Wow! Ternyata 8 Hero Marvel Ini Tahu Mereka Karakter Fiksi!!

Bahkan ada juga yang bisa sampai keluar komik!

Wow! Ternyata 8 Hero Marvel Ini Tahu Mereka Karakter Fiksi!!

Sudah bertahun-tahun Marvel berdiri sebagai penerbit komik Amerika dan menciptakan berbagai superhero dengan beragam kekuatan. Tapi tahukah kalian ada beberapa karakter di dunia Marvel yang memiliki kekuatan untuk menyadari keberadaan mereka di dalam komik? Siapa saja mereka? Ini dia 8 Hero Marvel yang bisa merusak dinding keempat oleh duniaku.net!

Wow! Ternyata 8 Hero Marvel Ini Tahu Mereka Karakter Fiksi!!

Jika bicara soal karakter hero Marvel yang bisa berinteraksi dengan pembaca, siapa lagi yang terbayang kalau bukan Deadpool? Meski lebih sering bertindak sebagai anti-hero daripada hero, Deadpool cukup terkenal di kalangan penggemar Marvel. Apalagi setelah film layar lebarnya dirilis, makin banyak yang mengenal karakter pembunuh berkostum merah ini.

Deadpool awal mulanya diciptakan untuk meniru Slade Wilson alias Deathstroke dari komik DC. Meski begitu, Deadpool hingga kini telah berkembang dengan karakternya sendiri. Deadpool adalah karakter yang sangat cerewet, apalagi jika ia berbicara dengan pembaca. Dia sering berinteraksi dengan pembaca seakan dia bisa melihat kita. Dia bahkan bisa berbincang juga dengan narator komik atau dengan "kotak dialog kuning" yang dipikirkannya sendiri.

Karakter lain mengira ini adalah akibat otaknya yang sudah tak beres, tapi kenyataannya dia memang memiliki kemampuan untuk menyadari dunianya adalah dunia dalam komik. Bahkan di salah satu komiknya, versi Deadpool di dunia lain menjadi gila akibat kemampuan ini dan memutuskan untuk membunuh semua karakter Marvel di dimensinya.

Wow! Ternyata 8 Hero Marvel Ini Tahu Mereka Karakter Fiksi!!

Memang sekarang tidak terlalu sering tampak, tapi pada awal kemunculannya Jennifer "Jen" Walters yang merupakan saudara sepupu dari Bruce Banner ini sering ditunjukkan mampu berinteraksi juga dengan pembaca. Bahkan She-Hulk juga pernah "merobek" halaman untuk mengajukan protes pada penulisnya. Pernah juga sekali waktu dia berbicara langsung pada narator dan memecatnya.

Sebenarnya She-Hulk pada awal kemunculannya tidak bisa melakukan ini, sama seperti karakter Hero Marvel yang lainnya. Dia mendapatkan kekuatan She-Hulk setelah menerima tranfusi darah dari Bruce Banner yang telah terkena radiasi sinar Gamma. Sampai tahun 1989 ketika John Byrne mengambil alih sebagai penulis cerita She-Hulk, barulah sang penulis memberikan tambahan karakterisasi unik ini padanya.


Tunggu, bukan cuma dua karakter ini yang sanggup berinteraksi dengan pembaca, loh! Salah satunya bahkan bukan manusia! Kok bisa? Langsung saja simak di halaman kedua!

Wow! Ternyata 8 Hero Marvel Ini Tahu Mereka Karakter Fiksi!!

Begini jadinya kalau penggemar Marvel akut masuk ke dunia komik! Gwen Poole yang kemudian menggunakan nama alias "Gwenpool" tidak berbeda dengan kita, pembaca komik di dunia yang tidak memiliki superhero. Namun dengan suatu keajaiban, Gwen berhasil masuk ke dunia komik dan menjadi salah satu karakter Hero Marvel. Tentu hal ini memberinya kekuatan yang unik: pengetahuan dunia Marvel tingkat tinggi!

Sampai kemudian Gwen menemukan kekuatannya yang lain: berinteraksi dengan elemen komik. Berkat inilah mungkin Gwen telah menjadi salah satu karakter terkuat di dunia Marvel. Bagaimana tidak? Mulai dari menyentuh balon dialog, menghilang ke luar panel untuk kabur, sampai melompati halaman dan melakukan perjalanan waktu juga bisa dilakukannya.

Bahkan salah satu versi Gwen di masa depan memilih menjadi penjahat dan menguasai dunia Marvel dari balik layar dengan memanfaatkan pengetahuannya soal dunia Marvel, termasuk identitas asli para karakter Marvel. Beruntung, Miles Morales dari masa depan muncul dan membantu menyadarkan Gwen agar tidak menjadi jahat di masa depan.

Wow! Ternyata 8 Hero Marvel Ini Tahu Mereka Karakter Fiksi!!

Berikutnya adalah karakter Marvel yang cukup dikenal sebagai tukang intip semesta: Uatu the Watchers. Uatu di komik Marvel hanya bertugas untuk mengawasi segala kejadian yang ada di bumi. Karakter Marvel yang bertempat tinggal di bulan ini memiliki kebijakan untuk tidak terlibat dalam apapun kejadian di sekitarnya dan benar-benar hanya mengawasi.

Meski biasanya perannya hanya untuk melihat, di komik What-If dari Marvel yang menceritakan dunia lain yang berbeda dengan dunia Marvel yang biasa Uatu beralih peran sebagai narator dan berbincang langsung pada pembaca. Dari sini saja bisa kita lihat kalau Uatu termasuk karakter Marvel yang menyadari kalau ada orang-orang yang membaca komik mereka.

Tentu para penggemar Marvel mengenal Doreen Green alias Squirrel Girl. Tahukah kalian kalau gadis mutan berkekuatan tupai ini bahkan pernah mengalahkan Doctor Doom, Wolverine, dan bahkan Thanos? Namun di artikel ini bukan dia yang jadi fokus pembicaraan karena sebenarnya Doreen sama sekali tidak sadar kalau dirinya berada dalam sebuah cerita komik. Lalu siapa?

Siapa lagi kalau bukan si tupai jenius, Tippy Toe? Tippy Toe adalah tupai yang menjadi rekan Squirrel Girl. Squirrel Girl bisa berbicara dengan tupai, jadi tak aneh jika dia bisa bersahabat baik dengan Tippy Toe. Lucunya meski Tippy Toe bukanlah Hero Marvel dan tidak memiliki kekuatan apapun, Tippy Toe beberapa kali diperlihatkan berinteraksi dengan pembaca. Cukup membuktikan kalau dia adalah karakter yang sadar bahwa dirinya ada dalam komik, bukan?


Tunggu, masih ada lagi seorang Dewa Asgard yang mungkin tidak kalian sangka-sangka termasuk dalam daftar ini. Siapa dia? Langsung cek saja halaman terakhir!

Loki Laufeyson adalah saudara angkat Thor yang berperan sebagai Dewa Keisengan, penipu yang paling ulung sejagat raya. Di beberapa momen di komik, Loki ditunjukkan bahwa dia mengerti bagaimana dunia mereka bekerja. Dia mampu memahami kalau dimensi komik akan selalu menginginkan Loki untuk kembali menjadi Loki yang mereka semua kenali: jahat dan licik.

Untuk mengubah itu, dia berusaha untuk menghapus segala sejarah tentang dirinya di dunia. Apapun yang terkait dengan Loki Laufeyson, ia hapus supaya dia bisa berubah menjadi lebih baik dan tidak kembali menjadi Loki yang jahat. Pada akhirnya dia berhasil dan bertekad untuk menulis ceritanya sendiri hingga kemudian dia terlahir kembali sebagai Dewa Kisah.

Zebediah Killgrave atau yang lebih dikenal dengan nama alias Purple Man, adalah salah satu penjahat super di dunia Marvel. Killgrave memiliki kekuatan untuk menghipnotis orang di sekitarnya. Kemampuan inilah yang menjadikan Purple Man salah satu penjahat yang cukup berbahaya.

Meski bukan seorang Hero Marvel, dia juga punya kesadaran bahwa dirinya ada di dalam komik. Hal ini diceritakan ketika ia berinteraksi dengan Jessica Jones. Di salah satu komik Jessica Jones, Purple Man sempat mendapatkan kunjungan dari superhero itu dan menceritakan pada Jessica bahwa mereka ada dalam komik. Dari percakapan tersebut bisa disimpulkan bahwa Purple Man juga menyadari kalau mereka sedang di dalam dunia komik.

Terakhir mungkin tidak banyak dari kalian yang kenal, tapi Rick Jones adalah salah satu karakter yang dekat dengan asal muasal Bruce Banner menjadi Hulk. Dia adalah anak remaja yang diselamatkan oleh Bruce Banner sebelum dirinya terkena ledakan radiasi sinar Gamma dan menjadi Hulk. Sejak saat itu, Rick Jones mulai berperan sebagai pendamping Bruce Banner sebagai Hulk dan bahkan sempat menggantikan posisi Bucky sebagai pendamping Captain America.

Rick Jones bahkan sempat memiliki kekuatan serupa seperti Hulk yang diberi nama A-Bomb meski kemudian Rick harus kehilangan kekuatan itu karena Hulk yang ketika itu menyebut dirinya Doc Green menyerap semua kekuatan yang berasal dari radiasi sinar Gamma. Hal itu membuat Rick Jones kembali menjadi manusia biasa.

Salah satu bukti Rick Jones memiliki kesadaran penuh tentang dunia komik adalah di serial komik Captain Marvel tahun 2004. Di sana diceritakan bahwa ia satu-satunya yang menyadari bahwa komik tersebut dihentikan penerbitannya akibat penjualan yang tidak terlalu bagus.


Bagaimana? Bukan cuma Deadpool karakter hero Marvel yang sadar dirinya cuma karakter fiksi, bukan? Di antara karakter Marvel di atas, yang mana favoritmu? Jawab di kolom komentar, ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU