Ini Hasil Akhir Grand Final Gran Turismo Championships 2019 di Monako!

Mikail Hizal berjaya, sementara Toyota mendominasi

Ini Hasil Akhir Grand Final Gran Turismo Championships 2019 di Monako!

Apa sih kompetisi esports balapan paling megah dan meriah saat ini? Gran Turismo Championships bisa jadi salah satu jawabannya. Kompetisi esports ini diselenggarakan langsung oleh badan motorsport dunia FIA bekerja sama dengan Sony, dimana para gamer akan berkompetisi dalam kategori Nations Cup dan Manufacturers Cup menggunakan game Gran Turismo Sport.

Setelah menjalani tur ke berbagai kota besar seperti Tokyo dan New York, Gran Turismo Championships 2019 menyambangi putaran finalnya di Monako tanggal 22-24 November lalu. Balapan kali ini akan menentukan siapa gamer yang berhak membawa pulang trofi Gran Turismo Championships. Siapa sajakah pemenang kompetisi ini?

1. Lamborghini dan Mazda perkenalkan mobil Vision Gran Turismo

Ajang grand final Gran Turismo Championships 2019 jadi momen penting bagi Lamborghini untuk memperkenalkan mobil baru mereka. Lamborghini V12 Vision Gran Turismo merupakan kerja sama antara perusahan supercar berlogo banteng itu dengan Gran Turismo. Mobil ini memiliki mesin V12 dengan superkapasitor yang mampu menghasilkan tenaga 807 hp. Baik desain dan mesin mobil ini disadur dari mobil Lamborghini lain, yaitu Lamborhini Sian. Lamborghini V12 Vision Gran Turismo akan hadir di game GT Sport mulai musim semi 2020.

Selain itu, di event ini juga diumumkan mobil Mazda RX-Vision GT3. Mobil ini dibuat berdasarkan mobil konsep Mazda RX-Vision menggunakan spesifikasi mobil balap GT3. Sama seperti Lamborghini V12 Vision Gran Turismo, Mazda RX-Vision GT3 juga baru bisa dipakai di GT Sport mulai tahun 2020.

2. Nations Cup: Mikail Hizal melenggang leluasa

Dari kompetisi Nations Cup, banyak pengamat memprediksi bahwa ronde final ini akan jadi duel sengit antara juara bertahan Igor Fraga dari Brasil melawan penantang Mikail Hizal dari Jerman. Secara mengejutkan, Igor tersisihkan di babak semi final setelah mobil Toyota GR Supra-nya keluar jalur di putaran pertama sirkuit Red Bull Ring.

Hasil mengejutkan di semi final ini membuat lawannya Mikail Hizal melenggang leluasa di babak final. Pada dua balapan pertama di sirkuit Monza dan Spa-Francorchamps, Mikail Hizal tidak terkalahkan dari start sampai finish. Pada balapan ketiga di sirkuit Le Mans de la Sarthe, Mikail mendapatkan perlawanan dari Takuma Miyazono yang menyalipnya di tikungan pertama, namun Mikail berhasil mengejar di Mulsanne Straight dan meraih kemenangan.

Hasil impresif di tiga balapan sebelumnya memberikan Mikail ruang bernafas di balapan ke-4 di sirkuit Interlagos. Meskpun secara teknis Mikail tidak harus menang untuk menjuarai Nations Cup, namun Mikail yang mengendarai mobil Red Bull X2019 dengan ban lunak ini berhasil mengejar dan finish posisi pertama. Cody Nikola Latkovski dari Australia meraih juara 2 di klasemen akhir setelah finish di posisi 2, sementara Takuma Miyazono menjadi juara 3 di klasemen akhir dengan finish di posisi 5.

Baca Juga: Unik, Polisi Inggris Dilatih Menggunakan Gran Turismo Sport

3. Manufacturers Cup: Toyota dan Mercedes bersaing ketat

Ini Hasil Akhir Grand Final Gran Turismo Championships 2019 di Monako!yahoo.com

Kalah di Nations Cup bukan berarti akhir dari perjalanan Igor Fraga. Bersama Rayan Derrouiche dan Tomoaki Yamanaka, mereka membawa Toyota menjuarai Manufacturers Cup dengan sempurna.

Toyota menjuarai 2 dari 3 balapan di Manufacturers Cup, dimana mereka hanya kalah satu kali dengan selisih waktu yang sangat tipis. Balapan pertama dimulai di sirkuit Dragon Trail Gardens dimana Toyota memulai dengan ban lunak, dan harus bertahan di akhir menggunakan ban keras untuk meraih posisi pertama. Sementara itu balapan kedua di sirkuit terbaru Laguna Seca, dimana Mercedes berhasil memanfaatkan strategi ban untuk memimpin balapan. Toyota yang keteteran di awal mengganti ban ke jenis lunak dan berhasil mengejar. Sayang Mercedes mampu bertahan dan di kesempatan terakhir Toyota hanya mampu finish dengan selisih tipis 0.062 detik.

Di balapan ketiga, semua tim memulai dengan ban yang lebih keras. Di sini, Toyota berhasil menguasai sirkuit Tokyo Expressway dan finish di posisi pertama dengan keunggulan 12 detik. Hal ini membuat Toyota menjuarai Manufacturers Cup dengan torehan 46 poin, sementara Mercedes mengikuti di belakang dengan raihan 42 poin.

4. Saksikan kembali keseruannya!

Jika kamu ketinggalan siaran grand final Gran Turismo Championships 2019, kamu bisa menontonnya kembali di channel Gran Turismo di Youtube. Kamu bisa menonton final Nations Cup di atas dan final Manufacturers Cup di bawah.

Gran Turismo Championships akan kembali di tahun 2020. Apa kamu sudah tidak sabar menantikan aksi para pembalap favoritmu?

Baca Juga: Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU