8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!

Mau jadi anggotanya gak cuma modal otot doang!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!

Terkenal dalam berbagai macam media. Dari video game sampai anime, Yakuza diperlihatkan sebagai salah satu organisasi kriminal terpopuler di dunia yang berasal dari Jepang. Ingin tahu lebih dalam? Nah, ini dia fakta-faktanya!

1. Sudah ada sebelum peradaban modern!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!atchuup.com

Organisasi tersebut dipercaya berawal dari abad 17, di pertengahan periode Edo (1603-1868) dari dua jenis faksi di Jepang. Yang satu adalah Tekiya, komplotan para pedagang keliling dan Bakuto, para bandar dan pemain judi. Sebagai penduduk kelas bawah di masyarakat Jepang, merekapun mulai berkumpul dalam kegiatan-kegiatan ilegal lainnya.

2. Yakuza terbesar di Jepang!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!tokyoreporter.com

Organisasi terbesar di Jepang masih Yamaguchi-gumi, bahkan hingga generasi keenamnya pada saat ini. Organisasi ini mendapatkan namanya dari sosok pendirinya, Harukichi Yamaguchi!

3. Terjun di dunia politik!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!thedailybeast.com

Sebagai salah satu ormas tertua di masyarakat, mereka punya pengaruh di mana-mana. Bahkan anggotanya terjun dalam industri, konstruksi dan properti hingga dukungan terhadap partai politik di dalam pemerintahan Jepang! 

4. Asal mula nama Yakuza!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!lifedaily.com

Nama tersebut berasal dari permainan kartu Jepang yang serupa dengan blackjack, yakni Oicho-Kabu. Namanya berasal dari kombinasi kartu 8-9-3, yang merupakan kombinasi terburuk permainan tersebut dengan jumlah melampaui batas kartunya, yakni 20 dari batas nilainya, 19!

5. Hierarki Yakuza!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!theconversation.com

Hierarki organisasi ini berjalan dari atas ke bawah, dengan pemimpin organisasinya dipanggil sebagai Kumicho. Hubungan antar anggota senior dan juniornya pun bisa berjalan seperti ayah dan anak dengan sebutan Oyabun dan Kobun!

Baca Juga: Andalan Para Samurai, Kenali 7 Jenis Pedang Jepang Ini!

6. Populer dengan hukuman jarinya!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!grunge.com

Salah satu hukuman yang dipopulerkan oleh organisasi ini adalah Yubitsume. Hukuman tersebut dilakukan kepada siapapun yang melanggar aturan di dalam maupun hukuman dari organisasi tersebut kepada korbannya dengan memotong jari dimulai dari kelingking. Dahulu kala, motivasi tersebut dimulai dari kesulitan seseorang menggunakan pedangnya ketika kehilangan satu jari!

7. Bukan pelanggar hukum Jepang!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!polygon.com

Yang membuat organisasi ini unik juga adalah statusnya yang merupakan organisasi yang diakui di Jepang, yang menekankan fokusnya kepada tindak kriminal yang mereka lakukan, dan motivasi bahwa organisasi tersebut jauh lebih berbahaya ketika bergerak secara tersembunyi kalau mereka dicekal!

8. Calon anggotanya ikut tes dulu!

8 Fakta Yakuza, Organisasi Kriminal Terbesar di Jepang!forbes.com

Tidak hanya tradisi berbagi sake antara calon atasan dan calon bawahan semata sebagai tanda janji, Yamaguchi-gumi memiliki serangkaian ujian tertulis untuk para calon anggotanya, untuk mengetes pengetahuan mereka akan sistem hukum di Jepang!

Apa pendapatmu tentang organisasi sebesar Yakuza di Jepang ini? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Komplotan Samurai Legendaris Era Bakumatsu, Ini 7 Fakta Shinsengumi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU