Fantastis! Kompetisi Esports Ini Diadakan di Dalam Pesawat Terbang!

AirFrance TM Cup diadakan di dalam penerbangan komersil

Fantastis! Kompetisi Esports Ini Diadakan di Dalam Pesawat Terbang!

Kompetisi esports biasanya diadakan secara online ataupun offline di dalam stadion atau hall dengan penonton live. Kini kompetisi esports major diadakan dengan sangat meriah dengan set panggung mewah, hiburan dari bintang mainstream, dan tribun yang dipenuhi penonton.

Namun, apa jadinya jika ada kompetisi esports yang diadakan di dalam pesawat terbang yang mengudara ribuan meter di langit? Hal inilah yang dilakukan oleh maskapai penerbangan AirFrance dan Ubisoft lewat AirFrance TM Cup!

1. Demonstrasi teknologi LiFi

Ada alasan simpel kenapa AirFrance ingin mengadakan kompetisi esports di dalam pesawat, yaitu untuk mendemonstrasikan teknologi LiFi. LiFi adalah teknologi jaringan komputer yang memiliki prinsip sama seperti WiFi. Namun, data yang dikirim dan diterima oleh komputer ditransmisikan lewat medium cahaya. Seperti kabel optik, namun tanpa kabel.

"Kami senang bisa mendapatkan kesempatan untuk mendemonstrasikan teknologi LiFi dalam pesawat kami, serta untuk mengadakan kompetisi video game di dalamnya," ujar Innovation Manager AirFrance Antoine Laborde. "In-Flight Entertainment adalah bagian utama dari AirFrance, sehingga tentu saja AirFrance berinvestasi dalam inovasi yang memungkinkan pelanggan kami merasakan pengalaman baru."

Baca Juga: Tahu Nggak? Pemerintah Membangun Ekosistem Esports!

2. Dimainkan di game Trackmania 2

Bekerja sama dengan perusahaan game terkemuka Prancis Ubisoft, AirFrance mengadakan AirFrance TM Cup yang pertama kali dikenalkan pada Paris Air Show 2019 di bulan Juni lalu. Kompetisi esports ini menggunakan game balapan Trackmania 2 Stadium sebagai mediumnya.

Penyisihan online diadakan mulai dari bulan Juli hingga Agustus 2019, dengan babak grand final diadakan di bulan Oktober 2019. 10 gamer terpilih bertarung di dalam pesawat AirFrance yang terbang dari Paris ke Toulouse. Pesawat Airbus A321 dengan nomor penerbangan AF6114 ini dilengkapi dengan kursi berteknologi LiFi dari Latécoère.

3. Final di Dalam Pesawat

Grand final berlangsung sengit, namun pada akhirnya terpilih tiga pemenang. Cocow finish di urutan pertama, diikuti oleh Papou dan Affi, masing-masing di posisi dua dan tiga. Ke-10 peserta mendapatkan goodies menarik dari AirFrance dan Ubisoft.

Namun bagi Cocow, ia berhak mendapatkan tur studio Ubisoft Montreal di Kanada dengan transportasi pulang-pergi ditanggung oleh AirFrance. Ia juga berhak mendapatkan berbagai gear keren dari Razer.

Kamu bisa melihat keseruan kompetisinya lewat video di atas. Menurut kamu, apakah kompetisi esports di dalam pesawat ini harus lebih sering diadakan?

Baca Juga: Bosan Balapan Mobil Sport? Inilah 5 Game Balapan Anti mainstream!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU