Comscore Tracker

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu Tahu

Jangan ngaku udah tahu semua mengenai Piala Eropa 2016 sebelum kalian baca artikel Duniaku yang satu ini!

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu Tahu[read_more id="252347"][clearboth]

Tak terasa Piala Eropa tinggal beberapa hari lagi resmi dibuka. Negara-negara hebat di Eropa sudah siap berjibaku untuk memperebutkan gelar juara dalam turnamen yang digelar empat tahun sekali ini. Nah mungkin kamu sendiri sudah enggak sabar menyaksikan negara jagoanmu bertarung di Prancis. Tapi sebelum menyaksikan Piala Eropa 2016 nanti, lebih baik kamu tahu beberapa fakta menarik seputar penyelenggaraannya.

Berikut telah Duniaku Rangkum fakta Piala Eropa 2016 yang wajib kamu tahu dari A sampai Z!

A – Albania

Albania bukanlah negara yang cukup diperhitungkan dalam kancah sepakbola. Namun dengan semangat juang tinggi, akhirnya mereka mampu lolos dari babak kualifikasi dan menjadikan Albania sebagai salah satu negara debutan di Piala Eropa kali ini. Kesuksesan Albania tergolong sebuah kejutan besar karena jumlah penduduk negara ini hanya sepertiga dari jumlah penduduk Kota Jakarta!

B – Beau Jeu

Secara rutin Adidas selalu memasok bola-bola khusus ketika turnamen besar dilangsungkan. Tak terkecuali dengan Piala Eropa kali ini, Adidas membuat bola khusus yang diberi nama Beau Jeu sebagai bola resmi Piala Eropa 2016. Beau Jeu sendiri memiliki arti permainan indah.

C – Cristiano Ronaldo

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu TahuJika Benua Amerika memiliki Messi sebagai jagoannya, maka Benua Eropa punya Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik. Sayang prestasi Cristiano Ronaldo di klub tidak menular ke negaranya, Portugal. Bersama Portugal, Ronaldo belum sekalipun menyumbang gelar. Di turnamen kali ini, mampukah Ronaldo membawa Portugal juara?

D – David Guetta

David Guetta akan membawakan lagu resmi Piala Eropa 2016. Selain menyanyikan, nyatanya David Guetta juga yang membuat dan menulis sendiri lagunya.

E – Era Baru

Hancur lebur di Piala Eropa dan Piala Dunia sebelumnya, Prancis banyak berbenah. Di Piala Eropa 2016 Prancis memunculkan era baru di skuatnya dengan banyak membawa pemain-pemian muda dengan kemampuan berkualitas seperti Paul Pogba, Anthony Martial sampai Kingsley Coman.

F – Fans

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu TahuIsu keamanan masih menjadi masalah dalam penyelenggaraan Piala Eropa kali. Teror bom yang sempat mengguncang Paris beberapa waktu lalu membuat banyak pihak meragukan keamanan yang ada di negara Napoleon Bonaparte tersebut. Tak heran panitia penyelenggara membuat aturan ketat bagi para fans saat menonton pertandingan. Apalagi dengan fans Inggris dan Irlandia yang terkenal sering berbuat onar.

G – Gol

Dapat diprediksi Piala Eropa 2016 akan menghadirkan banyak gol. oleh sebab dalam edisi kali ini, Piala Eropa diikuti oleh 24 negara. Lebih banyak 8 negara dari penyelenggaraan sebelumnya.

Lanjut ke halaman 2...

H – Hujan

Hujan lebat sempat mengguyur kota Paris beberapa hari lalu. Bahkan hujan ini menyebabkan kota Paris kebanjiran. Ini disebabkan meluapnya sungai Seine dan membuat Paris berada di level siaga banjir. Beruntung banjir ini perlahan mulai surut dan diharapkan tidak mengganggu jalannya pertandingan yang dihelat di Paris.

I – Iker Casillas

Terpilihnya Iker Casillas dalam skuat Spanyol yang berlaga di Piala Eropa, membuat ia memiliki kesempatan menjadi pemain yang paling banyak bermain di edisi Piala Eropa. Iker Casilllas telah bermain dalam empat edisi Piala Eropa sebelumnya.

J – Jerman

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu TahuJerman menjadi unggulan utama dalam kejuaraan kali ini. Dengan status sebagai juara Piala Dunia dan masih dihuni oleh pemain-pemain berkualitas membuat peluang Jerman mengawinkan gelar Piala Dunia dan Piala Eropa semakin besar.

K – Klub

Klub yang paling banyak menyumbang pemainnya untuk negara-negara Eropa adalah Liverpool. Total sebanyak 12 pemain Liverpool ikut meramaikan kejuaraan ini, di mana Inggris yang paling banyak menggunakan jasa pemain Liverpool yakni sebanyak lima pemain.

L – Le Rendez Vous

Le Rendez Vous merupakan slogan dari Piala Eropa kali ini yang berarti janji. Le Rendez-Vous bermakna suatu janji yang direncanakan untuk bertemu di suatu tempat.

M – Michael Platini

Sebagai presiden UEFA, Michael Plantini memiki peran besar dalam penunjuknya Prancis sebagai tuan rumah Piala Eropa kali ini. Platini sendiri merupakan legenda Timnas Prancis yang pernah membawa negaranya juara Piala Eropa sekaligus menjadikan dirinya top skorer dengan sembilan gol.

N – Nol

Inggris melalui babak kualifikasi Piala Eropa kali ini secara sempurna. Tim asuhan Roy Hodgson ini memiliki jumlah kekalahan dan hasil seri sebanyak nol! Artinya Inggris selalu mampu mengalahkan lawan-lawannya dibabak kualifikasi.

O – Oliver Giroud

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu Tahu[read_more id="255189"][clearboth]

Skuat Prancis kali ini disebut-sebut sebagai skuat terbaik. oleh sebab dari lini belakang sampai lini depan, Prancis dihuni pemain-pemain jempolan, termasuk striker Oliver Giroud. Tentunya Giroud yang merupakan ujung tombak utama akan membuktikan kualitas dirinya sebagai pencetak gol handal di hadapan publiknya sendiri.

P – Parc des Princes

Parc des Princes merupakan 1 dari 10 stadion yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya Piala Eropa. Kandang dari klub PSG ini memiliki sejarah panjang, termasuk ketika dipakai sebagai tempat digelarnya final Liga Champions pertama tahun 1956.

Q – Quattrick

Sepanjang perjalanan Piala Eropa, belum pernah ada satupun pemain yang mampu mencetak quattrick atau empat gol dalam satu laga. Apakah di Piala Eropa kali ini, akan terjadi pemain yang mampu mencetak empat gol?

R – Rusia

Di eranya, Uni Soviet merupakan salah satu negara yang sangat ditakuti di arena sepakbola. Bahkan Uni Soviet merupakan negara pertama yang mampu menjadi juara Piala Eropa tahun 1960. Namun sejak berubah nama menjadi Rusia, prestasi mereka belum beranjak naik untuk menandingi negara-negara besar seperti Jerman atau Spanyol.

Lanjut ke halaman 3...

S – Super Victor

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu TahuSuper Victor merupakan nama maskot di Piala Eropa kali ini. Maskot ini berbentuk anak kecil yang memakai jubah merah dipunggungnya. Tokoh ini ceritanya adalah seorang anak laki-laki yang punya kekuatan super. Nama Super Victor didasarkan pada gagasan tentang kemenangan yang didapat setelah menemukan kotak ajaib berisi bola dan sepatu.

T – Terbanyak

Jerman dan Spanyol merupakan negara yang paling banyak menjuari Piala Eropa. kedua negara tersebut masing-masing telah merasakan gelar Eropa sebanyak tiga kali.

U – Untung

Sebagai tuan rumah, tentunya Prancis mengharapkan keuntungan besar dari perhelatan kejuaraan ini. Seperti edisi-edisi sebelumnya, sebuah turnamen sepakbola akan berpotensi mendatangkan keuntungan melimpah bagi sang tuan rumah.

V – Van Der Sar

Van Der Sar merupakan pemain paling banyak mengoleksi pertandingan di Piala Eropa. Total ia telah bermain dalam 16 pertandingan dengan catatan 1535 menit. Posisi kedua ada nama Lilian Thuram yang hanya berbeda satu menit di bawah Van Der Sar.

W – Wales

Dari A Sampai Z, Fakta Piala Eropa 2016 yang Wajib Kamu Tahu[read_more id="253730"][clearboth]

Selain Albania, Wales juga merpuakan negara debutan di Piala Eropa kali ini. Lewat bintang utamanya Garteh Bale, diharapkan Wales mampu memberikan kejutan besar pada turnamen ini.

X – Xhaka

Akan ada dua nama Xhaka di dalam turnamen kali ini. Yap Xhaka bersaudara yaitu Granit Xhaka dan Taulant Xhaka akan sama-sama tampil namun dengan negara berbeda. Granit Xhaka bersama timnas Swiss dan Taulant Xhaka bersama Timnas Albania. Lebih menariknya, Swiss dan Albania akan langsung bertemu di fase grup.

Y – Youngster

Kali ini Timnas Inggris menjadi Timnas dengan rataan usia termuda. Banyaknya pemain muda yang dipanggil oleh Roy Hodgson membuat klub berjuluk tiga singa ini akan tampil energik di turnamen nanti.

Z – Zlatan Ibrahimovic

Bisa dibilang ini adalah kesempatan terakhir Zlatan Ibrahimovic mengikuti turnamen besar antar negara. Jadi bukan tak mungkin, ia akan memberikan 1000% bagi Timnas Swedia dan merebut gelar juara. Dare to Zlatan!

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek