Tahu Nggak? Pemerintah Membangun Ekosistem Esports!

Indonesia itu punya potensi gede!

Tahu Nggak? Pemerintah Membangun Ekosistem Esports!

Jakarta, Duniaku.com- Pada tanggal 1 Oktober baru saja diadakan dialog para pelaku esports dan pemerintah untuk membangun ekosistem esports di Indonesia. Penasaran bagaimana pendapatnya?

1. Pelaku esports dan perwakilan pemerintah bertemu!

Acara ini mendatangkan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto, Ketua Panitia Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha, Founder & CEO BOOM ID Gary Ongko Putera sebagai pembicaranya.

Tapi tidak hanya para pengurus saja, atlet Esports Tim Island of God (IOG) Fickri Aulia yang baru saja menjuarai turnamen Free Fire Asia Invitational juga hadir untuk menceritakan pengalaman dan inspirasinya.

Baca Juga: Esports di Sekolah Bisa Meningkatkan Minat Belajar Loh!

2. Bagaimana kata para pelaku esports?

“Semua harus dimulai dengan membangun ekosistemnya dulu. Harus ada kompetisi-kompetisi berjenjang yang menjadi carrier path atlet-atlet yang berprestasi. Sehingga sponsor juga terus masuk dan semakin berkembang,” tutur Giring.

Sementara itu, Gary mengatakan Indonesia memiliki banyak potensi terpendam dalam dunia esports. “Atlet-atlet esports kita punya potensi yang besar untuk bersaing di level internasional. Ini harus terus didukung, kita harus edukasi bahwa esports ini adalah salah satu peluang kita berprestasi,” ungkapnya.

3. Begini dukungan dari sudut pandang Pemerintah!

“Kami mulai menyusun regulasi-regulasi untuk mendukung itu (pengembangan esports), termasuk sosialisasi, dan sebagainya. Serta yang tidak kalah penting mendukung pelaksanaan event-event atau turnamen esports,” ujar Gatot.

“Kita sebetulnya tergolong terlambat di bandingkan negara-negara lain. Lompatan kita di esports baru setahun - dua tahun ini. Untuk event dan turnamen esports, kita baru mulai tujuh tahun belakangan. Sementara negara-negara lain sudah dari 15 tahun yang lalu. Jangan sampai kita terus ketinggalan,” tambahnya.

Apa pendapatmu tentang ekosistem esports saat ini? Bagikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Serial Drama Esports? Saksikan Webseries Mimpi Produksi UniPin Esports

Artikel terkait

Latest