="Black King"]

Daftar 6 Anti-Villain, Penjahat yang Masih Memiliki Sifat Mulia[duniaku_adsense]

Black King adalah salah satu End yang dulunya berperan menawarkan bantuan ke umat manusia. Namun karena manusia menolaknya, ia beralih menyelamatkan monster dan memusnahkan manusia.

Tujuannya sendiri cukup baik, dari sudut pandang monster. Ia berencana membangun peradaban yang dikuasai para monster dan siluman sebagaimana peradaban yang dikembangkan manusia. Pemikirannya sendiri dianggap kejam oleh banyak pihak termasuk Abe no Seimei yang mengagungkan kebaikan manusia.

Meskipun ia memiliki pandangan pesimis mengenai kemanusiaan dan sering melakukan tindakan sadis di luar batas seperti pembantaian warga tak berdosa sampai penyiksaan para tawanan perang, Black King sendiri dikenal memiliki sisi yang penyayang. Ia tidak hanya sering merawat rekan seperjuangannya tapi juga menyelamatkan nyawa para prajuritnya.

Black King pernah menyelamatkan nyawa Joan ketika tengkoraknya retak oleh tandukan Toyohisa. Ia juga memperbanyak jumlah logistik dengan kekuatannya. Bahkan cara bicaranya sendiri cukup lembut ketika sedang berhadapan dengan para pengikutnya.

[page_break no="1" title="Griffith"]

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/08/28/musuh-terakhir-kamen-rider/" title="Ini dia musuh Kamen Rider yang Paling Keren!"]

Pemuda berambut putih panjang ini adalah pemimpin Kelompok Elang Baru dan Komandan Agung pasukan reguler Midland. Sebagai figur juru selamat berjuluk "Elang Cahaya", namanya sudah berkumandang di banyak pertempuran sebagai penyelamat. Reputasinya sendiri sudah terkenal hingga keluar dari benua.

Sebelum berkuasa di Midland, Griffith juga sempat menjadi pemimpin kelompok tentara bayaran dengan nama yang sama. Dia dan para pasukannya termasuk Guts yang pada waktu itu menjadi bawahannya berperan mengakhir perang Seratus Tahun dan membawa kedamaian ke Midand.

Alih-alih menebar teror layaknya iblis, Girffith justru malah bertindak sebagai penyelamat sesuai ramalan. Ia membebaskan para penduduk yang ditangkap tentara Kushan. Griffith juga berperan aktif melawan tirani Ganiskha dan mengalahkan raja Kushan tersebut yang pada saat itu dalam mode Shiva.

Bisa dibilang semua tindakan Griffith selama ini hampir menyerupai malaikat penyelamat. Satu-satunya kejahatan yang ia lakukan adalah menyerang Guts dan kelompoknya secara terus-menerus. Ia juga berencana membunuh Flora dan menyingkirkan Skull Knight yang selama ini menentangnya.


Itulah, daftar para anti-villain yang paling baik di dunia anime. Semuanya patut mendapat penghormatan karena pada dasarnya para anti-villain tersebut melakukan hal yang baik di matanya dan juga masyarakat.

Di samping itu juga, anti-villain juga merupakan musuh yang paling merepotkan karena seorang protagonis hampir bisa dipastikan harus berhadapan dengan masyarakat yang bisa saja sudah terpengaruh oleh kebaikan hati sang antagonis.

Itulah daftar anti-villain terbaik versi Duniaku.net!

Diedit oleh Fachrul Razi

 

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek