Katanya Misterius, Sebenarnya Apa Itu Deep Web?

Hati-hati di internet!

Katanya Misterius, Sebenarnya Apa Itu Deep Web?

Mungkin kamu pernah dengan istilah deep web? Kayanya kok misterius banget ya. 

Nah, apa itu deep web dan seperti apa isi dalam konten tersembunyi di jagat internet yang satu ini? Begini fakta-fakta dasarnya, biar kamu gak salah paham!

1. Arti sebenarnya deep web

Katanya Misterius, Sebenarnya Apa Itu Deep Web?brandpowder.com

Secara garis besar, ada berbagai bagian dari area yang dijelajahi di dalam jagat internet. Bagian internet yang kita ketahui dan umum disebut sebagai surface webDeep web adalah lapisan dalam yang lebih rahasia daripada versi permukaan.

2. Punya berbagai panggilan!

Berdasarkan New York Times, mulanya istilah tersebut lahir dari artikel The Deep Web: Surfacing Hidden Value oleh ilmuwan komputer Mike Bergman di Journal of Electronic Publishing pada bulan Agustus 2001. 

Dalam artikel tersebut, Dr. Jill Ellsworth mengutarakan istilah invisible web di tahun 1994 saat merujuk pada situs-situs yang tidak dapat dicari secara umum oleh search engine biasa.

3. Penggunaan Deep Web

Katanya Misterius, Sebenarnya Apa Itu Deep Web?csoonline.com

Istilah deep web mengacu pada informasi-informasi pribadi yang tidak dibagikan secara terbuka di internet. Misalnya seperti foto-foto pribadi dalam penyimpanan cloud, maupun stream privat.

Deep web juga memiliki istilah lain seperti deepnet, invisible web, undernet atau hidden web. Kurang lebih pada masa publikasi di tahun 2001 tersebut informasi deep web berisikan 400 atau 550 kali lebih besar daripada World Wide Web yang telah terdefinisi, atau kurang lebih data sebesar 7500 TB.

Baca Juga: Enteng, Kok! Begini Cara Membuat Dalgona Coffee yang Lagi Viral!

4. Deep Web dewasa ini

Saat ini, deep web mengacu pada informasi-informasi yang lebih sensitif oleh para pengguna media sosial, seperti foto pribadi yang bersumber entah dari mana, sampai ke video-video dari situs bocoran kabar seperti LiveLeak.

Tentunya, hal ini secara teknis bisa diakses melalui cara yang tidak konvensional, seperti search engine di luar Google. Namun, ada saja hal yang lebih dalam dari istilah tersebut, bukan? 

5. Ada yang lebih dalam dari Deep Web?

Katanya Misterius, Sebenarnya Apa Itu Deep Web?Silk Road

Selain deep web, ada pula istilah lain seperti darkweb, di mana istilah ini mengacu pada area-area yang lebih dalam, bahkan tidak mungkin dicari dengan search engine konvensional. 

Tidak jarang, informasi tersebut berwujud seperti transaksi kriminal sampai pada informasi rahasia yang belum dirilis untuk publik, yang didapatkan melalui jalur langsung ke server aksesnya atau malah dibagikan secara luar jaringan.

Nah, punya pertanyaan tentang deep web? Sampaikan pertanyaan dan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Fakta dan Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Versi Sabyan yang Viral

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU